Wanita memang makhluk yang sulit dipahami.

Begitulah kiranya kalau kamu, para pria, mengartikan wanita. Apalagi kalau dia adalah pacarmu. Gak ada angin, gak ada hujan, gak ada petir, tahu-tahu mood-nya berubah seketika. Sayangnya, gak semua wanita suka gamblang menceritakan apa yang sedang dirasakan. Akhirnya, kamu harus terlatih untuk peka pada apa yang ia mau.

Meski wanita itu sulit dimengerti, kamu harus ingat-ingat apa yang dibilang Bapak Mario Teguh, “Wanita itu tak pernah salah”. Termasuk juga saat wanita ngomong Terserah. Tapi kan, Terserah-nya wanita bisa berarti macam-macam? Terus gimana dong biar kita bisa peka? Daripada bingung, yuk simak poin-poin berikut!

1. Jangan buru-buru kesal sama cewekmu. ‘Terserah’ itu bisa berarti dia masih sayang sama kamu, lho!

Terserah kamu aja. Diperhatiin baik-baik malah gitu via giphy.com

Cewek: “Sayang, kamu jangan pakai ini baju dong di acara nikahan nanti.”

Cowok: “Kenapa sih emangnya? Ini kan baju mahal, nyaman lagi dipake.”

Cewek: “Terserah kamu ajalah! Dikasitau baik-baik, malah kayak gitu…”

Advertisement

Artinya: “Aku masih peduli sama penampilan kamu, supaya kamu gak malu sendiri nanti. Makasih dulu, kek!”

2. Rada kontras sama poin pertama. Kalau kamu udah kebangetan, kata ‘terserah’ bisa jadi dia udah gak peduli.

Udah lah via giphy.com

Cewek: “Sayang, udah aku bilang jangan ganggu aku pas kerja. Ini aku lagi rapat.

Kenapa sih masih ngeyel aja?”

Cowok: “Tapi aku kangen banget sama kamu.”

Cewek: “Ya, terserah.”

*sambungan telepon diputus aja tiba-tiba*

Artinya: “Lo mau gue putusin tiba-tiba kayak telepon?!”

Kamu gak mau kan hubungan cintamu diputus gitu aja, kayak hubungan teleponmu? Udah deh, ikutin aja maunya dia! Daripada nanti kenapa-napa? Salahnya juga dikasih tahu berkali-kali gak dengerin juga?

3. Kalau sudah mengenai pilihan, ‘terserah’ bisa beda arti lagi. Cewek kamu mungkin lagi bingung atau gak ada ide.

Aku gak ada ide via giphy.com

Cowok: “Neng, liburan nanti mau ke mana?”

Cewek: “Eneng mah terserah Abang aja.”

Cowok: “Kok terserah sih? Sebut nama lah!”

Cewek: “Mmmmm…..”

(20 menit kemudian)

Cowok: “Jadi mau ke mana?”

Cewek: “Mmmmm…… Terserah”

Artinya: “Ya, kamu dong yang nentuin! Kan kamu yang bakal bayar…”

Daripada kelamaan, buruan aja kamu yang sebut satu tempat tujuan.

4. Tak selamanya ‘terserah’ jadi kata yang konotasinya negatif. Rasa senang kadang bisa bikin gelagapan dan gak tahu mau jawab apa.

Terserah. Aku ikut aja sih via giphy.com

Cowok: “Selamat pagi, pujaanku. Ini aku bawain bunga buat kamu.”

Cewek: “Waaa… Makasih, ya!”

Cowok: “Kamu mau kuajak jalan-jalan ke mana hari ini?”

Cewek: “Hmmm… Ke mana ya? Terserah kamu aja, deh!”

Artinya: “Kalau tiap hari dibawain bunga, kemana aja adek mau, Mz…”

Kalau kamu habis kasih kejutan atau pujian terus reaksinya tersipu dan merasa kesenangan, itu berarti kamu sukses. Dijamin dia bakal bingung jawab pertanyaan yang kamu sampaikan setelahnya. Soalnya, setengah nyawanya masih ada di atas awan-awan.

5. Sebenarnya saat kamu menawarkan suatu hal padanya, kadang ia punya harapan yang lebih dari apa yang kamu tawarkan. Ya, dijawabnya pakai ‘terserah’ juga.

Terserah, tapi… via giphy.com

Cowok: “Jadi, kamu mau aku beliin tiket kereta yang mana? Yang bisnis gimana?”

Cewek: “Yaaaa, terserah.”

Artinya: “Eksekutif-lah! Kalau bisa tiket pesawat sekalian.”

Kalau buat cewek, jangan tanggung-tanggung ya, sob! Yang bagus sekalian, hehehe…. *maunya*

6. Di balik kata ‘terserah’, kadang cewek juga menyelipkan sebuah kekhawatiran.

Ah gak apa-apa kok via giphy.com

Cewek: “Terserah kamu mau nyamperin aku atau enggak. Tapi aku gak papa kok. Serius!”

Cowok: “Gak, ah! Aku tetep jemput kamu ya?”

Cewek: “Yakin? Ya, terserah. Ini hujan, lho! Nanti sakitmu kumat lagi.”

Maksudnya: “Entar kalau sakit jangan merengek-rengek ke gue ya…”

Dalam keadaan seperti itu, sebenarnya si cewek pengen dijemput dari kampus/kantornya. Tapi dia juga tetap menimbang-nimbang kesehatan kamu yang belum stabil betul. Nah, kurang apa sih cewek? Meski selalu benar, dia tetap perhatian sama kamu.

7. Cewek kan PMS saban bulan. Bisa jadi kata terserahnya berarti dia lagi malas atau gak mood.

Gak tau deh. Terserah kamu aja via giphy.com

Cowok: “Jadi pilih yang mana nih?”

Cewek: “Gak tau, ah. Terserah kamu aja.”

Cowok: “Oke, yang ini aja. Gak apa-apa kan?”

Cewek: “Gak apa-apa…”

Makna yang tersirat: “Dari tadi kek! Kan bisa pulang lebih cepet…”

Kalau udah kayak gini, jangan kebanyakan tanya atau berisik ya! Gak mau kan tiba-tiba denger singa mengaum di siang bolong?

8. Kata terserah juga bisa berarti dia lagi mengejek kamu. Jadikan kesempatan ini buat guyonan aja!

Terserah loe mau bilang apa. Gue tetep oke! via giphy.com

Cowok: “Ah, kamu gitu kan? Gak mau bantuin aku bikin PR.”

Cewek: “Terserah! Yang penting kan aku udah ingetin jauh-jauh hari.”

Dengan kata lain: “I told you…”

Gak usah dianggep serius kalau dia bilang kayak gitu. Dibecandain aja, sih.

9. Ketika cewek bilang terserah, tujuannya mulia juga lho. Dia gak mau dibilang egois cuma karena memaksakan keinginannya.

Biar gak egois via dainteresdit.ge

Meski selalu benar, cewek gak lantas kejam lho! Dia juga mikirin perasaan kamu. Dia gak mau kamu berkorban terlalu banyak karena demi dia.

10. Selalu menentukan itu juga bisa bikin cewek bosan. Karenanya, ‘terserah’ adalah ungkapan sederhana agar kaum pria punya kesempatan untuk mikir.

Sekali-kali mikir juga dong via giphy.com

Sekali-kali jangan cewekmu terus dong yang memutuskan kalian akan ke mana dan makan apa. Soalnya memutuskan hal-hal tersebut juga gak gampang, lho! Barangkali kamu punya rekomendasi tempat yang asik dan seru, jangan segan-segan kamu mengajaknya ke sana.

11. Kata ‘terserah’ juga digunakan sebagai kekuatan untuk menguji kamu. Barangkali aja ada kebiasaan yang sudah kamu lupa dari si cewek.

Hmmm, dia hapal gak ya? via giphy.com

Cowok: “Sayang, kamu mau dibeliin jajanan apa?”

Cewek: “Terserah. Masak kamu gak hapal juga sama jajanan favorit aku?”

Kalian udah kenal/jalan berapa lama sih? Masak kamu gak hapal juga sama kebiasaan cewekmu?

11. Kalau si cewek sedang diminta keputusannya, dia suka takut nantinya bisa kecewa. Kata ‘terserah’ bisa bermaksud: aku gak mau ambil resiko.

Tar kalo gini, resikonya gitu via giphy.com

“Daripada gue ngajak dia makan di rooftop cafe, terus ujungnya gak enak dan kehujanan, mending jawab terserah aja deh.”

12. Soal mau makan ke mana, barangkali cewek kamu memang mau makan di Terserah.

Mungkin dia memang ingin makan Soto Sembarang di Warung Terserah

“Say, aku mau makan soto sembarang.”

13. “Terserah kamu mau ajak makan di mana. Bujet kamu berapa? Sesuain aja sama bujetmu berapa. Yang penting jangan makan di emperan.”

Terserah kamu deh via giphy.com

Jikalau semua poin-poin di atas gak ngena juga dalam situasi berpacaranmu, barangkali inilah makna kata ‘terserah’ yang dimaksud cewekmu. Terserah adalah saat kamu dan dia mau makan di luar, lalu kamu berniat untuk membayarnya. Karena dia masih perduli sama kamu, dia kasih kebebasan buat kamu memilih tempat makan sesuai budget. Tapi… Tapi… Ingat ya, kalau bisa jangan di emperan jalan. Yang nyaman dikitan lah buat ngobrol!

Masih bingung juga sama makna terserah yang dilontarkan cewekmu? Yah, namanya juga cewek! Kalau gak bikin kamu bingung, bukan cewek namanya! Ingat ya, cewek selalu benar. Hehehehe…