5 Hal Tentang Teknologi ini Mungkin Sering Banget Kita Dengar, Ternyata Salah Kaprah!

Salah kaprah teknologi

Kemajuan zaman saat ini banyak membuat perubahan di berbagai lini kehidupan manusia di seluruh dunia, salah satunya yang paling terasa adalah teknologi. Kini, kita dapat merasakan perubahan besar-besaran pada sektor yang satu ini jika dibandingkan dengan zaman dulu. Uniknya, berbarengan dengan kemajuan tersebut, muncul juga mitos-mitos seputar teknologi yang kerap kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Tapi namanya juga mitos, boleh dipercaya, boleh juga tidak. Apalagi jika hal tersebut memang tidak benar adanya dan tidak terbukti sama sekali. Mulai dari benda-benda yang sering kita pegang setiap kali melakukan aktivitas, hingga benda-benda lainnya yang merupakan hasil dari perubahan zaman tersebut. Yakin deh, kamu pasti sering banget dengar mitos-mitos yang ada di bawah ini. Simak yuk!

1. Jika kamu datang di bandara, pasti pernah dengar celetukan dari orang lain agar berhati-hati jika melewati sinar-X. Katanya sih bisa menghapus data pada HP dan laptop

Pengecekan di bandara / Credit: Science ABC

Sepertinya mitos konyol yang satu ini hingga kini masih banyak dipercaya oleh publik. Bahkan, beberapa dari kita mungkin termasuk salah satu di dalamnya. Memang benar bahwa sinar-X dapat memberikan gambaran benda apa aja yang berada di dalam tas tanpa kita harus membukanya terlebih dahulu. Namun, ternyata HP dan Laptop itu nggak memiliki komponen yang responsif dengan efek sinar-X kok. Intinya mau kita lewatkan melalui sinar tersebut, nggak bakalan ada masalah. Kecuali kita bawa benda terlarang~

2. Macbook digadang-gadang menjadi laptop yang nggak akan bisa terkena virus. Hmmmm, memangnya benar?

Macbook / Credit: Gencil via gencil.news

Saat pertama kali diluncurkan hingga beberapa generasi setelahnya, produk Apple yang satu ini memang bisa dibilang terbebas dari virus. Alasannya karena pada masa-masa tersebut orang masih banyak menggunakan laptop berbasis Windows, yang mana para peretas bakal memilih Windows untuk dijadikan sasaran persebaran virus komputer. Namun, seiring berjalannya zaman dan teknologi, sekarang juga udah banyak kok peretas yang berhasil membobol sistem keamanan Macbook dan memproduksi virus untuknya. Ngeri juga, ya!?

Advertisement

3. Melakukan pengecasan ponsel selama semalaman penuh dapat merusak daya tahan baterai. Iya, tapi itu dulu~

Ilustrasi ngecas HP / Credit: Pcmag via www.pcmag.com

Sama halnya dengan persoalan Macbook tadi, sistem pengecasan pada ponsel juga banyak terjadi perubahan signifikan. Jika dulu kita harus tertib melakukan pengecasan dalam waktu tertentu dan tidak boleh melebihinya, sekarang kita nggak perlu risau akan hal itu. Hampir semua ponsel zaman sekarang sudah memiliki pemutus jaringan secara otomatis. Jadi, mau dicas semalam suntuk, kalau baterainya udah 100% nanti bakal terhenti sendiri arus listriknya.

4. Menggunakan ponsel di area pom bensin dapat memicu terjadinya percikan api. Memangnya beneran?

Peraturan di pom bensin / Credit: Infokomputer via infokomputer.grid.id

Jika kita menyulut rokok dan dengan santainya sebats di area pengisian bahan bakar kendaraan bermotor alias pom bensin, jelas aja bisa memicu timbulnya percikan api. Apalagi jika puntung rokok tersebut jatuh dan mengenai cipratan bensin yang tercecer. Tapi, selama ini belum ada kasus percikan api di pom bensin yang diakibatkan oleh ponsel. Meski begitu, untuk berjaga-jaga sih mending ikuti aja aturan yang ada.

5. Terlalu sering bermain game online katanya bikin bocil auto jadi bodoh. Nggak gitu juga kali 🙁

Advertisement

Ilustrasi main game online / Credit: Upoint via upoint.id

Mitos yang satu ini merupakan salah satu mitos yang paling banyak dipercaya, apalagi oleh kaum ibu-ibu. Tujuannya jelas aja biar anaknya nggak terlalu sering main game online. Padahal, secara ilmiah dugaan tersebut nggak pernah terbukti kebenarannya. Malah dalam beberapa kasus, ada anak yang pola pikirnya jadi keren banget karena sering memainkan game online dengan jenis-jenis tertentu, seperti misalnya game strategi. Jadi, intinya adalah bahwa mitos ini sama sekali nggak benar.

Mempercayai sesuatu itu boleh-boleh aja, tapi juga dilihat-lihat dulu, apalagi jika terkait dengan perkembangan teknologi. Toh, semakin ke sini teknologi yang ada semakin maju, artinya selalu ada perubahan yang dinamis di dalamnya. Apa yang terjadi dulu, mungkin aja bisa nggak terjadi di masa sekarang, begitu juga sebaliknya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE