Merujuk pada penelitian dari psikolog bernama Bertram Forer, salah satu alasan kebanyakan orang percaya zodiak adalah karena kita cenderung mempercayai hasil-hasil ramalan yang bernada positif. Namanya manusia memang selalu senang mendengar hal-hal positif tentang dirinya ketimbang yang bernada negatif. Itulah kenapa kebanyakan ramalan atau ulasan zodiak mengobral pernyataan-pernyataan yang akan membuat pembacanya merasa unik dan punya banyak kelebihan.

Masalahnya, kita harus adil sejak dalam pikiran. Dalam rangka campaign #kononkatanya, Hipwee ingin menguji kecil-kecilan teori Forer di atas dengan membuat seri #GanyangZodiakmu. Saya akan menjelma orang paling jujur dengan lidah paling pedas sedunia, mengungkap sisi negatif dari tiap-tiap zodiak. Kita lihat seberapa batinmu tahan mendengarnya. Sebagian dari kamu mungkin akan muak dan tidak lagi percaya zodiak, ya ndak apa-apa. Untuk yang tetap percaya, mudah-mudahan bisa jadi bahan introspeksi diri.

Advertisement

Akhirnya seri #GanyangZodiakmu sampai juga pada Gemini (21 Mei – 20 Juni). Ibaratnya, Gemini ini seperti villain atau penjahat terakhir di antara semua zodiak. Banyak pemerhati zodiak yang menaruh Gemini pada posisi terhormat “zodiak terburuk” di berbagai artikel dan peringkat. Bila zodiak lain cuma dilekatkan dengan istilah”positif” atau “negatif”, maka Gemini kerap disebut “iblis”. Selain karena Donald Trump adalah Gemini, apa gerangan yang membuat kita semua disarankan untuk selalu jaga jarak dengan Gemini?

gemini via Twitter.com

`1. Berkepribadian ganda, bahkan kadang tiga, empat, atau lima kepribadian

gemini via img.buzzfeed.com

Dengan simbol berupa mahkluk kembar, konon katanya sifat dasar Gemini adalah kemampuan untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Mereka jauh dari kata kaku, melainkan luwes dan pandai membawa diri. Dari alam bawah sadarnya, Gemini punya beberapa stok kepribadian dalam dirinya, lalu mereka bisa memilih menampilkan yang mana sesuai dengan situasi dan kepentingannya. Ibaratnya, seperti punya banyak akun berbeda di aplikasi Instagram. Tinggal klik switch.

Sebuah talenta untuk mereka, bencana untuk kita.

Advertisement

Kita mulai dengan pertanyaan,”Apakah kamu benar-benar mengenal pacar Gemini-mu?”

Kamu tak akan pernah mengenal seorang Gemini seutuhnya. Lebih mudah mengenali satu keluarga besar berisi Taurus dan Capricorn dibanding satu orang Gemini. Mengencani seorang Gemini seperti mengencani satu rombongan TKI dari Myanmar.

Terdengar seru (memacari satu, dapatnya lima), iya hanya jika kamu selalu tahu mereka sedang menampilkan versi yang mana. Masalahnya, kamu tidak akan tahu, bahkan ketika ia tiba-tiba melahirkan kepribadian yang baru. *musik latar horor*

2.Dengan kemampuan super itu, Gemini punya potensi menjadi manipulatif dan penipu ulung

View this post on Instagram

you don’t KNOW ME (via @jakesastrology )

A post shared by Gemini (@bestgeminimemes) on

Konon katanya Gemini adalah zodiak paling sulit dipercaya. Mereka pandai merajut dusta untuk mencapai tujuan atau mengemas dirinya di hadapan orang lain. Dan celakanya, seringkali meyakinkan.

Sejatinya itu adalah “konsekuensi” dari kelihaian Gemini membawa diri. Itu kenapa Gemini cocok untuk profesi-profesi yang menjual keramahan seperti marketing, humas, atau kasir Indomaret.

Donald Trump? Ia tak ramah sih, tapi ia menang.

Gemini seperti Loki di Marvel, kita tak tahu ia berpihak ke mana sampai akhir film. Musuh dalam selimut. Bahkan, dalam konflik-konflik nan drama di kehidupan ini, seringkali diam-diam ada Gemini di baliknya sebagai dalang.

3.Lihai menjadi “player” dan “main belakang”

gemini via www.reddit.com

Coba tanya kawan Gemini-mu, “Berapa kali menjalin asmara?” (jangan bertanya “berapa kali pacaran?”, dalam hatinya ia akan menganggapmu kampungan). Berapapun jawabannya, pasti itu hanya setengah dari yang sebenarnya.

Dalam konteks asmara, Gemini memang punya reputasi buruk. Sebagian Gemini bahkan tidak mau mengungkapkan zodiak mereka dengan teman kencannya. Mereka adalah yang pertama mengisi petisi andai kata ada anggota parlemen kurang kerjaan yang mengeluarkan kebijakan memasang zodiak di KTP.

“Kesetiaan” bagi Gemini seperti “ayah” bagi kepercayaan umat Islam terkait prioritas bakti. Dan “ibu” adalah kesenangan.

Apa yang harus diprioritaskan dalam hubungan percintaan?

Gemini:

  1. Kesenangan
  2. Kesenangan
  3. Kesenangan
  4. Kesetiaan

Gemini pandai bergaul, dan memang membutuhkan pergaulan. Hal yang paling didambakan oleh Gemini adalah “komunikasi”. Ngobrol, ngobrol, dan ngobrol. Itulah kenapa Gemini punya naluri untuk lirik kanan lirik kiri dan flirting depan flirting belakang.

Karena kebiasaannya ini, mereka sulit menjalin hubungan yang mendalam dan serius. Kebanyakan hanya relasi-relasi yang dangkal dan sekejap. Dan kenapa mereka melakukan itu? Senang aja, yaelah hidup cuma sekali ini.

4.Tidak konsisten, tidak punya arah yang jelas di masa depan

Jika ditilik ulang, tiga poin di atas sebenarnya adalah kelebihan, bukan kekurangan, apabila perspektifnya untuk kepentingan Gemini itu sendiri. Yang merugi adalah orang di sekelilingnya.

Nah, kelemahan absolut dari Gemini (termasuk untuk dirinya sendiri) adalah sukar hidup konsisten.

Mereka bisa mencintai sesuatu, lalu meninggalkannya setelah habis satu puntung rokok. Gemini butuh waktu lama untuk fokus terhadap sesuatu. Mereka mudah berubah minat, tiba-tiba mendaftar paket fitness tiga bulan hanya untuk datang di tiga hari pertama.

Coba cek kawan Geminimu, dan lihat hobinya apa? Antara tidak punya atau terlalu banyak.

Dalam soal karier, ini adalah lubang besar bagi Gemini. Mereka cepat belajar hal baru, tapi cenderung superfisial, atau dangkal. Berpindah lagi sebelum cukup pakar.

Dalam soal hati? Tahu sendiri…

 

5.Gemini tidak bisa kesepian, “…sepi membunuhku” kalau kata Slank

gemini via www.facebook.com

Terkait mitologinya, dikatakan bahwa Gemini selalu merasa kehilangan akan separuh jiwa mereka, maka dari itu Gemini akan selamanya mencari seseorang untuk bisa diajak berbincang dan menemaninya. Itu kenapa Gemini konon salah satu zodiak yang rentan terkena stress dan depresi bila terlalu diselimuti kesendirian.

Mereka selalu butuh seseorang, dan jomblo bukan pilihan mudah bagi Gemini. Lha dikira, suruh ngobrol sama tali jemuran?

6. Mudah terjerumus ke jurang sisi negatif dari budaya bebas

Saya bukan orang kolot yang akan melarang penjualan kondom atau menyensor dada tupai di televisi. Tapi tentu saja kecanduan sabu-sabu atau pulang mabuk setiap malam bukan hal yang bisa diapresiasi. Ada batas dalam setiap bebas.

Bertolak belakang dengan Taurus dan Capricorn yang cenderung konservatif, Gemini dikenal sebagai zodiak paling berpikiran terbuka. Mereka mudah menerima ide-ide baru, dan menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Kelebihan ini bisa diterapkan untuk berbagai kepentingan.

Salah satu dampak (atau manfaat? tergantung perspektif) mereka menjadi zodiak paling gaul dan selalu cikitcuw cikitcuw on the floor! DWP, We The Fest, sidang isbat, Soundrenaline atau gemerlap diskotik tak ada artinya tanpa Gemini.

Ya ndak apa-apa asal tidak kebablasan… ((soalnya jauh mau muter balik ~))

7. Special skill: Menusuk dari belakang

FATALITY!

Mau tahu bagaimana zodiak-zodiak lainnya diganyang dan kena cibir juga? Cek di sini!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya