Kamu yang pernah mengikuti ujian nasional di sekolah tentu saja pernah merasakan ujian bahasa Inggris yang nggak cuma jawab soal atau pertanyaan tertulis tapi juga ada ujian listening alias mendengarkan. Pertanyaan yang harus kamu jawab di lembar kertas ujian harus didengar secara saksama agar nggak salah tangkap. Begitu pun arahan atau petunjuk dari speaker yang harus kamu pahami.

Namun terkadang ucapan dari speaker agak susah untuk dimengerti. Karena memang pada dasarnya logat atau pronunciation yang sangat kental membuat kita harus benar-benar berlatih mendengarkan. Bahkan, karena seringnya berlatih, kita jadi hafal suara dan intonasi sang speaker. Nah, baru-baru ini, warganet cukup dihebohkan dengan kemunculan sebuah video seorang cowok yang sedang memperagakan listening section dan diyakini sebagai sosok yang menjadi speaker di ujian bahasa Inggris selama ini. Dan sosok yang diduga tersebut bukan berasal dari Inggris melainkan orang Indonesia asli.

Andhika Wira jadi perbincangan warganet setelah videonya yang tengah membaca ujian listening section tersebar

Dikira sosok di balik listening section pas ujian. via www.instagram.com

Advertisement

Nama Andhika Wira menjadi bahan perbincangan warganet beberapa waktu terakhir. Pasalnya, video cowok asal Jakarta ini tersebar di berbagai media sosial. Dalam video tersebut, Dhika memperagakan bagaimana speaker menjelaskan listening section yang ada pada tes ataupun ujian bahasa Inggris. Terlihat Dhika sangat menguasai bahasa Inggris termasuk pronunciation-nya. Anehnya, saat mendengarkan video Dhika ini, warganet merasa bahwa dialah sosok selama ini yang menjadi speaker di listening section tersebut.

Meski gaya ngomongnya sangat mirip, Dika sebenarnya bukanlah sosok di balik listening section yang ada di ujian selama ini

Udah kayak bule asli via www.instagram.com

Sejak saat itulah sosok Dhika mulai populer di tengah masyarakat. Pengikut akun Instagram-nya @skinnyfags yang awalnya ribuan, kini bahkan nyaris mencapai 100 ribu followers. Semua hal itu bukan lain karena bahasa Inggrisnya yang fasih (udah kayak bule asli), tapi lebih gampang dipahami. Namun, melalui akun Instagram-nya pula, Dhika menjelaskan kalau dirinya bukanlah sosok yang ada di balik listening section tersebut. Ia bahkan menjelaskan jika di listening section tersebut merupakan bapak-bapak, yang tentu saja bukan mewakili dirinya yang masih muda.

Ternyata, listening section yang ia tirukan tersebut berawal dari keisengan belaka. Salah seorang temannya meminta Dhika untuk membacakan teks listening section tersebut. Setelah dibuat rekaman videonya, Dhika mengunggahnya melalui Line. Dan nggak disangka, respons warganet sangat positif. Videonya disebarkan dan disebut sebagai sosok di balik listening section tes atau ujian bahasa Inggris selama ini.

Meski bukan speaker di listening section, tapi kefasihan Dhika berbahasa Inggris tetap dijadikan warganet sebagai panutan untuk belajar secara otodidak

Belajar dari unggahan instagramnya via www.instagram.com

Advertisement

Meskipun ternyata bukan sosok yang selama ini menjadi speaker di listening section, Dhika tetap dikagumi oleh warganet. Bahasa Inggrisnya yang sangat fasih, membuat masyarakat senang mendengarkannya. Apalagi pelafalan kata-katanya juga terasa lebih jelas. Melalui akun Instagram dan YouTube-nya, Dhika mulai sering membagikan bagaimana cara menyebut kata-kata yang mirip dalam bahasa Inggris. Sehingga warganet bisa memperbaiki cara pelafalannya. Hal inilah yang disukai oleh warganet. Mereka bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak dan menyenangkan. Karena Dhika juga membuat videonya bukan dalam bentuk yang serius, tapi juga ada candanya.

Nah, mungkin ini bisa jadi salah satu inspirasi kamu belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kapan lagi menggunakan kuota internetmu untuk hal bermanfaat seperti ini? Daripada kepoin Instagram mantan, mending belajar ngomong bahasa Inggris sama cowok yang satu ini, kan? Hihihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya