Di dunia ini, manusia mana sih yang ingin patah hati? Rasanya sudah jelas nggak enak, efeknya pun seringkali berkepanjangan — sedih, nggak semangat, bahkan hingga trauma. Perasaan seperti ini boleh saja dirasakan. Yang nggak boleh adalah membiarkan perasaan ini membawamu keterpurukan.

Patah hati bukanlah akhir dari segala hidupmu. Kalau kamu sedikit menegakkan kepalamu yang menunduk itu, kamu akan bisa melihat bahwa hidupmu masih panjang ke depan. Kamu harus move on sesegera mungkin dan mengikhlaskan masa lalumu itu.

Advertisement

Butuh teman dan semangat untuk melewati keadaan tersebut? Hipwee buatkan soundtrack nih untukmu!

1. “I’m gonna sing my way away from blue …

It’s really over, you made your stand
You got me crying, as was your plan

Lagu ini sudah jelas bertemakan patah hati. Lihat saja judulnya: I’m Gonna Find Another You. Tempo musiknya pelan dan didominasi dengan permainan gitar blues dari John Mayer. Cocoklah didengarkan untuk bergalau-galau ria.

Advertisement

Walaupun tempo musiknya cocok untuk galau, lagu ini justru bisa membuatmu sadar untuk move on. Putus cinta dan patah hati, pada awalnya, pasti akan membuatmu menangis dan bersedih karena kehilangan seseorang yang cukup berarti. Tapi, nggak lantas membuat duniamu hancur. Kamu masih memiliki dirimu sendiri. Bahagiakanlah dirimu dan kelak akan ada sosok lain yang lebih baik untuk mengisi tempat kosong di hatimu.

So go on, baby
Make your little get away
My pride will keep me company

2. “I know I’m not that strong. But it won’t take long …

Patah hati – sedih – keinginan untuk move on

Ketiga hal di atas dilukiskan dengan tepat dan indah oleh NiNa dalam lagunya bejudul Someday ini. Lagu ini bercerita tentang seorang wanita yang diputuskan cintanya. Saat ini, kesedihan memang sedang merundung dirinya tapi ia memiliki harapan-harapan untuk mengakhiri kesedihan tersebut dengan indah.

Kamu yang saat ini juga sedang patah hati, coba deh dengarkan lagu ini. Temponya lambat dan hanya diiringi oleh alunan piano saja. Yang menakjubkan adalah perasaan yang akan kamu rasakan setelah mendengarkan lagu ini. Dirimu seakan memiliki kekuatan baru untuk melewati kondisi patah hati ini.

But one day these tears
They will all run dry
I won’t have to cry
Sweet goodbye

3. “Aku takkan berhenti melangkah, ‘cause I’m moving on

Mungkin diriku pernah tersakiti

Namun diriku kini kembali

Coba nikmati indahnya dunia

Proses move on nggak selamanya terasa sulit, kok. Kalau bisa berdamai dengan rasa sakit hatimu dulu dan memulai menjalani hari dengan penuh harapan baru, move on-mu pasti akan terasa lebih mudah.

Seperti yang Andien lantunkan lewat lagunya yang berjudul Moving On ini. Ia mengakui rasa sakit hati dan kesedihan juga pernah melanda hidupnya. Namun, dengan sisa kekuatan yang ada serta keyakinan yang dimilikinya, ia bangkit dan mulai mencoba menikmati lagi dunianya.

4. “We broke up. Yeah, it’s tough …


Nggak ada satupun yang bilang bahwa patah hati itu menyenangkan. Patah hati jelas terasa berat, apalagi untuk hubungan yang telah terjalin begitu lama dan perasaan yang begitu dalam. Meskipun begitu, kamu nggak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk meratapi kepatah-hatian dirimu itu; perjalanan hidupmu harus tetap kamu lanjutkan.

Coba deh dengarkan lagunya Rascal Flatts yang berjudul Easy ini. Meskipun judulnya memiliki arti mudah, tapi Rascall Flatts mengakui bahwa move on bukanlah sesuatu yang mudah pun bukan mustahil untuk dilakukan. Kamu hanya perlu meyakini dirimu kalau hidupmu akan tetap baik-baik saja dan kamu nggak takut untuk move on serta melanjutkan perjalanan hidup yang masih panjang.

Hey, I’m doing just fine
I’m not afraid to move on

5. “Ever since you found yourself in someone else’s arms, I’ve been tryin’ my best to get along…


Kamu habis diputusin dan mantan pacarmu itu sudah punya pacar yang baru? Wah, pasti campur-campur tuh rasanya. Sedih, kesal, atau mungkin rasa kangen ingin bersama lagi. Tapi, coba lihat deh. Mantan pacarmu itu sudah berhasil move on, lho! Kamu masih mau terperangkap dalam kesedihan?

Someday I’m gonna run across your mind
Don’t worry, I’ll be fine
I’m gonna be alright

Hipwee mau menyarankan kamu untuk mendengarkan lagu berjudul You’ll Think Of Me yang dinyanyikan oleh Keith Urban. Lagu ini menceritakan pergulatan batin yang dirasakan seseorang setelah ditinggal pergi oleh kekasihnya. Sampai akhirnya, ia meyakinkan diri untuk move on dan menjalani hidupnya sendiri dengan lebih baik. Cocok banget untuk tambahan semangat buatmu.

6. “Telling me that I’m not strong baby. Hey just listen to the song cause I proved you wrong


Putus dari pacar yang selama ini kamu sayangi tapi menyia-nyiakanmu? Jelas kamu nggak perlu sedih, dong! Mengapa? Soalnya, akhirnya kamu bisa terbebas dari kondisi melelahkan tersebut.

Seperti yang Cassadee Pope nyanyikan di lagu Proved You Wrong ini, nih. Lagu ini menceritakan tentang seorang cewek yang akhirnya terbebas dari jeratan pacarnya yang nggak pernah menghargainya. Selama ini, pacarnya selalu menganggap si cewek nggak bisa hidup tanpanya. Tapi setelah putus, si cewek ingin membuktikan kalau hidupnya justru jadi lebih baik tanpa kehadiran pacarnya itu. Kamu juga harus bisa gitu, ya!

But I hey I’m breaking free just watch me walk away
Had your hooks in me but I escaped
I don’t need excuses
Done with your abuses

7. “Oh, ku tak sendiri. Pancaran sinar mentari menemani tiada henti”

Pernah ku terhanyut dalam sepi

Namun ku berani melangkah pasti

Tanpa dirimu

Sedih memang rasanya saat hubungan yang sudah sekian lama terjalin harus kandas di tengah jalan. Cita-cita dan impian hidup yang sudah disusun bersama juga turut melayang begitu saja. Hidupmu memang kembali sendiri, tetapi jangan lantas merasa sepi. Kamu punya keluarga, sahabat, dan dirimu sendiri yang nggak akan pernah pergi. Kamu pun harus berani melangkah kembali untuk menjalani kehidupan dan menjemput mimpi-mimpi lain yang sudah menunggu di depan.

Psst.. supaya langkahmu semakin terasa menyenangkan, coba dengarkan lagu Raisa berjudul Melangkah ini ya!

8. “Kita adalah sisa-sisa keikhlasan yang tak diikhlaskan”


Di saat hubungan harus berakhir, yang kamu perlukan hanyalah keikhlasan; keikhlasan untuk mengerti bahwa saat ini kalian belum ditakdirkan menjalani hari bersama.

Lagu Payung Teduh yang berjudul Kita Adalah Sisa-Sisa Keikhlasan yang Tak Diikhlaskan bisa jadi teman baik untuk menemani hidupmu dalam keadaan seperti ini. Mendengarkan lagu ini bisa membuatmu merenung bahwa tidak ada yang salah dengan harapan akan bersatu lagi di masa depan. Namun, untuk sekarang, lebih baik ikhlas pada keadaan.

Kita pernah mencoba berjuang

Berjuang terlepas dari kehampaan ini

Meski hanyalah dua cinta

Yang tak tahu entah akan dibawa kemana

Nah, itu dia 8 lagu yang bisa Hipwee rekomendasikan untuk kamu yang baru saja merasakan putus cinta atau patah hati. Ingatlah bahwa rasa sakit yang kamu rasakan itu hanya sementara. Kamu harus tetap bisa move on dan melanjutkan hidupmu di masa depan. Tetap semangat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya