Mengharumkan nama bangsa mungkin adalah cita-cita yang ingin dimiliki setiap warga negara. Hal ini bisa dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya dengan cara membuat nama bangsa menjadi dikenal lewat prestasi internasional yang kita raih.

Salah satunya adalah ajang pencarian bakat yang seringkali dimanfaatkan orang untuk membuat nama bangsa dikenal oleh bangsa lain. Dan beberapa di antaranya ternyata benar-benar berhasil menghebohkan panggung hiburan kancah Internasional.

1. Eirine Edris Dili Astris sempat menghebohkan juri Swistzerland’s Got Talent 2015 dengan kemampuan vokalnya

Advertisement

Gadis berusia 19 tahun asal Indonesia membuat 4 juri terpukau dengan kemampuan menyanyinya dalam bahasa Italia. Mahasiswi jurusan perhotelan Les Roches Swiss ini memang nggak meraih juara, namun keikutsertaannya cukup membuat kita bangga.

2. Duo ibu-anak kompak ini mengguncang panggung Britain Got’ Talent 2016 dengan suaranya

Duet Ana (anak) dan Fia Almanda (ibu) berhasil mencuri perhatian para juri dan penontonnya dalam ajang pencarian bakat terbesar di Britania Raya. Aksi mereka membuat keempat juri berkata yes dan banyak penonton memberikan standing ovation untuk mereka. Bahkan, sang juri, Simon Cowell memberikan “3.500” yes untuk mereka.

3.Reza Ningtyas Lindh, wanita asal Indonesia yang masuk top 5 di Swish Idol 2009

Wanita berkulit eksotis yang memiliki suara merdu nan khas ini membuat heboh warga Swedia dengan berhasil melaju jauh di ajang pencarian bakat Sweden Idol. Meski nggak menjuarai kontes menyanyi tersebut namun prestasinya cukup membuat bangga.

4. Fatimah Zahratunnisa menjuarai kontes menyanyi Nodojiman The World di Jepang tahun 2015

Advertisement

Mahasiswa sastra Jepang dari Universitas Padjajaran ini menyanyikan lagu “Love Bird” dari OST. Naruto dan berhasil keluar sebagai juara satu kontes menyanyi lagu Jepang tersebut. Kontes menyanyi itu diselenggarakan oleh NTV Jepang dimana pesertanya adalah orang luar Jepang yang harus menyanyikan lagu Jepang. Wah, dia pasti pecinta anime nih.

5. Dua orang wanita berjilbab ini memenangkan kontes menyanyi bertajuk K-pop World Festival 2012

Dua wanita itu bernama Nadya Sabran dan Marwah Fauziah Amri. Keduanya merupakan mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Berawal dari kesukaannya terhadap hal berbau Korea, akhirnya dua wanita muda ini berhasil masuk 15 besar dan diundang langsung ke Korea untuk adu kemampuan dengan finalis lainnya dari berbagai negara.

Tak khayal, mereka memenangi kontes tersebut dan menggondol uang sebesar 10 juta won. Bahkan beberapa bulan setelahnya mereka diundang lagi ke Korea untuk tampil di Music Bank KBS TV bersama para Idol Korea.

6. Penyanyi “Malam Biru” ini telah menjuarai ajang pencarian bakat New Wave di Latvia tahun 2009

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Sandy Sandoro pernah mengikuti ajang pencarian bakat New Wave di Latvia pada tahun 2009. Nggak tanggung-tanggung dan sangat membanggakan, pria berusia 43 tahun itu nyaris mendapat nilai sempurna dan akhirnya menjadi juara satu pada kontes menyanyi itu. Sandy berhasil membius juri kontes penyanyi pop internasional terbesar dan terpopuler di Latvia dan Eropa Timur itu.

7. Nggak cuma dari kontes menyanyi, orang Indonesia ini membuat penonton dari negeri tetangga turut heboh dengan lawakannya

Orang ini adalah Dzawin Nur Ikram alias Dzawin. Ya, kamu para penggemar Stand Up Comedy tentu familiar dengan Juara SUCI 4 ini. Pria kelahiran Bogor ini baru kembali mengikuti kompetisi komedi bertajuk Maharaja Lawak Mega 2017 yang merupakan salah satu kompetisi komedi terbesar di negara Malaysia. Sama seperti di SUCI 4, ia kembali berhasil meraih juara ketiga.

8. Kali ini bukan musik, bukan pula komedi. Demian Aditya menghebohkan America’s Got Talent dengan trik sulapnya

Beberapa waktu lalu aksi pesulap kesayangan kita cukup menyita perhatian para juri di America’s Got Talent 2017. Demian berhasil maju dengan mendapat empat yes dari juri. Tepuk tangan penonton dan pujian dari juri membawanya lolos ke babak selanjutnya.

Ya, itulah beberapa “anak” bangsa yang secara langsung maupun nggak langsung sudah membuat heboh dunia dengan potensi yang mereka miliki. Mungkin mereka hanya beberapa dari banyak kasus–yang mana– dengan cara apapun kita bisa membuat bangsa kita diakui dunia dengan hal-hal yang kita bisa. Kalau mereka bisa, kenapa kita nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya