Ada Gambar Karakter Anime, Tanda Tangan Asli Ilustrator ini Sering Dikira Bercanda

Ketika melihat bentuk tanda tangan, yang terbersit di pikiran kita nggak jauh-jauh dari goresan  simbol berbentuk khusus dengan ciri khas tersendiri yang menggambarkan karakter seseorang. Tanda tangan orang kebanyakan biasanya terinspirasi dari inisial nama atau identitas pribadi lainnya.

Advertisement

Kalau tanda tangan dari inisial nama itu udah biasa dipakai banyak orang, gimana kalau ada tanda tangan yang bentuknya mirip dengan karakter kartun anime Jepang? Apakah kamu udah pernah melihatnya?

Twitter sempat dihebohkan dengan tanda tangan anime milik salah seorang warganet

Seorang warganet bernama Candra Dwiyanto sedang menjadi sorotan di media sosial Twitter pada Minggu (4/12) lalu. Pasalnya, tanda tangan pribadinya memiliki bentuk yang unik dan nggak lazim dipakai oleh masyarakat. Tanda tangan Candra menampilkan karakter atau ilustrasi seorang pria yang khas seperti karakter kartun Jepang atau anime.

Advertisement

Dalam foto yang beredar, Candra mengaku masih banyak orang yang mengira dirinya hanya iseng atau bercanda membuat tanda tangan seperti itu, terutama saat mengurus dokumen administrasi. Namun, bisa dilihat tanda tangan unik itu dibubuhkan di atas sejumlah dokumen resmi seperti KTP, ijazah, dan buku rekening tabungan. Sehingga, bisa dibilang tanda tangan tersebut asli.

Tanda tangan tersebut dibuat karena Candra hobi menggambar sejak kecil

Hobi menggambar

Hobi menggambar | Credit: Instagram @chancil.chan

Tanda tangan seseorang memang sering berangkat dari sesuatu yang mencerminkan pribadinya. Seperti Candra, dalam wawancaranya dengan Kompas.com, ia mengaku tanda tangan itu bisa tercipta lantaran dirinya gemar menggambar sejak kecil. Berkat hobinya itu pun ia bercita-cita ingin menjadi seorang seniman grafis. Tanda tangan itu ia jadikan sebagai pengingat yang bisa terus membakar semangatnya untuk meraih impian.

Advertisement

Kabar baiknya, angan-angan masa kecil itu beneran terwujud saat Candra dewasa. Sekarang ini ia diketahui menekuni pekerjaan sebagai graphic designer dan lebih dikenal dengan nama sapaan Chancil.

“Tanda tangan tersebut saya kira merupakan bentuk ekspresi kecintaan saya terhadap seni ilustrasi,” jelasnya, dikutip dari Kompas.com (5/12).

Karakter khas anime dalam tanda tangan yang viral di Twitter itu rupanya karakter bikinan Candra sendiri. Ia menggambarnya dalam bentuk ilustrasi manga yang lebih sederhana.

Meskipun asli, tanda tangan Candra sering dikira gurauan. Ia pun beberapa kali harus meyakinkan orang-orang sekitarnya

Tanda tangannya sering dikira gurauan

Tanda tangannya sering dikira gurauan | Credit: Facebook Candra Dwiyanto

Tanda tangan unik Candra memang berbanding terbalik dengan imej tanda tangan selama ini. Tak ayal, banyak orang yang sanksi atas keabsahannya. Apalagi ketika mengurus dokumen administrasi resmi yang membutuhkan tanda tangan sebagai bentuk identitas resmi si pemilik dokumen.

“Namun beberapa pihak terkadang mengira saya sedang bercanda saat menandatangani berkas. Mungkin kesulitannya adalah durasi tanda tangan yang membutuhkan sedikit waktu lebih, jadi agak sulit saat sedang terburu-buru,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam beberapa kesempatan Candra masih harus berusaha meyakinkan beberapa orang kalau tanda tangannya asli dan memang seunik itu. Ia akan menunjukkan tanda tangan di KTP untuk meyakinkan mereka.

“Biasanya saya menunjukkan tanda tangan di KTP saya setelah cukup sulit meyakinkan bahwa itu tanda tangan asli saya,” ungkap Candra, dikutip dari Brilio (6/12).

Selain saat mengurus administrasi, tanda tangan unik Candra nyatanya diterima dengan positif oleh orang-orang sekitarnya. Ia juga nggak berniat mengubah tanda tangan itu meskipun kerap dibilang bergurau dan tak asli. Pasalnya, ia mengaku tanda tangan tersebut sangat mencerminkan dirinya dan nggak bisa dipisahkan dari kariernya di dunia grafis.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE