Artikel ini dipersembahkan oleh NutriSari Jeruk Peras. Minuman segar yang membuatmu selalu rindu Ramadhan di rumah.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti-nanti semua umat muslim. Pahala yang berlipat jadi tawaran yang menggiurkan. Nuansa religius yang kental jadi bisa kamu serap di banyak tempat. Tak hanya itu saja, bulan ini juga bikin kebersamaan bersama keluarga jadi makin erat. Momen-momen khas bulan puasa bersama keluarga tercinta bikin kamu selalu rindu untuk mengulangnya.

Nah, apa saja sih momen-momen puasa bareng keluarga yang bikin kangen rumah? Berikut ini Hipwee dan NutriSari ajak bernostalgia.

1. Ramadhan di rumah adalah surga. Kamu bisa tidur tanpa khawatir kesiangan bangun sahur. Kecemasan mau makan apa juga tak lagi melanda ~

Kamu bisa tidur nyenyak

Kamu bisa tidur nyenyak via www.balancingnutrition.com

2. Selalu ada keluarga yang pantang menyerah untuk bangunin kamu yang tidurnya udah kayak orang mati. Jadi perutmu bakal bisa terisi.

Bangun wooy, cepetan!

Bangun wooy, cepetan! via collegecandy.com

Advertisement

Usaha orang tua bangunin kamu yang tidurnya udah kayak orang mati :

Pukul 03.00 –> Nak, bangun Nak, sahur.

Hening.

Pukul 03.15 –> Nak, bangun cepetan sahur.

Gak ada suara.

Pukul 03.30 –> Nak, ayo bangun. Kamu gak mau sahur?

Gak ada tanda-tanda kehidupan.

Pukul 03. 45 –> Ayoo bangun ini udah mau subuh lho!

Ada tanda-tanda pergerakan selimut.

Pukul 04.00 –> Mengetuk pintu lebih keras. Ayooo dek, bangun!! Udah mau subuh.

Iya Ma, bentar. 

Akhirnya kamu tetap bisa makan sahur juga, meskipun 10 menit menjelang waktu sahur ditutup kamu bisa bangun.

Bangun sahur woy

Bangun sahur woy via yucchigifaday.livejournal.com

3. Menjalani bulan puasa di rumah bikin kamu jadi rajin ibadah. Ajakan sholat tarawih bareng keluarga sulit ditolak.

Ayook ke masjid

Ayook ke masjid via www.skanaa.com

Advertisement

Lagi leyah-leyeh di depan TV karena kekenyangan berbuka.

Papa : Udah adzan, gak ke masjid dek?

Kamu : Gak ah Pa, males nih ngantuk.

Papa : Apaaaa? Kalau kamu gak mau sholat tarawih, minta dipotong uang jajannya atau dikutuk jadi batu?

Kamu : *bergegasambilsarung*

Kamu kudu rajin sholat

Diajakin sholat bareng via www.mtvindia.com

4. Belum lagi sajian Es Jeruk perasan mama di rumah yang bikin tenggorakanmu maknyes seketika.

NutriSari Jeruk Peras

NutriSari Jeruk Peras via www.hipwee.com

Kenikmatan jeruk peras asli buatan mama di rumah emang paling ngangenin. Dulu kamu sempat iseng bertanya,

“Ma emang gak repot ya peras jeruk banyak-banyak begitu?”

Mamamu cuma tersenyum, lalu berkata dengan lembut.

“Sekarang ‘kan udah ada NutriSari Jeruk Peras, Sayang. Segarnya sama. Praktis lagi. Jadi Mama gak usah repot..”

5. Kalau di tanah rantau menu makan itu tergantung isi dompet dan uang bulanan, puasa bareng keluarga justru bikin hidup tenang soal keuangan.

Lihat dompet dulu

Lihat dompet dulu via twicsy.com

Kalau di perantauan :

Tanggal muda : beef steak

Tanggal pertengahan : bakso

Tanggal tua : Mie instan.

Kalau di rumah :

Mau tanggal muda, pertengahan, atau tanggal tua, menu makanan tetap enak.

6. Kegalauanmu saat puasa di rumah bukan tentang mau makan apa untuk berbuka, tapi kamu justru bingung mau makan yang mana duluan karena saking banyaknya pilihan. 

Bingung mau makan yang mana dulu

Bingung mau makan yang mana dulu via www.kaskus.co.id

List makanan di atas meja :

  • Kolak
  • Ayam goreng
  • Jus melon
  • Lasagna
  • Sop buntut
  • Tom Yam
  • Sushi
  • Soto Makasar
  • Beef steak ada.

Meja berisi hamparan makanan–> pemandangan yang menyejukan ~

Makan yang mana duluan ya?

Makan yang mana duluan ya? via pixshark.com

7. Aneka sajian khas kampung halaman bikinan keluarga juga bikin kamu susah move on dari suasana Ramadhan di ruma.

  • Es teh yang manisnya merata dan bisa nambah sampai kamu puas tanpa bayar.

Es teh yang segar

Es teh yang segar via sansinsun.wordpress.com

Kamu bisa puas untuk nambah lagi, lagi, dan lagi.

  • Atau kolak pisang buatan mama yang rasanya khas dan gak ada duanya. Sampai kamu kekenyangan saat memakannya

Kolak pisang untuk buka puasa

Kolak pisang untuk buka puasa via budaya-indonesia.org

Sentuhan tangan Mama tercinta adalah penyedap rasa yang tak ada duanya.

8. Status jomblo juga tak lagi jadi masalah. Kamu tak perlu galau cari teman berbuka karena keluarga tercinta siap bikin hatimu tak kesepian.

Buka puasa keluarga

Buka puasa keluarga via www.kaskus.co.id

Jomblo di bulan puasa :

Di tanah rantau : Makan sama siapa ya? Gak ada gandengan.

Di rumah : Duduk manis di meja makan. Ada Papa, Mama, Kakak, Adik, Nenek, Kakek, Pakde, Bude, Tante, Om, Sepupu, Tetangga sebelah yang nemenin makan.

Jomblo jadi gak ngenes-ngenes amat 🙂

9. Ngabuburit sambil bercandaan, menyiapkan makanan dan nonton iklan sirup di rumah juga bikin hidupmu lebih berwarna.

Buka puasa bersama keluarga

Buka puasa bersama keluarga via bisnisdavit.com

Sambil menunggu jam berbuka tiba, duduk bersama di ruang keluarga sambil nonton TV adalah momen yang paling berkesan. Terkadang juga diisi dengan kegiatan menyiapkan menu berbuka bersama.

Kamu : Ada yang perlu dibantu gak Ma?

Mama : Mmmm. Apa ya Kak?

Kamu : Mungkin bantu peras jeruk yang ada di kulkas buat dibikin es seperti biasanya?

Mama : Bikin es jeruk itu gak perlu repot-repot peras sendiri kok, biasanya ‘kan Mama pake NutriSari Jeruk Peras. Nah, sekarang kamu ambil gunting gih sama es batu. Biar Mama bikin sendiri aja.

10. Secara gak langsung, menjalani bulan puasa bikin kamu bisa lebih dekat dengan Tuhan dan rajin ibadah. Ada keluarga yang selalu mengingatkanmu untuk menjalani kewajiban dan sunah.

Sholat tawarin bersama keluarga

Jadi rajin ibadah via media.iyaa.com

Saat waktu sholat Tarawih tiba :

Kalau gak di rumah :

Abis buka puasa, kenyang,  ngantuk, sholat Maghrib, terus ketiduran sampai subuh.

Kalau di rumah :

Abis buka puasa, kenyang, ngantuk, sholat Maghrib, diajakin ke masjid, gak bisa nolak, sholat Tarawih, dapet pahala, Insya Allah masuk surga.

Puasa adalah ibadah yang diwajibkan setiap individu manusia. Dimanapun kamu berada, puasa ramadhan wajib kamu jalani. Namun, menjalani puasa di rumah adalah terasa lebih istimewa. Kebersamaan dan kehangatan bersama keluarga bikin puasamu lebih menyenangkan.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

Kredit gambar andalan: http://monicaranita.blogspot.com/2014/11/happily-ever-after.html

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya