Fans One Piece Buka Warteg Gratis Ramaikan Perilisan Film One Piece: Red, Wujud Solidaritas!

Selain K-Popers, wibu adalah salah satu kaum penggemar yang terkenal militan banget. Setiap detail perkembangan karier bahkan kehidupan pribadi sang idola atau karakter favorit pasti mereka ketahui. Bahkan beberapa (banyak sih sebenernya) dari mereka yang sampai ingin ikut mendampingi setiap fase hidup idola dua dimensinya itu alias ngehalu jadi pasangan hidup.

Advertisement

Namun, terlepas dari logis atau nggaknya keinginan para wibu itu, dukungan dan apresiasi selalu mengalir saat sang idola berhasil menciptakan karya atau prestasi baru. Sisi militan mereka membuat para fans ini totalitas dalam mendukung idolanya. Seperti yang dilakukan oleh para fans serial manga One Piece baru-baru ini. Mereka mendirikan warteg gratis yang diberi nama “Warteg Bajak Laut” untuk meramaikan pemutaran film One Piece: Red di Indonesia.

Yuk kita simak gimana sih warteg yang didirikan para wibu ini!

Fans One Piece buka warteg gratis untuk meriahkan pemutaran film One Piece: Red di Indonesia

Advertisement

Nakama, sebutan fans One Piece tentu udah menunggu-nunggu perilisan film One Piece: Red di Indonesia. Apalagi sang komikus, Eiichiro Oda sampai harus vakum selama satu bulan pada Juni sampai Juli 2022 lalu untuk mempersiapkan film ini. Setelah tiba tanggal perilisannya pada Rabu (21/9) lalu, nggak heran kalau antusias Nakama tinggi banget.

Mereka menyambutnya dengan menggelar sesi nonton bareng. Selain itu, mereka punya cara tersendiri untuk semakin meramaikan pemutaran film ini. Sejumlah Nakama yang tergabung dalam GeekinOut ID menginisiasi pembukaan warteg gratis yang diberi nama “Warteg Bajak Laut.” Kamu bisa menemukan warteg ini di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Advertisement

Sesuai namanya, warteg tersebut memang dimaksudkan untuk jadi tempat makan gratis bagi siapa aja. Mulai dari pedagang kaki lima, petugas kebersihan, sampai driver ojol, atau siapa pun bisa langsung datang ke warteg ini. Dilansir dari Kompas.com, si inisiator yang bernama Ammar juga sempat membeli 100 porsi untuk dibagikan ke warga sekitar warteg.

“Kita beli 100 porsi sih, total habis Rp2 juta buat makanannya. Tapi sebenarnya kalau memang butuh makan ya datang aja selama persediaan masih ada,” jelas Ammar.

Para Nakama nggak membangun warteg dari nol kok. Ammar menjelaskan kalau warteg yang dijadikan tempat solidaritas berbagi ini adalah warteg tempat dirinya biasa makan hampir setiap hari. Meskipun udah langganan, Ammar tetap meminta izin kepada si pemilik untuk mengubah wartegnya sebagai tempat makan gratis sekaligus meletakkan properti manga One Piece di bagian depan.

Ammar terinspirasi dari karakter Luffy dan Mugiwara yang berhasil menyelamatkan orang lapar

Terinspirasi dari potongan cerita di One Piece

Terinspirasi dari potongan cerita di One Piece | Credit: Instagram @idgeekinout

Mendirikan warteg gratis tentunya tetap butuh biaya. Maka dari itu, Ammar sebagai inisiator menggandeng lembaga pengumpulan dana KitaBisa.com untuk menggalang dana dari masyarakat agar Warteg Bajak Laut tetap bisa beroperasi dalam jangka panjang.

Ammar juga menceritakan awal mula ia dan teman-teman Nakama membuat warteg ini karena terinspirasi dari salah satu Arc potongan cerita atau babak di One Piece, yaitu Arc Wano.

“Saya kepikiran, ibaratnya meneladani sosok Luffy-san dan kru Mugiwara yang berhasil nyelametin Wano dari kelaparan,” katanya, dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, Ammar sempat meminta pendapat warganet Twitter untuk memilih aksi sosial apa yang cocok untuk meramaikan pemutaran film One Piece: Red. Dia menawarkan tiga pilihan, yakni makanan gratis buat PKL, sembako buat nelayan, dan pelestarian biota laut. Dua pilihan aksi terakhir tampaknya terinspirasi dari potongan adegan Luffy saat ia menyelamatkan Kerajaan Ryugu di Pulau Manusia Ikan dan berhasil membantu kesejahteraan nelayan di sana.

“Gas gak nih? Idenya bisa relate sama perjuangan Luffy waktu nyelametin Negeri Wano dari kelaparan atau nyelametin Kerajaan Ryugu dan bisa bantu kesejahteraan nelayan di laut,” tulisnya dalam akun @mmaryasir.

Nah, buat kamu yang masih bilang nonton ‘kartun’ itu nggak ada gunanya, mending sekarang pikir-pikir ulang deh. Soalnya nih, udah ada bukti nyata kalau sekumpulan fans bisa terinspirasi dari adegan yang dimainkan karakter di manga favoritnya. Inspirasi itu bahkan menggerakkan mereka untuk membantu sesama yang membutuhkan dan memperkuat solidaritas. Keren banget, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE