Viral SMA Jurusan E-sports Pertama di Tokyo. Begini Penampakannya~

SMA E-Sports Tokyo

Perkembangan teknologi telah menghadirkan banyak inovasi terbaru. Salah satunya adalah kemunculan cabang olahraga baru berbasis digital, E-sports. Seiring waktu berjalan, E-sports menjadi cabang olahraga yang menjanjikan bagi para atletnya. Melihat hal tersebut, Jepang kemudian membuat sekolah E-sports pertama mereka di kota Tokyo.

Advertisement

Seperti sudah kita ketahui, Jepang adalah negara maju yang sangat peka terhadap perkembangan teknologi. Negara yang terkenal karena anime ini kerap mengupayakan kebutuhan masyarakat mereka atas teknologi. Salah satunya adalah kebutuhan baru berupa sekolah Esports yang akan hadir di kota Tokyo.

Jepang segera membuka dan meresmikan SMA Esports pertama di kota Tokyo

SMA Esports/Credit: Kotaku

Selain pariwisata, Jepang memang sangat erat kaitannya dengan produk-produk kultur pop dari mulai animasi, film, sampai gim. Sejak dulu, produk negara satu ini memang punya ciri khas dan penggemarnya sendiri jika bicara soal kultur pop. Banyak sekali beragam anime dan gim legendaris yang merupakan hasil karya perusahaan asal Jepang.

Di zaman digital seperti hari ini, E-sports menjadi salah satu cabang olahraga yang menjanjikan. Ada banyak sekali atlet profesional yang berhasil mengharumkan nama bangsa dan sukses berkarier dengan bermain gim yang kompetitif. Apalagi sekarang ada banyak sekali gim kompetitif yang menghadirkan kejuaraan dunia setiap tahunnya. Berkembangnya E-sports di dunia membuat pemerintah Jepang peka. Mereka akhirnya akan membuka sekolah pertama khusus untuk mencetak atlet-atlet E-sports. Nantinya, anak-anak yang tertarik untuk berkarier bisa bersekolah di sekolah tersebut.

Advertisement

SMA Khusus E-sports ini memiliki tujuan demi meminimalisir angka putus sekolah anak karena mengejar karier di dunia E-sports

Sekolah yang punya tujuan/Credit: Kotaku

Jika nanti diresmikan, sekolah pertama ini akan bernama E-sports Koutou Gakuin alias Sekolah E-sports Menengah Atas. Singkatnya, sekolah ini akan setara dengan SMA pada umumnya di negara tersebut. Rencana ini merupakan inisiatif dari kolaborasi antara perusahaan telekomunikasi di Jepang bernama NTT dan klub sepak bola Tokyo Verdy. Menariknya, sekolah ini dibuat bukan semata-mata untuk mencetak atlet saja. Menurut sumber, sekolah ini dibangun demi mengantisipasi anak-anak putus sekolah demi mengejar kariernya di dunia E-sports. Nantinya, para siswa akan mendapat kurikulum yang sedikit berbeda dengan sekolah SMA kebanyakan.

Para siswa akan mendapat kurikulum ekstra berupa latihan game dengan lebih fokus. Mereka akan mengasah kemampuan mereka sebagai atlet lewat kurikulum yang sudah disiapkan. Menariknya, sekolah ini juga merekrut tenaga-tenga ahli di bidang E-sports sebagai guru para siswa nantinya. Selain membentuk siswanya untuk menjadi seorang pemain dan atlet, E-sports Koutou Gakuin juga akan membuka jurusan lain bagi anak-anak yang berminat di dunia game. Akan ada jurusan desainer game atau developer game. Pokoknya, segala hal yang berkaitan dengan dunia gim.

Zaman sudah semakin maju dan berkembang, hal-hal yang dulunya mungkin dianggap setengah mata oleh kebanyakan orang dan generasi kini terbukti menjadi sebuah terobosan lain. Sekarang dunia E-sports tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Nyatanya, di luar sana banyak orang sukses berawal dari dunia tersebut.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

CLOSE