Serba-Serbi Serial The Last of Us, Berawal dari Game PS3 Hingga Jadi Film Termahal HBO

Dua episode dari serial The Last of Us yang sudah tayang dua minggu terakhir sukses jadi sorotan publik. Banyak sentimen positif yang dilontarkan untuk serial ini. Mulai dari kilas balik orang-orang yang dulunya menggemari game PlayStation “The Last of Us” hingga jalan cerita serialnya yang tampaknya sejauh ini sangat memuaskan. Iya, serial ini memang diadaptasi langsung dari game PS3 berjudul serupa dan jadi serial pertama yang diproduksi PlayStation Production.

Advertisement

Selain fakta di atas, banyak juga yang bikin serial ini menarik dan layak untuk ditunggu-tunggu kelanjutannya. Seperti apa serba-serbi menarik lainnya? Hipwee sudah menyiapkan deretan fakta menarik seputar serial The Last of Us di bawah ini. Simak, yuk~

1. Serial ini diadaptasi dari game populer di PS3 berjudul serupa, The Last of Us

Diadaptasi dari game

Diadaptasi dari game | Credit: YouTube HBO Max

Tetap mengusung nama yang sama dengan versi game-nya, film The Last of Us sukses membangkitkan nostalgia para pemain game yang populer sekitar tahun 2013. Game tersebut banyak digemari lantaran mengusung alur cerita game single player terbaik pada masanya. Keseruan game ini terletak pada petualangan seru untuk menyelamatkan diri dari ancaman serangan zombie. Tak cuma, itu hadir juga pemeran utama bernama Joel seorang penyelundup dan Ellie seorang gadis yang kebal terhadap virus mayat hidup. Joel ditugaskan untuk mengawal Ellie yang dikisahkan sebagai juru kunci untuk menyelamatkan manusia dari wabah.

Jalan cerita yang sama juga dipakai untuk versi serialnya. Selain itu, versi film dibuat semirip mungkin dengan versi game-nya. Mulai dari pengambilan gambar, jalan cerita, visual kehancuran kota tampak nggak ada bedanya. Hanya saja, visual tersebut tentu semakin jelas ketika disajikan dalam bentuk live action berjumlah 9 episode.

Advertisement

2. Jakarta dan Indonesia disebut dalam serial ini. Bikin warganet kaget dan kegirangan!

Jakarta disebut di episode 1

Jakarta disebut di episode 1 | Credit: HBO

Film The Last of Us bukan hanya sukses menarik perhatian dunia. Terkhusus orang Indonesia, serial ini ramai disorot lantaran menyebut wilayah Jakarta serta di Indonesia pada episode pertamanya yang tayang pada 16 Januari 2023 lalu. Lalu, dalam adegan apa Jakarta dan Indonesia disebut? Jadi, terdapar adegan perbincangan antara Joel, Sarah anaknya, dan Tommy. Ketiganya tengah sarapan sambil mendengarkan siaran berita radio. Dalam berita itu disampaikan masih terjadi kekacauan di Jakarta. Joel pun menanyakan di mana letak Jakarta. Ia bahkan sempat salah mengira kalau Jakarta itu terletak di Timur Tengah.

Tommy lalu menjawab kalau Jakarta terletak di benua Asia. Namun, Sarah mengoreksinya dengan bilang kalau Jakarta adalah ibukota Indonesia. Sejumlah teori penonton pun bermunculan dan mengatakan kalau Jakarta adalah sumber wabah zombie di film tersebut. Setelah tahu teori ini, warganet masih pada bangga nggak nih?

Warganet tak hanya menyoroti penyebutan Jakarta dan Indonesia dalam serial itu. Dalam obrolan mereka di laman Twitter, terpantau banyak yang mengomentari visual Jakarta tahun 2003 yang ditampilkan dalam serial itu, suasana warung nasi kapau, hingga letak kantor Kementerian Kesehatan.

Advertisement

3. Teori tersebut terbukti di episode 2. Didukung dengan kemunculan aktris senior Christine Hakim sebagai ilmuwan asal Indonesia

Kemunculan Christine Hakim

Kemunculan Christine Hakim | Credit: HBO

Lagi-lagi warganet Indonesia dibuat kaget karena serial ini kembali melibatkan Indonesia di dalamnya. Kali ini, aktris senior Indonesia, Christine Hakim muncul di episode kedua berjudul Infected yang tayang pada 23 Januari 2023 lalu. Kehadiran Christine Hakim adalah sebagai Dr. Ratna, ahli mikologi. Dalam episode tersebut, Dr. Ratna berhasil menemukan jamur Cordyceps yang bermutasi di dalam tubuh jenazah yang sedang ia autopsi. Sang dokter juga mengungkap potensi wabah besar dan mematikan yang akan menghancurkan dunia.

Dalam film The Last of Us, jamur Cordyceps inilah yang akan menginfeksi manusia sehingga menjadi zombie. Warganet Indonesia pun ikut merasa ngeri membayangkan setting tempat Jakarta yang dipilih sebagai sumber dari wabah mematikan itu. Di samping itu, akting ciamik dari Christine Hakim juga menuai banyak decak kagum dan pujian warganet. Selain Christine Hakim, ada juga aktor senior Indonesia, Yayu Unru yang muncul berperan sebagai personel TNI bernama Agus Hidayat.

4. Proses produksinya menelan biaya fantastis dan jadi salah satu serial HBO dengan budget terbesar

Menelan biaya besar

Menelan biaya besar | Credit: YouTube HBO

Biaya yang digelontorkan untuk biaya produksi serial ini nggak main-main. Pasalnya, satu episodenya saja bisa merogoh kocek sebesar 8-15 juta dolar AS atau sekitar Rp120-225 miliar. Biaya fantastis itu disebut hampir menyamai film Game of Thrones dan House of The Dragon. Sejumlah sumber juga menyebutkan kalau The Last of Us adalah proyek serial terbesar dalam sejarah Kanada. Bahkan, serial ini meningkatkan ekonomi Alberta hingga 200 juta dolar AS atau sekitar Rp3 triliun. Untuk kamu ketahui, kawasan Alberta menjadi salah satu lokasi syuting serial ini.

5. Dua tokoh utama serialnya, Bella Ramsey dan Pedro Pascal dilarang main game The Last of Us

Dilarang main game The Last of Us

Dilarang main game The Last of Us | Credit: HBO

Ketika sebuah film atau serial diadaptasi dari bentuk awalnya, wajar banget kalau ada penonton yang mengkritisi perbedaan antara film dan versi aslinya. Makanya tak heran jika aktor dan aktris yang akan memerankan versi adaptasinya menonton atau membaca ulang versi aslinya untuk melihat karakter yang akan dia bawakan sehingga menghasilkan akting yang ciamik. Namun beda halnya dengan Bella Ramsey (Ellie) dan Pedro Pascal (Joel). Keduanya bahkan disuruh untuk nggak memainkan game The Last of Us. Namun, Pedro mengaku tetap memainkannya.

Pedro memang nggak terlalu fasih memainkan game tersebut. Namun, Pedro akhirnya paham mengapa dia disuruh untuk jangan memainkan game itu. Pasalnya, dia dikhawatirkan akan terlalu banyak meniru karakter Joel dalam game dan nggak mengandalkan kreativitasnya dalam mengembangkan karakter tersebut di dalam serial. Akhirnya, dia memutuskan untuk membuat jarak dengan karakter Joel dalam game dan lebih fokus kepada instruksi dari Craig Mazin, penulis game sekaligus penulis naskah The Last of Us.

Jadi gimana nih, kamu tertarik nggak buat nonton serial yang lagi banyak diomongin publik ini? Kalau kamu tertarik, The Last of Us masih akan menayangkan 7 episode terbarunya setiap hari Senin pukul 10.00 WIB di layanan streaming HBO Max. Selamat menonton!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE