Sssttt… Ini Dia 10 Cara Elegan Menagih Hutang Dari Teman yang Jago Ngeles

Yang namanya teman pasti ada macam-macam jenisnya. Ada yang baik banget suka nraktir kamu; ada yang biasa aja tapi setia; ada juga yang cuma nyari kamu kalau perlu buat ngutang. Pernah nggak kamu merasa kesal dengan ulah temanmu yang sering ngutang tapi kalau disuruh bayar susah banget? Kamu sampai pusing mikirin cara menagih hutang yang pas agar dia gak ngeles melulu.

Advertisement

Sudah-sudah, daripada ngedumel melulu dan gengsi mikirin cara menagih hutang tanpa terlihat kaya rentenir, nih Hipwee kasih saran tentang cara-cara elegan buat nagihnya…

1. “Astaga, aku lupa ke ATM. Bayarin dulu ya!” Ketika kalian belanja atau makan bersama, sering-sering saja minta dibayarin dia.

aKCYC

Biasanya temen yang suka nitip bayarin dulu bakal ngambek kalau ditolak requestnya. via www.tumblr.com

Biasanya—bi-a-sa-nya—temen yang suka ngutang itu awalnya dimulai dengan minta nebeng bayarin kamu pas kalian belanja atau makan bareng. Alasannya macem-macem: lupa bawa dompet, belum ambil duit, atau biar gampang. Lambat laun “nitip bayarin dulu dong” itu jumlahnya membengkak dan temenmu nggak ada kesadaran buat segera membayarnya.

Kalau kata drama-drama silat Tiongkok jaman dulu—ambil contoh Pendekar Rajawali—‘racun harus dibalas dengan racun’. Jadi kalau temenmu suka ngutang pelan-pelan dengan cara minta nebeng dibayarin atau nitip belanjaan tapi gak dilunasin, gantian dong kamu gituin dia.

Advertisement

Cara menagih hutang seperti ini halus dan gak kerasa sama. Sengaja setiap mau jalan bareng kamu nggak bawa uang banyak biar ada alasan bergantung ke dia, plus dia juga ga bisa nebeng bayarin kamu lagi. Kalau dia protes ingetin seperti ini (contoh):

“Lha kan tempo hari makan steak udah pake uangku! Kalau kamu bayarin kali ini, hutangmu aku potong seharga sate ini deh.”

2. Kalau lagi jalan bareng, rajin-rajin aja bilang pengen sesuatu disambung dengan kalimat “… tapi lagi nggak punya uang” disertai wajah sedih.

tumblr_inline_nb3x4gsfsa1s4672p1

“Pengen ini, pengen itu, tapi duitku masih pada di kamu…” via www.tumblr.com

Kalau kamu selama ini sering mengubur rasa inginmu pada sesuatu karena sadar harus berhemat, inilah saatnya kamu mengumpulkan semua hasratmu itu. Kemudian utarakan setiap kali jalan sama temenmu yang tukang utang. Yep ini juga bisa jadi cara menagih hutang yang elegant lho!

Kamu pengen baju baru, kamu bilang ke dia. Kamu pengen dompet bermerek baru, kamu bilang juga. Kamu pengen pacar baru… yang matrelialistis, kamu ceritain juga ke dia. Jangan lupa, semuanya harus selalu diembel-embeli:

“Pengen sih… pengen banget… tapi nggak ada duitnya.”

Setelah itu, jangan lupa pasang wajah sendu sambil menghela nafas. Pandangan mata nanar ke arah cakrawala. Oh iya, sebagai bumbu penutup, kalau sempat ucapkan juga:

“Yah, kurealisasikan ini habis kamu bayar hutang ke aku deh…”

BANG!!!

3.  Saat tanggal muda atau musim gajian dan dia terlihat senang, langsung sapa dengan “Cieee baru gajian, banyak duit nih.”

youllbegparents.gif

“Banyak duit nih, ayo lah bayar yang kemarin dulu…” via www.valorebooks.com

Jangan langsung tagih dia dengan garang kalau dia habis gajian, nanti kamu lebih mirip debt collector daripada seorang teman. Cara menagih hutang kamu harus lebih subtle lagi. Mending kamu passive aggressive aja, berniat muji tapi dengan nada agak memancing gitu deh.

“Ada yang habis gajian nih! Asik… Gantian bagi duit dong sini!”

4.  Pas ngumpul bareng teman-teman lain, angkat topik soal “betapa menyebalkannya orang yang nggak pernah bayar hutang” tapi ngobrolnya dengan kalem ya.

tumblr_mwn63dFJ2X1sb5u6lo1_500

Pas lagi ngumpul rame-rame coba giring opini teman-teman lain soal tukang ngutang via www.tumblr.com

 “Eh, pendapat kalian tentang orang yang suka ngutang itu apa sih? Ada temenku yang sedang bermasalah sama tukang ngutang nih katanya…” padahal maksudnya kamu yang bermasalah sama tukang ngutang.

Coba lempar bahan pembicaraan soal ‘tukang ngutang menyebalkan’ pas kamu dan temenmu si tukang utang lagi ngumpul rame-rame sama temen-temen kalian yang lain. Siapa tahu teman-temanmu punya saran tentang cara menagih hutang yang bagus juga.

Tapi lakukan dengan santai ya, jangan sampai kelihatan baper. Mainkan seolah-olah kamu memang sedang membahas sifat buruk secara umum yang gak baik ditiru siapapun. Semoga, dia si penghutang bakal tergerak hatinya dan segera ngebayar kamu pas ngumpul-ngumpulnya udah selesai.

5.  Kalau kamu jago sandiwara, bisa juga dengan sering curhat sedih soal kehidupan keluargamu yang penuh intrik dan butuh uang (padahal sebenarnya biasa aja).

Selena-Gomez-Pictures--VMA-2013-MTV-Video-Music-Awards--10

“Adikku harus masuk SMP bulan ini cyin! Butuh dana!” iya tapi yang danain bapakmu, kamu gak ada urusan. via www.tumblr.com

Kalau kamu pede sama kemampuan akting kamu—atau kamu merasa alasan kamu belum satu screen sama Dude Herlino hanya gara-gara kamu malas casting—kamu boleh coba trik berikut sebagai cara menagih hutang. Buat cerita sendu tentang keluargamu yang butuh uang dari kamu. Nggak perlu bohong kok, yang kamu butuhkan hanya sedikit bermain-main dengan kata. Contoh:

“Papa udah dua hari ini nggak bisa tidur… mama juga ga berhenti-berhentinya nangis. Aku nggak tahu harus gimana lagi, posisinya aku lagi nggak ada uang. Ngga bisa bantu… Jadi kalau kamu udah bisa bayar, tolong banget kabari aku ya…”

Iya, papamu gak bisa tidur karena begadang nonton bola. Mamamu juga nangis kebanyakan nonton sinetron. Tapi temenmu si tukang utang gak perlu tahu semua itu.

6.  Rajin-rajin ngumpulin cerita-cerita mistis religius a la tabloid Hidayah tentang kisah azab orang-orang yang gak mau bayar hutang.

hidayaaah

Kumpulkan kisah-kisah mistis religi yang bisa bikin dia merinding via www.hipwee.com

Setiap ketemu coba kamu selalu cerita soal kisah-kisah azab yang menimpa para tukang ngutang yang suka males bayar. Perut membengkak padahal udah diet lah; jenazah terbang dan meledak di udara kaya petasan lah; susah dikubur karena kavling tanahnya abis lah…

7.  Utarakan niat kamu yang hendak bayar zakat atau memberi sumbangan amal… Tapi pakai uang yang dia pinjam!

2011-08-15-12-23-05

Tapi kalau dibayar sama dia, beneran buat sedekah ya… via muslimsein.wordpress.com

Masa dia tega menolak permintaan yang berkaitan dengan kebaikan dan amal soleh seperti ini? Tapi kalau akhirnya hutang itu beneran dibayar jangan lupa benar-benar kamu sumbangkan ya uangnya 🙂

8. Kalau kamu kenal keluarganya coba ancam halus aja “Kamu masih nggak bisa bayar juga? Nggak apa-apa, aku minta gantinya langsung ke mamamu aja ya!”

3285560422_bab552beda_b

Kalau kenal ortunya, coba saja tawarkan opsi “aku minta sama oom/tante aja ya?” via hipwee.com

Cara menagih hutang yang ini bisa kamu pakai kalau hubungan pertemanan kalian sudah dekat banget sampai kamu tahu atau kenal sama orang tuanya dia. Bilang aja kalau kamu akan minta bayarannya langsung ke mamah-papahnya aja. Soalnya ‘kan dia susah banget dimintain bayaran, alasan dan ngeles terus kerjaannya. Jadi pakai aja jurus “Aku laporin mamahmu lho!” tapi versi halus nan polos gitu deh.

Lihat reaksi dia, kelabakan nggak?

9. Kalau setelah segala cara di atas dia masih susah ditagih juga, gantian pinjam uang dari dia aja. Kali-kali malah lebih gampang.

356636-4f147aa6-99b6-11e3-a5ad-5f99c6c437b4

“Ayo dong, boleh ya pinjem duit kamu…”—untuk selamanya. via powertochange.com

Ada lho orang kaya gini. A-D-A! Jadi kalau ditagih hutang dia muter-muter jawabannya dan ogah-ogahan banget. Tapi kalau giliran dia dipinjamin duit orangnya royal banget. Lucu yah? Yaudah, bedanya kamu ‘minjem’ duit dari dia tapi nggak dibalik-balikin. Nanti kalau dia nagih bilang aja “Utangku ke kamu dipotong pake hutangmu ke aku yah… impas kan.” Nah lho, nyaho gak dia?

10. Terakhir… Sindir dia pakai artikel ini aja dengan cara share di Facebook dan Twitter kamu! Siapa tahu habis dia baca terus nyadar!

Sharing is caring

Sharing is caring via hipwee.com

Langkah pamungkas, kalau cara-cara menagih hutang di atas kamu rasa masih kurang ‘greng’, coba deh share artikel ini. Gampang banget gak ada semenit, tinggal klik tombol biru tua dan biru muda di atas. Siapa tahu dia lagi online trus baca dan hatinya terketuk dan terpekur. Lalu tersadar dan segera mendapat petunjuk untuk membayar hutangnya ke kamu. Amin!

Bagaimana menurutmu, ada cara menagih hutang ideal yang kamu rasa pas nggak buat mengatasi temen yang doyan ngutang tapi gak doyan bayarnya? Nggak ada salahnya kalau untuk kali selanjutnya kamu membuat perjanjian yang jelas dengan temanmu yang suka ngutang tentang kapan dia akan membayarnya, daripada lupa atau ngeles melulu? Buat yang sudah dihutangi dan belum balik-balik duitnya, jangan patah semangat dalam memperjuangkan uangmu yang dipinjam ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

This species is an adventurous, curious, hilarious, fast furious, doyan churros type of person.

109 Comments

  1. Richard Lullabi berkata:

    ada ne temen gw sampe sekarang ga perna sadar, padahal doktrin agamanya kalo ninggalin utang hukumnya neraka. gw sih iklas aja

  2. Yang ada kita kehilangan teman. Bagusnya gak pa2 lah ketika kita kehilangan uang untuk kali pertama karena ia tidak bisa mengembalikan. Tetapi untuk kesempatan kedua silahkan sedekah saja dengannya. “Kamu butuhnya kan 100 ribu, tapi aku lagi krisis. Ni 10 ribu, kamu pakai saja. gak usah dikembalikan anggap saja ini pemberian” beres. Kita gak akan musuhan. Hehehe

  3. Chinta berkata:

    Alhamdulilah belom ketemu orang macem ini. Tapi ketemu orang yg super pelit ampe 2ribu aja ditagih gue pernah loh :v #gakadayangnanya

  4. Yeni Kismiawati berkata:

    Ada nih.. Mending utangny dikit. Ini ampe sejuta lbh. Tiap d tagih blgny g ada. Sampe kesel. Benci bgt sma org yg susah bayar utang. Nyusain bgt. G tau malu.

  5. Iua susah banget kalau udah ketemu orang kya gitu

  6. kalau ane kalau udah ga bisa baik2 tetep pake cara debt collector…ga peduli dia siapa..ngga bayar hutang rasanya kayak ngga dihargai..

  7. yg lebih kesel lagi hak hasil usaha berdua di begal duluan ama temen sebelum nyampe tangan kita, giliran waktu nya datang “duitnya kepake, ntar di bayar” eeeh sampe saiki gk dibayar2 padahal udah setahun lebih, mending kalo cepe dua cepe mah T_T….benci banget ama orang kayak gini nih…

  8. yah gue pernah sih. dua kali. cuman dua ratus ribu. tapi gue ambil positipnya aja. ntar kalo dia ngutang lagi tinggal gue ingetin, “yang kemarin kan belum dibayar, kalo elu dah bayar boleh utang gue lagi” tapi tiap ketemu muka dengan dia sebel banget. suer. bukan marah, sih lebih ke muak aja.

  9. Anggie Andhika berkata:

    Lihat kondisi ekonomi si penghutang juga…klo hutang buat judi atau foya foya dan negatif. .hrs disikapi tegas…jgn kasih hati … Sekalian ngajari klo cari duid itu susah…. Bilang saya gak perduli apa alasannya….ultimatum (ini klo kita tau kondisi dia seperti itu)…soalnya nanti dia makin kebiasaan ngutang…merusak pencaharian dan kerja keras dan keringat orang…jadi perlu dipertimbangkan…klo ikhlas ya kembali lagi ke personnya…ya ukur2 lagi meminjamkan dgn kebutuhan kita… Tidak salah juga toh klo kita tidak meminjamkan mereka uang….klo lagi kita butuh dan mereka gak ada gimana ? Kondisi ini yg membuat kita merasa jengkel…kesal…bahkan menyumpahi orang tsb…jadi menambah dosa aja…klo hati merasa tidak ikhlas jgn dipaksa…lebih baik berkata tidak…karena uang kita adalah hak kita bukan hak orang…bijaksana dalam meminjamkan uang….bukannya mengajari.. Tapi saya sudah mengalami berkali2 sakitnya meminjamkan uang dan bahkan tidak di bayar….klo kecil bisa kita ikhlas klo besar hutangnya…mampukah Anda bilang ikhlas…katagori kecil besar berbeda setiap orang…saranku meminjamkan uang seperti berjudi…apakah orang itu mau bayar atau tidak…bayar hutang tapi tidak sesuai waktu pelunasan. So think about that…bukan saran mutlak….pepatah mengatakan jika kamu tidak bisa mengasihi diri sendiri…bagaimana kamu bisa mengasihi orang lain… Simple khan

CLOSE