Scorpio Tak Kenal ‘Biasa Saja’: Antara Bucin atau Benci Setengah Mati #GanyangZodiakmu

sifat buruk scorpio

Merujuk pada penelitian dari psikolog bernama Bertram Forer, salah satu alasan kebanyakan orang percaya zodiak adalah karena kita cenderung mempercayai hasil-hasil ramalan yang bernada positif. Namanya manusia memang selalu senang mendengar hal-hal positif tentang dirinya ketimbang yang bernada negatif. Itulah kenapa kebanyakan ramalan atau ulasan zodiak mengobral pernyataan-pernyataan yang akan membuat pembacanya merasa unik dan punya banyak kelebihan.

Advertisement

Masalahnya, kita harus adil sejak dalam pikiran. Dalam rangka campaign #kononkatanya, Hipweeingin menguji kecil-kecilan teori Forer di atas dengan membuat seri #GanyangZodiakmu. Saya akan menjelma orang paling jujur dengan lidah paling pedas sedunia, mengungkap sisi negatif dari tiap-tiap zodiak. Kita lihat seberapa batinmu tahan mendengarnya. Sebagian dari kamu mungkin akan muak dan tidak lagi percaya zodiak, ya ndak apa-apa. Untuk yang tetap percaya, mudah-mudahan bisa jadi bahan introspeksi diri.

Terus terang, Scorpio (23 Oktober – 21 November) menurut saya salah satu zodiak dengan kepribadian paling menarik–setelah Sagittarius sih, tapi sifat-sifat negatif mereka tak kalah menonjol rupanya. Watak ultra-tertutup membuat Scorpio tampak dingin dan cool, namun kita lihat apakah mereka masih tetap kalem ketika personalitasnya diburai di sini.

1. Mulai dari yang sudah disepakati bersama, “Cemburu” adalah nama tengah kaum Scorpio

scorpio’s mind via sayingimages.com

Mitologi Scorpio amatlah gelap dan horor. Ada sejumlah kisah, dan semua bermuara pada tokoh utama seorang pemburu berparas tampan bernama Orion. Nah, kisah pertama adalah tentang Apollo—putra Zeus– yang geram dengan hubungan percintaan antara saudarinya, Artemis dengan Orion. Apollo lalu mengutus seekor kalajengking untuk membunuh Orion.

Advertisement

Sementara di mitos lainnya, justru Artemis yang mengirim kalajengking karena marah melihat Orion tergoda oleh dewi fajar Eos.

Yang manapun yang lebih “resmi”, persamaan antara kedua mitos itu adalah akhir berupa kematian Orion yang dibunuh kalajengking, karena cinta, iri hati, dan rasa cemburu.

Advertisement

Berawal dari mitologi itulah, Scorpio sudah terkenal seantero kompleks pemerhati zodiak sebagai sosok yang mudah terbakar api cemburu.

Dan apabila seseorang berzodiak Scorpio sekaligus penggemar Dewa 19, maka ia bahkan bisa cemburu dengan pacar orang 🙁

Ingin kubunuh pacarmu
Saat dia cium bibir merahmu – Dewa “Cemburu”

2. Di luar saja tampak kalem, Scorpio sebenarnya heboh memendam rasa curiga di kepalanya

scorpio’s stare via personalitygrowth.com

Scorpio sangat peka terhadap perbedaan-perbedaan kecil. Meski itu kecil sekali, kecil! Kamu terlambat membalas chat pacarmu yang Scorpio itu selama lima menit, maka lima menit itu dihabiskannya dengan stalking seluruh following-mu di Instagram.

Zodiak dengan elemen air (Cancer, Pisces, Scorpio) memang dikenal mengedepankan perasaan dibanding logika. Namun, Scorpio ini unik. Bila perasaan bagi Cancer dan Pisces seringkali membuat mereka rentan, rapuh, dan defensif, maka Scorpio justru cenderung menggunakan perasaan secara ofensif. Kepekaannya menyengat, dan bersifat mengintimidasi: benci, dendam, curiga, dan sebagainya.

Alhasil, sikapnya yang penuh syak wasangka ini kadang menyebarkan energi negatif di lingkungan sekitarnya. Bahkan ini yang membuat Scorpio konon katanya tampak lebih uzur (muka tua, ehem) dari usia sebenarnya.

3. Scorpio tak kenal “b aja” atau “lumayan” dalam soal perasaan, ia punya kecenderungan ekstrem antara cinta atau benci

scorpio’s brain

Akhirnya Scorpio memang terkesan tegas dalam banyak hal, sesuatu yang positif untuk banyak kasus. Namun, ketika kita bicara diksi “ekstrem”, maka agak lain. Sesuatu yang berlebihan itu pasti ya….. “berlebihan”.

Pertama, ketika Scorpio menyukai sesuatu, maka rentan offside menjadi obsesif dan fanatis, entah itu cinta, nafsu, cita-cita, klub bola, personel JKT48 favorit, dan sebagainya.

Oke, banyak zodiak lain yang optimistis (Aries – Sagittarius – Leo tak terkalahkan untuk ini), namun optimis beda dengan obsesif. Scorpio bisa menggunakan perasaannya di luar pengawasan akal sehat.  Ia sanggup melakukan apapun demi melunaskan obsesinya.

Sifat ini bila tak diredam akan sampai pada sikap posesif dan ingin mengontrol segalanya. Hasrat ingin memiliki itu bahkan bisa berlanjut hingga ia sudah mendapatkanya.

Itu kenapa Scorpio dipercaya merupakan salah satu zodiak yang paling setia. Mereka akan menjadi pasangan terindah dan bucin jika kamu memang menyukai hubungan yang intens. Tapi di sisi lain, jangan gegabah menerima Scorpio jika kamu ingin hubungan asmara yang santai-santai saja. Karena kamu harus siap untuk menjadi Indomaret, selalu ada 24 jam. Mungkinkah terciptanya lagu “Ruang Sendiri” dari Tulus itu akibat ulah Scorpio? Hmm..

4. Menjadi seseorang yang disukai Scorpio saja bisa berbahaya, apalagi jika menjadi yang sebaliknya 

scorpio be like via id.pinterest.com

Scorpio di mode “benci” adalah villain yang mengerikan.

Ketika dongkol dengan sesuatu, maka sifat obsesif tadi juga muncul di diri Scorpio. Bila terlanjur sudah jadi haters, ia akan menjadi haters sejati. Mereka tidak mudah memaafkan. Rasa berang bagi Scorpio gampang mekar menjadi dendam, atau minimal membuat mereka sama sekali tidak ingin menjumpai mukamu lagi. Mereka sulit berdamai dengan rasa antipati. Dan konon dendam Scorpio adalah dendam yang paling angker.

Balikan dengan mantan yang pernah menyakitinya bukan pilihan bagi Scorpio, meski kita tak perlu percaya gurauan urban bahwa Scorpio punya hobi menyimpan tengkorak para mantan di belakang rumahnya. Itu guyonan, harusnya sih…

5, … dan “kekerasan” terselip sebagai salah satu kata kunci Scorpio

scorpio via me.me

Lewat mitologi gelap tadi, Scorpio kemudian dikenal sebagai zodiak yang paling akrab dengan kekerasan. Kisah Scorpio adalah tentang mahkluk yang dikontrak untuk membunuh. Dan mengingat orang yang obsesif bisa melakukan hal-hal di luar nalar, maka ini memang butuh dibicarakan.

Namun, bukan berarti Scorpio pasti kejam (kalau iya, tentu kepolisian perlu punya daftar zodiak rakyat Indonesia), karena kekerasan tak melulu soal fisik dan main kasar, tapi sesuatu yang berdampak besar dan merusak. Misalnya, memaksa menonton video-video klarifikasi Atta Halilintar secara beruntun, bukankah itu juga “berdampak besar” dan “merusak”?

Maksud saya, salah satu kelebihan Scorpio adalah “pemberani”. Dalam pilihan kata lain, “nekat”.

*Jreng Jreng Jreng*

6. Poin 18+: Scorpio adalah zodiak paling sensual. Wow, tapi hidup tak cuma di atas ranjang, Guys 

scorpio sexualism

Selain cemburuan, salah satu kearifan lokal Scorpio yang termahsyur adalah insting seksualnya. Ups…

Konon katanya, perasaan dan gairah yang intens membuat Scorpio punya naluri yang lebih kuat dalam hal-hal sensual. Mereka peka dan…. Oke, agak sulit menjelaskannya di artikel yang niatnya tidak membahas ke arah sana. Tapi mudah-mudahan kalian paham.

Dan ya, semua butuh seks. Tapi tidak setiap waktu. Dan ketika bukan waktunya, sifat ini malah terdengar menakutkan.

7. Scorpio menyulitkan lingkungan sosialnya karena terlalu tertutup

Tidak usah dibahas lagi ya, saya sudah cukup deg-degan menulis artikel ini.

Mau tahu bagaimana zodiak-zodiak lainnya diganyang dan kena cibir juga? Cek di sini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ecrasez l'infame

CLOSE