4 Alasan Supra Layak Menduduki Posisi Puncak dan Jadi Primadona di Antara Motor Lainnya

Ada ungkapan yang bilang kalau setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya. Dalam konteks kehidupan manusia, ini menunjukkan kalau nggak ada satu orang pun yang selalu berada di puncak kejayaannya sepanjang hidup. Cepat atau lambat ia bakal tergantikan bahkan dilupakan karena sosok-sosok lain yang bermunculan setiap zaman berganti.

Advertisement

Namun, ungkapan itu tampaknya nggak berlaku dalam konteks dunia motor. Inovasi mesin dan bodi motor keluaran terbaru memang jalan terus, tapi motor Supra seakan nggak terusik sama sekali oleh gempuran kecanggihan itu. Setiap sisi keunggulan motor ini nyatanya tak lekang oleh zaman dan bikin Supra layak jadi top tier mengalahkan merek motor lainnya. Kok bisa? Hipwee Hiburan merangkumnya dalam 4 alasan di bawah ini.

1. Keunggulan pertama yang nggak perlu diragukan lagi dari motor Supra adalah tingkat keiritannya

Super irit

Super irit | Credit: wahanahonda

Di tengah harga BBM yang naik, tampaknya irit jadi pertimbangan utama kalau mau beli motor atau kendaraan lainnya. Namun, jauh sebelum harga BBM semahal sekarang, Supra udah lebih dulu dipilih banyak orang karena bensinnya yang irit. Gimana nggak, kapasitas tankinya yang  nggak terlalu besar ternyata bisa cukup untuk dipakai muter keliling kota bahkan ke luar kota sekalipun. Denger-denger nih, Supra keluaran lebih baru (Supra X 125) bahkan bisa menempuh jarak 287 KM setelah isi bensin full. Kalau gini, bisa-bisa yang pakai motornya pun lupa kapan terakhir kali ngisi bensin.

2. Bodi motor Supra nggak neko-neko. Bagian jok yang datar cocok untuk ditindih barang dagangan. Mencari nafkah jadi aman lancar!

Cari nafkah lancar jaya!

Cari nafkah lancar jaya! | Credit: GridOto

Motor Supra sering dijadikan pilihan untuk mencari nafkah seperti ngojek, dagang, atau ngarit alias menyabit rumput buat makanan ternak. Bodi motor Supra terutama bagian jok-nya yang datar memudahkan banyak orang untuk mengangkut barang dagangan mereka. Coba bayangin kalau para pedagang pakai motor sport atau Satria FU. Yang ada barang dagangannya nggak bakal presisi dan rawan oleng.

Advertisement

Juga, meskipun bodi motor sport dan Satria FU terlihat gagah, nggak ada tukang ojek profesional mana pun yang mau mengorbankan kenyamanan penumpangnya dengan membiarkan mereka nungging di jok belakang. Siap-siap bintang 1 di aplikasi kalau gitu.

3. Posisi puncak klasemen, emang udah seharusnya ditempati sama motor yang tahan banting di segala medan tempur

Gas terus pantang mundur

Gas terus pantang mundur | Credit: Twitter

Para pengguna Supra mungkin nggak sadar kalau mereka udah diajarkan satu pelajaran berharga dari motor bebeknya itu untuk nggak ngejudge sesuatu dari penampilan aja. Dilihat sekilas dari bodinya, mudah banget bagi banyak orang (yang nggak tahu sepak terjang Supra) untuk meremehkan motor ini.

Advertisement

Motor ini tetap ‘bandel’ diajak melaju di wilayah perbukitan dengan kontur jalan yang menantang. Meskipun kalau jalanan mulai nanjak, harus ngegas ekstra dan bikin si Supra ngeden maksimal. Tapi akhirnya, kamu bakal tetap sampai di tujuan dengan kondisi motor yang aman-aman aja kok.

Belum lagi kalau melintasi jalanan dengan polisi tidur atau berlubang di sana-sini. Nggak perlu takut bokong jadi kram karena shock breaker-nya lentur abis bikin berasa duduk di sofa empuk. Cuman, yang dibonceng siap-siap aja pegangan ke pengemudi atau ke besi belakang jok biar nggak mental kayak naik wahana.

4. Sejatinya, pengendara Supra yang tangguh berawal dari ketahanan motor itu sendiri

Tangguh abis!

Tangguh abiz! | Credit: Twitter

Salah satu yang membuat posisi Supra di puncak jadi begitu kuat adalah ketahanan bodinya yang nggak perlu diragukan lagi. Ibarat guyonan khas HP Nokia jadul yang dilempar ke anjing, justru anjingnya yang mati. Begitupun dengan Supra. Para pengendaranya memang sejak awal nggak memanjakan motor ini. Bodi licin dan kesat nggak terlalu jadi prioritas karena toh juga nanti dipakai ke ladang, ngangkut bakul, sampai belanjaan emak dari pasar. Tergores-gores dan remuk dikit udah biasa.

Meski deretan merek motor bebek dan matic terus berdatangan, belum ada yang mampu menggeser takhta motor Supra di singgasana permotoran duniawi. Sepak terjangnya layak membuat motor ini dijadikan Lord bagi jenis-jenis motor lainnya di luar sana. Supra emang nggak ada lawan!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE