5 Alasan Satpam BCA Jadi Orang Berseragam Paling Humanis dan Mengayomi. Nggak Nyindir ini, Serius~

Satpam BCA Humanis

Beberapa waktu lalu, satpam BCA menjadi trending topic di Twitter karena dinilai lebih ramah dibandingkan orang berseragam lainnya. Sudah sejak lama, satpam bank swasta ini memang dikenal dengan keramahannya. Ramainya cuitan warganet di Twitter tentang satpam BCA ini bermula ketika salah seorang warganet membuat twit candaan dengan mengusulkan polisi se-Indonesia digantikan dengan satpam BCA lantaran polemik yang terjadi belakangan ini.

Advertisement

Unggahan tentang satpam BCA itu kemudian mendapat banyak reaksi dari warganet lainnya. Mereka membenarkan bahwa satpam dari bank swasta itu memang layak untuk disanjung. Mereka saling berbagi cerita mengenai satpam BCA yang sukses menjadi contoh pelayan publik yang baik. Bukti perilaku satpam BCA yang sangat humanis dan mengayomi itu bisa ditunjukkan dari beberapa hal berikut ini.

1. Satpam BCA ramahnya nggak kira-kira, kita mau keluar atau masuk aja selalu dibukakan pintu

Ramahnya nggak kira-kira | Credit: Twitter

Posisi satpam sebagai garis depan pelayanan sangat penting untuk menentukan kesan para nasabah kepada perusahaan. Kalau satpamnya saja nggak ramah, para nasabah bisa saja lari ke bank yang lainnya. Akan tetapi, itu tentu nggak akan terjadi di BCA. Satpam-satpam di sana ramahnya justru nggak kira-kira. Mereka selalu membuka dan menutup pintu untuk para nasabahnya. Nggak cuma itu, mereka juga sering mengajak para nasabah untuk mengobrol di saat kita terlihat menginginkannya. Singkatnya, mereka nggak kaku dan ngeri kayak kebanyakan orang berseragam lainnya, hehe.

2. Mereka nggak pernah maksa-maksa buat lihat isi HP nasabah meski terkadang gerak-geriknya dianggap mencurigakan

Nggak curigaan | Credit: YouTube

Siapapun pasti nggak suka ditatap penuh kecurigaan. Apalagi, sebenarnya kita memang nggak melakukan apa-apa. Namun, seringkali kita mendapatkan tatapan itu kalau sedang sendirian atau kebingungan di hadapan para orang berseragam. Paham kok, kita memang mengerti kalau tugas mereka salah satunya untuk menjaga tempat tersebut dari para penjahat. Tapi, bukan berarti setiap orang harus ditatap dengan penuh rasa curiga, bukan? Contohlah para satpam BCA, mereka tidak pernah melayangkan tatapan curiga, apalagi sampai memaksa untuk melihat isi tas atau HP. Kalau ada nasabah yang terlihat kebingungan, mereka dengan ramah datang dan menawarkan bantuan.

Advertisement

3. Sebelum sampai ke teller maupun CS, biasanya masalah yang hendak kita tanyakan ke bank tersebut sudah tuntas duluan oleh si satpam

Tuntas menyelesaikan masalah | Credit: JP

Fitur-fitur di bank memang terkadang bisa sangat membingungkan bagi para penggunanya. Kalau sudah kebingungan, tujuan kita biasanya ke CS (customer service) atau ke teller bank. Tetapi kalau di BCA, permasalahan teknis tentang bank itu biasanya sudah terselesaikan lewat satpam. Kita tidak perlu berlama-lama mengantre di CS atau teller, mereka sudah menemukan solusinya. Rupanya, satpam BCA ini tidak hanya dibekali dengan ilmu satpam saja, tetapi juga ilmu perbankan secara umum. Keren, ya?

4. Kalau kita lapor suatu masalah, nggak pernah nunggu viral dulu baru dibantu, hehe

Selalu membantu | Credit: Wirapradanamukti

Sebagai pelayan publik, orang-orang berseragam biasanya menghadapi berbagai keluhan dan masalah yang dirasakan pelanggannya. Tapi terkadang, kita menemukan pelayan publik yang terkesan acuh tak acuh atau tidak peduli dengan laporan yang disampaikan. Bukannya diproses sampai tuntas, ada sebagian dari mereka yang justru mendiamkannya saja. Hal itu tidak terjadi di BCA, para satpam yang bertugas menerima keluhan dan permasalahan nasabah akan siap sedia membantu tanpa menunggu lama. Jika mereka tidak bisa menemukan solusinya, maka dengan sigap satpam BCA akan meneruskannya kepada pihak lainnya. Intinya, mereka sangat tanggap dan sigap, nggak perlu nunggu viral dulu.

5. Satpam BCA nggak pernah membanting nasabahnya

Advertisement

Nggak pernah membanting nasabah | Credit: Instagram

Alasan lainnya mengapa satpam BCA bisa menjadi orang berseragam paling humanis dan mengayomi adalah karena mereka tidak pernah ‘membanting’ para nasabahnya. Mereka justru mengayomi pelanggannya dengan baik, membantu ketika ada kesulitan, dan pastinya menanggapi dengan ramah. Siapapun pelanggannya, mereka tidak pernah membeda-bedakan satu sama lain. Tidak pernah ada kasus satpam BCA bersiteru dengan pelanggan, apalagi sampai membantingnya. Mereka justru terlihat sangat peduli dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan, seperti yang terlihat pada foto di atas.

Itu dia beberapa alasan mengapa satpam BCA patut untuk disanjung oleh para warganet. Rupanya, mereka tidak hanya bekerja dengan tenaga saja, tetapi juga bekerja dengan hati yang tulus ya. Semoga pelayanan satpam BCA ini bisa menjadi teladan untuk para pelayan publik dan para pekerja berseragam lainnya ya, SoHip?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE