Avatar 2 Bakal Dirilis Lebih Panjang, Sutradara Tak Ingin Penonton Protes Soal Durasi

Duduk sambil nonton film di bioskop selama kurang lebih dua jam memang masih tergolong lumrah. Sebagian besar orang bisa tahan tanpa harus kepikiran soal buang air kecil atau sakit pinggang karena kelamaan duduk. Namun, nggak semua film yang tayang di bioskop berdurasi di kisaran dua jam. Contohnya ada Avengers: Endgame yang memiliki durasi 3 jam 1 menit. Mengetahui hal ini, banyak penonton yang mungkin merasa kalau durasi tersebut terlalu lama.

Advertisement

Nyatanya, meskipun kerap diprotes, film-film berdurasi lebih panjang dari biasanya tetap aja ditayangkan. Salah satu yang terbaru akan hadir di layar bioskop akhir tahun 2022 ini adalah Avatar 2: The Way of Water. Film garapan sutradara James Cameron ini dikabarkan bakal memiliki durasi tayang lebih dari tiga jam. Untuk kamu ketahui, durasi film pertama Avatar (2009) sebenarnya juga hampir mencapai 3 jam, tepatnya 2 jam 42 menit.

Film Avatar 2: The Way of Water akan lebih panjang 28 menit dibandingkan film pertamanya

Avatar 2: The Way of Water

Avatar 2: The Way of Water | Credit: Instagram @avatar

Seorang sumber mengatakan kepada The Hollywood Reporter kalau sekuel film ini akan berdurasi 3 jam 10 menit. Durasi tersebut lebih panjang 28 menit dibandingkan dengan film pertamanya yang berdurasi 2 jam 42 menit. Ini membuat Avatar 2 bergabung ke dalam jajaran film Hollywood yang punya durasi lebih dari tiga jam, seperti Avengers: End Game (3 jam 1 menit) dan Titanic (3 jam 14 menit).

Durasi Avatar 2 juga bocor ke publik setelah film ini mendapatkan label usia minimal yang boleh menontonnya. Seperti yang dilaporkan THR, di Amerika film Avatar 2 diberi label PG-13 sehingga beberapa bioskop nggak sengaja mencantumkan durasi film tersebut saat merilis film tersebut di website mereka. Namun, sementara ini 20 Century dan Disney belum memberi komentar apapun soal detail durasi Avatar 2.

Advertisement

Sutradara Avatar 2 nggak pengin ada penonton ngeluh soal durasi yang kepanjangan. Katanya, kalau biasa marathon serial sampai 8 jam, kenapa nonton film 3 jam aja malah protes? Nah loh..

Credit: YouTube 20th Century Studios IE

Setelah durasi Avatar 2 bocor ke publik, pernyataan sang sutradara beberapa bulan lalu kembali disorot. James Cameron tahu kalau selama ini banyak penonton mengeluh soal durasi film yang dirasa kelamaan. Apalagi film pertama Avatar garapannya juga dianggap memiliki durasi lebih panjang dari standar umum masyarakat. Namun, Cameron tampak nggak mempermasalahkan itu. Ia sempat menegaskan bahwa dirinya nggak peduli dengan protes penonton film soal durasi.

“Saya tidak ingin ada orang yang mengeluh mengenai durasi film ketika mereka bisa duduk dan binge-watch (marathon serial di TV) delapan jam. Saya melihat anak-anak saya bisa duduk dan menyaksikan lima episode dan masing-masing berdurasi satu jam,” tegas Cameron dalam wawancaranya bersama majalah Empire, dikutip dari People (7/6/2022).

Advertisement

Ngomongin soal durasi film bioskop yang dianggap kepanjangan, penonton sering mengeluhkan gimana seandainya mereka kebelet buang air kecil di tengah pemutaran film. Keluhan tersebut bisa dimengerti mengingat film yang sedang ditayangkan di layar bioskop nggak bisa di-pause demi menunggu penontonnya yang ke toilet. Namun, ternyata Cameron justru menganggap kekhawatiran itulah yang harusnya diubah. Baginya, pergi sebentar ke toilet untuk buang air kecil selama pemutaran film bukanlah masalah.

“Inilah perubahan paradigma sosial besar yang harus terjadi: tidak apa-apa untuk beranjak bangun dan buang air kecil,” tandas sutradara film terlaris sepanjang masa itu.

Sementara itu, trailer resmi Avatar 2 udah dirilis nih SoHip pada 2 November 2022. Ditilik dari kolom komentar YouTube 20 Century Studios, sebagian besar warganet kompak mengagumi efek visual Avatar 2 yang dinilai lebih menakjubkan dibandingkan film pertamanya. Penantian 13 tahun mereka rasanya akan terbayangkan melihat tayangan trailer tersebut. Seperti yang diketahui, film Avatar 2 akan tayang pada 16 Desember 2022 mendatang di bioskop.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE