Tentu kamu nggak asing dengan tanaman bambu, bukan? Tumbuhan jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya ini merupakan tanaman yang sering ditemui di kehidupan kita. Mungkin kamu nggak sadar keberadaannya, karena kamu nggak pernah melihat langsung tumbuhan yang menjulang tinggi itu di tempat tinggalmu.

Sekadar info, bambu yang kerap ada dalam kehidupanmu itu berasal dari tanaman bambu yang sudah diolah sebelumnya. Gak cuma sebagai bahan dasar untuk bangunan aja, bambu muda juga sering diolah menjadi sayur untuk dimakan. Nah, selain untuk kedua bahan dasar bangunan dan sayuran, bambu bisa jadi apa saja yang kamu mau. Berikut ini Hipwee rangkumkan uniknya barang-barang yang terbuat dari bambu.

1. Batang bambu yang sudah atau belum dibelah tipis ini, bisa kamu jadikan pagar dan dinding pembatas. Antara kamu dan mantanmu. Eh.

Adem liatnya. via wordpress.com

Memang agak rumit sih kalau kamu bikin tembok ini sendirian. Paling nggak kamu dapat inspirasi dari tembok bambu inilah. Gimana menurutmu?

2. Untuk dekorasi halaman rumahmu, pasanglah wind chime agar tercipta suasana tenang dan bisikan suara alam nan merdu.

Menenangkan, bukan? via youtube.com

Advertisement

Kalau wind chime seperti ini, baiknya kamu bikin sendiri. Nggak perlu beli mahal-mahal. Dari batangan bambu dengan diameter kecil, kamu bisa bikin denting yang menenangkan di halaman rumahmu.

3. Tambahkan bamboo fountain pada kolam ikan mini. Selain mempercantik wajah kolam, air mancur dari bambu juga bikin suasana sejuk kembali.

Mancuuur~ via www.bobvila.com

Gampang, ‘kan? Jadi lebih lucu dan sejuk ‘kan, kolammu?

Bamboo Fountain dengan ukuran mini juga bisa untuk hiasan. Bahkan, kamu bisa menaruhnya di dalam ruangan!

Lucu banget nih! via www.aliexpress.com

Taruh di teras atau di dalam rumah juga oke!

4. Kamu jago dalam ukir-ukiran atau mematung? Cobalah ciptakan miniatur berbentuk kapal, dijamin harganya tinggi!

Perahu bambu muda…mahal! via bisnis.com

Rumit sih buat kamu yang nggak bisa bikinnya. Butuh konsentrasi tinggi, ketelatenan, kesabaran, kreatifitas, waktu, dan doa yang nggak sebentar untuk bisa menikmati hasil karyamu dari bambu ini. Dan, ketika kamu jual, harganya bisa gilak! Nggak percaya? Coba gih.

Atau kamu mau coba untuk bikin sepeda? Hitung-hitung, bisa mengurangi polusi udara.

Gowes yuk, Mz. :3 via wordpress.com

5. Bosan dengan lampu tidur di kamarmu? Coba buat lampu tidur unik dari akar bambu!

Batang bambu bagian bawah, menyerupai akar. via www.dhgate.com

Biar malammu nggak merasa bosan. Lampu unik dengan bentuk menyerupai rumah lebah ini bisa jadi teman tidurmu tiap malam lho! Dengan bentuknya yang memiliki banyak lubang akan menghasilkan cahaya temaram yang unik dan menenangkan.

Pingin punya lampu dari bambu yang unik di dinding rumah sendiri? Cobalah dengan model satu ini!

Benderang, Kak! via blogspot.com

Dengan lampu ini, rumahmu akan memiliki nuansa tenang dan natural. Selain itu, tempat lampu dari bambu ini masih jarang ditemui di semua rumah perkomplekan tempatmu tinggal. Mungkin kamu ingin jadi orang pertama yang memilikinya?

6. Kalau dinding rumahmu masih saja terasa sepi, pasang saja lukisan di atas anyaman irisan batang bambu ini.

Lukis muka sendiri juga boleh kok. :p via wordpress.com

Kalau nggak bisa ngelukis, coret apaan kek gitu. Pajang deh hasil karyamu di ruang tamu.

7. Dengan anyaman bambu, kamu juga bisa bikin vas atau pot bunga. Terserah sih, kamu lebih suka yang mana.

Yang merah emang lebih meriah! via vk.com

Jadi, mau vas atau pot?

8. Suara dering HP-mu nggak seberapa sekenceng? Mungkin speaker dari batang bambu ini bisa jadi jawabannya.

You rock, Guys!!! via hative.com

Biar suara HP-mu nggak kalah kenceng dengan sound system acara dangdut di sebelah rumahmu, coba pakai speaker dari bambu ini. Kalau masih kalah kenceng, ya, sudah, nggak masalah. Yang penting jangan bentrok sama penonton, ya! #lah

9. Gelasmu terbuat dari melamin atau kaca? Ah, basi! Buat gelas dengan bambu sebagai bahan utamanya!

Buat minum beer juga bisa nih. via www.aliexpress.com

Dengan ini, kamu bisa membantu Ibumu dalam belanja perabot rumah tangga. Jadi, Ibumu nggak perlu beli gelas sama sekali. Tinggal kamu bikin gelas saja sendiri dengan pakai batang bambu. Satu batang pohon bambu dengan 10 ruas, bisa jadi 10 buah gelas. Nggak susah kok keliatannya.

Selain gelas, perabotan rumah tangga yang biasanya terbuat dari bambu, antara lain centong, nampan, dan cawan. Selain nggak terlalu menguras dompet, perabot dari bambu lebih enteng dan memiliki kekhasan tersendiri loh. Mau coba?

10. Sebentar lagi hari bahagia dan kamu belum punya souvenir pernikahan? Tempat lilin ini bisa jadi solusinya!

Cocok buat malam pertama~ via www.decoratewithbamboo.com

Buat kamu yang mau nikah atau masih jomblo saja, tempat lilin ini juga bisa jadi tempat aroma terapi loh. Toh, sama aja bentuknya. Yang pasti, bikinnya ini nggak susah-susah amat. Tinggal kamu potong satu ruang bambu, terus kamu lubangin batangnya yang memanjang. Selesai. Tertarik? Bikin sekarang juga!

11. Kalau kamu ingin hemat biaya, bikin sendiri saja rangka tempat tidur dari batang bambu. Selain tahan lama, harganya juga lebih terjangkau.

Semoga nyenyak, ya! via dailydecorz.com

Rangka tempat tidur dari bambu ini gak cuma punya nilai estetik sendiri. Bahkan, rangka unik ini bisa jadi solusi untukmu yang ingin menghemat dana. Percaya deh, rangka dari bambu ini sangat kuat dan tahan lama. Jadi, gak perlu khawatir akan pengeluaran ekstra.

12. Rumah dengan nuansa alam bisa kamu dapatkan dengan menggunakan bambu. Gak perlulah jauh-jauh ke pantai untuk bulan madu.

Siapa sih yang gak pingin punya rumah dengan tema tropical? Ya, rumah dengan tema tropical yang didominasi bahan-bahan alam seperti kayu dan bambu memang cocok dimiliki di Indonesia. Siapapun yang tinggal di dalamnya dijamin gak akan kegerahan. Selain hemat dana, rumah macam ini juga sedap dipandang mata. Tertarik memilikinya?

Selamat berkreasi ya!