Stray Kids Duduki Peringkat 1 di Tangga Lagu Billboard Lewat Mini Album Oddinary

Grup boyband asal Korea Selatan yakni Stray Kids baru saja comeback pada hari Jumat (18/3) lalu. Stary Kids comeback dengan mini album bertajuk Oddinary. Mini album tersebut langsung mencetak prestasi di Billboard. Boyband ini baru saja memasuki Billboard 200 untuk pertama kalinya dalam sepak terjang karir mereka.

Advertisement

Billboard sendiri adalah sebuah tangga album berasal dari Amerika Serikat yang memberi rangking sebanyak 200 untuk mengukur popularitas seorang penyanyi atau grup. Seperti apa kesuksesan mini album Oddinary milik Stray Kids? Dan apa saja prestasi lainnya dari boyband asal Korea Selatan ini? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Kesuksesan mini album Oddinary di Billboard

Pada hari Senin (28/3) Stray Kids mengumumkan lewat akun Twitter resmi mereka bahwa mini album mereka yang berjudul Oddinary telah debut di nomor 1 di chart Top 200 Album paling terkenal. Stray Kids masuk peringkat mingguan album paling populer di Amerika Serikat.

Advertisement

Stray Kids  #1 on Billboard 200. Stray Kids ranked #1 on Billboard 200! We love you, STAY. (Stray Kids #1 di Billboard 200. Stray Kids ranking #1 di Billboard 200! Kami cinta kalian, STAY),” tulis akun Twitter @Stray_Kids dalam cuitannya.

Mini album Oddinary ini merupakan penanda comeback yang baru dirilis beberapa waktu yang lalu, tapi sudah mencetak prestasi yang membanggakan. Salah satu member Stray Kids yakni Bang Chan mengaku tidak percaya saat mendengar kabar  membanggakan tersebut.

Advertisement

“Kita mendengar beritanya beberapa saat lalu dan kita kayak ‘ini beneran? Ini beneran terjadi?’ Kita juga kaget banget,” seru Bang Chan dilansir dari Billboard pada hari Selasa (29/3).

Bang Chan juga menunggu reaksi orang terkait album Oddinary selama satu pekan. bagaimana pun sebagai musisi yang baru saja merilis karya terbaru membuat mereka menunggu seperti apa respons para penikmat musik. Apalagi, Stry Kids merupakan grupmusik ketiga yang berhasil masuk top chart 200 Billboard.

Pencapaian lain Stray Kids selain di Billboard

Stray Kids di Billboard.

Stray Kids di Billboard. Credit: Instagram @billboard

Selain mengukir prestasi dalam peringkat pertama di Billboard, Stary Kids menjadi artis Korea ke tiga dalam sejarah yang pernah ada di puncak tangga lagu ini. Artis K-Pop yang satu-satunya mencapai nomor 1 di Billboard 200 sampai saat ini adalah BTS dan SuperM.

Mini album Oddinary juga mencapai penjualan terbesar di Amerika Serikat dari yang dirilis oleh Stray Kids selama tahun 2022. Menurut Luminate, Oddinary berhasil memperoleh 110.000 unit album yang setara selama seminggu yang berakhir pada 24 Maret 2022.

Total tersebut terdiri dari 103.000 penjualan album tradisional, dan 6.500 unit streaming setara album (SEA) yang diterjemahkan menjadi 10,09 juta streaming audio.

Selain itu, untuk pertama kalinya Stray Kids juga memasuki United Kingdom’s Official Albums Chart dengan masing-masing Oddinary dan lagu utama Maniac. Bang Chan juga berujar prestasi Stray Kids saat ini tidak lepas dari ketertarikan masyarakat kepada Stray Kids.

“Melihat banyaknya ketertarikan yang diberikan ke musik dan album, itu menjadi alasan kita bisa sejauh ini,” tutur Bang Chan.

Bang Chan merasa bahwa ini adlaah hadiah terbesar bagi STAY (penggemar Stray Kids). Terakhir, Bang Chan berkata bahwa prestasi ini membuat Stray Kids ingin berusaha lebih baik lagi ke depannya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE