Suka Duka Mudik Lebaran Naik Motor. Momen Penuh Kenangan Setiap Tahun

Salah satu tradisi Lebaran yang nggak boleh ketinggalan adalah mudik. Banyak orang berbondong-bondong kembali ke kampung halaman demi dapat berkumpul dengan sanak saudara untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama. Ada banyak cara orang untuk menuju ke kampung halaman, selain menggunakan moda transportasi umum, tak sedikit pula orang yang memilih mudik dengan mengendarai motor.

Advertisement

Dari sisi keamanan, mudik menggunakan motor dinilai lebih berisiko tinggi daripada menggunakan mobil ataupun moda transportasi umum lainnya. Namun, hal tersebut rupanya tidak menyurutkan niat beberapa orang yang untuk tetap mudik menggunakan sepeda motor. Buat kamu yang sedang mempertimbangkan mudik naik motor, simak dulu deh suka dukanya mudik naik motor ini.

1. Jumlah barang bawaan jadi lebih terbatas

Mudik naik motor

Suka duka mudik naik motor | Credit: Flickr

Minimnya jumlah barang bawaan yang dapat dibawa jadi salah satu duka jika mudik menggunakan motor. Kalau saja kamu berangkat mudik bisa meminimalisir barang bawaan, tapi ketika pulang belum tentu kamu bisa meminimalisirnya. Hal ini karena kakek dan nenek atau orang tua di kampung halaman dijamin bakal bawain kamu oleh-oleh yang jumlahnya kadang nggak kira-kira. Kalau gini kan mending naik transportasi umum, lebih aman dan semua barang pasti terbawa.

2. Risiko kecelakaan lalu lintas lebih besar

Mudik naik motor

Suka duka mudik naik motor | Credit: pxhere

Banyaknya jumlah orang yang melakukan mudik tentu saja akan membuat jalanan bakal penuh sesak. Hal ini bakal bikin kamu berebut posisi di jalanan agar kamu berada di jalan yang nyaman. Bayangkan saja, kondisi perjalanan jauh, lelah dengan barang bawaan yang banyak bisa bikin tingkat kemungkinan kamu kecelakaan akan lebih besar. Jadi, coba deh dipikirkan lagi sebelum kamu memilih mudik naik motor.

Advertisement

3. Ketika cuaca tidak mendukung bakal lebih merepotkan

Mudik naik motor

Suka duka mudik naik motor | Credit: Flickr

Salah satu hal yang tidak dapat diprediksi dan bisa mengganggu perjalanan mudikmu menggunakan motor adalah cuaca yang tidak menentu. Apalagi, ketika hujan deras datang kamu bakal lebih repot jika menggunakan motor, belum lagi kalau kondisi pinggiran jalan tidak memungkinkan untuk berteduh, kamu bakal basah kuyup di perjalanan mudikmu.

4. Mudik naik motor terkadang jadi tidak ramah anak

Mudik naik motor

Suka duka mudik naik motor

Buat kamu yang sudah mempunyai anak, apalagi masih berusia bocah, sebaiknya pikirkan berkali-kali jika ingin mengajaknya mudik naik motor. Kapasitas jumlah penumpang motor yang terbatas tentu saja perlu diperhatikan agar perjalananmu nyaman. Kalau di perjalanan tidak nyaman, anak bakal lebih mudah rewel dan perjalanan mudikmu jadi nggak enak.

5. Tapi terlepas dari semua itu, mudik naik sepeda motor bisa bebas bepergian ke mana saja

Mudik naik motor

Suka duka mudik naik motor | Credit: Foto oleh Mansoor dari Pexels

Advertisement

Salah satu keuntungan kalau kamu mudik menggunakan motor adalah kamu bisa bebas pergi ke mana saja saat sudah sampai di kota tujuan mudikmu. Sehingga, selain mudik, kamu juga bisa liburan dengan mengunjungi tempat-tempat ikonik di kota tujuan. Selain itu, kamu juga bisa dengan bebas bersilaturahmi Lebaran ke rumah sanak saudara lainnya.

Jika kamu udah terbiasa menggunakan sepeda motor untuk moda transportasi mudik selama lebaran, cobain pakai kendaraan umum sekali-kali deh. Selain mencoba pengalaman baru, kamu juga dapat turut serta meminimalisir kemacetan di jalan raya. Jangan salah, transportasi umum di Indonesia sekarang udah nyaman lo.

Nah, itu dia suka duka jika kamu memilih mudik Lebaran naik motor. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan mudik dengan menggunakan motor bila kota tujuanmu tak begitu jauh

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE