Lagi-lagi, keluarga Gen Halilintar kembali menjadi sorotan publik. Beberapa waktu lalu, keluarga dengan 11 anak ini mengagetkan warganet dengan harga buku yang sangat mahal. Tapi ternyata, harga tersebut untuk 20 buku, bukan hanya satu buku saja. Belum usai obrolan tersebut, kembali muncul foto salah satu anggota Gen Halilintar, yaitu Saaih Halilintar yang terlihat berpose di rel kereta api. Saaih terlihat berbaring di rel tersebut. Fotonya pun menjadi bahan perbincangan publik.

Dan beberapa hari lalu, lagi-lagi Saih menjadi buah bibir publik, terutama di media sosial. Hal ini lantaran “prank” yang dia lakukan dan diunggah di Instastory. Ia pun akhirnya mendapat banyak kritikan.

Kemarin, warganet sempat dihebohkan dengan Instastories salah satu kelaurga Gen Halilintar yang dengan sengaja merobek uang

Saaih robek duit kertas nominal 100 ribu rupiah via www.instagram.com

Advertisement

Sekitar dua hari lalu, Saaih melalui akun Instagram-nya melakukan “prank” terbaru. Video yang diunggahnya di Instastories tersebut memperlihatkan Saaih tengah merobek uang kertas dengan nominal 1oo ribu rupiah. Sebelum merobek uang tersebut, Saaih mengatakan kalau ia pengen melakukan hal yang satisfying alias memuaskan. Dan bagi Saaih salah satu hal yang memuaskan adalah dengan merobek uang kertas dengan nominal tinggi tersebut.

Menuai kontroversi, Saaih pun mengklarifikasi bahwa itu adalah uang mainan, sembari menunjukkannya. Tapi warganet malah nggak percaya

klarifikasi Saaih via www.instagram.com

Bagi penggemarnya, mungkin apa yang dilakukan Saaih tersebut benar-benar memuaskan. Jangankan merobek, memegang uang dengan nominal 100 ribu saja mungkin jarang. Oleh karena itulah, ketika melihat orang lain yang mampu memiliki bahkan merobek uang tersebut dianggap memuaskan (atau malah disayangkan{?}). Namun bagi sebagian besar publik, terutama warganet merasa apa yang dilakukan Saaih justru nggak pantas. Beberapa menyatakan bahwa itu melanggar undang-undang, sedangkan yang lain mengaitkan dengan latar belakang finansial keluarga Gen Halilintar yang memang terbilang kaya. Tapi tetap, bukan berarti Saaih bisa merobek uang seenaknya.

Sadar kalau videonya memincu kontroversi, Saaih pun memberikan klarifikasi di Instastories-nya. Dalam video tersebut, Saaih memperlihatkan bagian uang yang ia robek tadi. Ternyata itu adalah uang mainan. Oleh karena itulah ia berani merobek duit tersebut. Tapi warganet nggak percaya begitu saja. Setelah membandingan video sebelum dan sesudah klarifikasi, robekan uang kertas tersebut terlihat berbeda. Jadi, uang yang dirobek sebelumnya bukanlah uang robek yang diperlihatkan saat klarifikasi.

Advertisement

@sandradewi96: Iya beda uang pertama dan kedua sobekannya,enak ya orang kaya,kalau orang ga ada lumayan buat beli sembako 😇

@qifliana: Kelihatan bener tuh kl bohong ya adiknya @sajidahhalilintar yg disobek uang asli g kena mulut pk karno + ada serinya.. Kl yg d KLARIFIKASI itu gak ada nomer seri + ksobek smpek mulut.. Hrsnya jd selebgram ksih contoh yg baik..

@vii_1204: Mau uang mainan kek ttep aja itu contok yg tyduck baik.. ngilu ampek ke ulu hati lihatnya duit di sobek. Nyari duit itu syusah euy itu maen bikin2 konten sobex2 duit

Beberapa selebritas pun turut mengomentari kejadian ini. Meski uang mainan atau bukan, apa yang dilakukan Saaih tetap saja bukan contoh yang baik

harus diperlakukan baik, malah ada UU-nya via www.instagram.com

Kejadian ini nggak cuma menarik perhatian warganet biasa, tapi juga dari kalangan selebritas. Seperti Jefri Nichol. Aktor film ini juga turut mengomentari kejadian ini. Jefri menilai bahwa meminta agar selebritas media sosial jangan bikin konten sampah dan nggak mendidik. Meski itu adalah uang mainan, tetap saja apa yang dilakukan Saaih adalah contoh yang nggak baik. Apalagi kalau yang nonton bocah-bocah tanggung. Bisa-bisa apa yang dilakukan oleh idolanya, mereka juga bakal mereka lakukan. Nah, kalau mereka ini malah robek duit asli gimana?

Nggak hanya Jefri, Inul Daratista pun juga membagikan ceritanya saat diundang oleh Bank Indonesia untuk melihat proses pembuatan uang. Pembuatan tersebut sangat steril, bahkan orang yang pengen melihatnya harus juga dalam keadaan steril. Jika ada uang yang lecek, maka akan dihancurkan. Inul pun menyayangkan sikap yang sama sekali nggak menghargai uang.

Merobek uang seperti ini bukanlah hal remeh. Rupiah dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 pasal 35. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwasanya sengaja merusak, memotong, menghancurkan, dan mengubah nilai rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiah termasuk tindakan pidana kurang lebih 5 tahun penjara atau denda hingga 1 miliar rupiah.

Begitu pentingnya mata uang bagi negara kita sehingga dilindungi dengan Undang-Undang. Jangan merobek, melipat-lipat uang saja sebenarnya disayangkan, karena bisa merusak uang itu sendiri. Sebagai figur publik yang dijadikan contoh oleh orang banyak, para selebritas media sosial seperti ini harusnya sadar akan dampak dari tingkah laku mereka. Bukan hanya memikirkan rating atau popularitas saja, sehingga melakukan hal-hal yang ekstrem.

Nggak harus melakukan hal viral kayak gini kok kalau mau jadi populer. Banyak hal lain yang harusnya bisa dilakukan oleh Saaih. Toh, asalkan nggak menabrak norma atau batasan, ia tetap akan disanjung oleh penggemarnya. Tadi malam, Saaih yang menutup kolom komentar di Instagram-nya, sudah minta maaf. Ia sadar kalau masih belum jadi contoh yang baik. Semoga kejadian ini menyadarkan untuk bisa bersikap lebih hati-hati, ya. Berlaku buat semua figur publik pastinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya