Bagi kita, media sosial (medsos) mungkin menjadi bagian dari sesuatu yang nggak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Rasanya, kalau nggak scrolling medsos, ada yang kurang di kehidupan kita. Medsos memang menarik perhatian banyak orang. Fungsinya yang mewadahi kebutuhan komunikasi, informasi, edukasi, dan lain sebagainya, membuat peselancar di dunia maya aktif di berbagai platform.

Tapi ibarat sisi mata uang, media sosial memiliki sisi positif dan negatif. Banyak berita bohong alias hoaks, ujaran kebencian, pencemaran nama baik, dan sejenisnya, mungkin jadi “makanan” sehari-hari pengguna media sosial. Tapi nggak semua dipenuhi dengan itu. Sebagian orang justru menggunakan media sosial untuk melakukan hal-hal baik dan positif. Seperti salah satu cerita yang mengharukan ini.

Seorang ibu awalnya mengunggah cerita sedihnya tentang sang putra yang berulang tahun, tapi nggak ada satu pun tamu undangan yang hadir

nggak ada yang datang di pesta ulang tahunnya via www.facebook.com

Advertisement

“Tujuan pertama kita adalah membantu anak ini. Ibunya memposting (di grup tertutup) kalau anaknya menderita autis, dan dia mengadakan acara ulang tahun, tapi tidak seorang pun yang datang. Oleh karena itu misi kita adalah menjadikan ulang tahunnya kali ini adalah yang terbaik yang pernah ada. Saya meminta siapapun untuk mengiriminya kartu ucapan, surat, hadiah, atau apapun yang kalian mampu. Saya melakukan ini demi McKenna. Jadi, jika kamu tertarik untuk bergabung, kirimi saya pesan, dan saya akan mengirimkan alamatnya…”

Begitulah ajakan dari pemilik fanspage bernama “Kenna’s Angels” setelah membaca sebuah postingan dari seorang ibu. Ibu tersebut menceritakan kalau anaknya yang menyandang autis mengadakan pesta ulang tahun. Sang anak yang bernama Kevin pun mengundang teman-temannya untuk hadir di perayaan ulang tahunnya. Tapi, lebih satu jam berlalu, nggak ada satu pun temannya yang muncul. Sang ibu pun mengabadikan potret anaknya yang duduk sendirian di tempat parkir sembari berharap ada temannya yang hadir. 🙁

“Kenna’s Angels” pun berinisiatif untuk menghibur Kevin. Dia meminta agar warganet mengirimkan kartu ucapan, kado, atau apa pun agar ulang tahunnya terasa berbeda kali ini

the power of social media via www.facebook.com

Setelah mengunggah cerita menyedihkan tersebut, puluhan atau mungkin ratusan orang dari berbagai daerah pun mencoba mewujudkan itu. Nggak sedikit orang mengirimi Kevin sejumlah kartu ucapan, surat, mainan, hingga uang untuk menghibur hati Kevin yang pasti kecewa dengan pesta ulang tahunnya yang gagal itu.

Advertisement

Warganet yang berpartisipasi dalam misi ini pun memperlihatkan surat atau hadiah yang akan mereka kirimkan untuk Kevin. Mereka merasa sangat tersentuh dengan kejadian ini dan berharap bisa menghapus kenangan sedih tersebut.

Dan beginilah reaksi Kevin saat menerima banyak hadiah dari orang yang nggak dikenal atau dia undang ke pesta ulang tahunnya. Bikin haru nggak sih?

Kevin's reaction, day 2!!! 💓💓

Posted by Kenna's Angels on Thursday, 13 September 2018

Bagi kita mungkin surat atau kartu ucapan selamat itu hanya sebuah hal yang sepele. Tapi lihatlah reaksi Kevin saat menerima hadiah ulang tahunnya itu. Dia sangat bersemangat membuka kiriman dari warganet dan berkali-kali terkejut dengan isi kado tersebut. Apalagi ketika hal itu berhubungan dengan Pokemon (karena Kevin sangat menyukai Pokemon).

Ya, sesederhana ini aksi kita untuk mewujudkan ulang tahun seorang bocah menjadi ulang tahun terbaik sepanjang masa! Hingga kini, kado-kado tersebut masih berdatangan dan Kevin merasa bahagia dengan apa yang diterimanya.

Agak aneh memang rasanya ketika hubungan di dunia maya lebih berarti dibanding di dunia nyata. Ketika kita mengharapkan kehadiran secara real orang-orang ini, mereka justru nggak hadir. Malah, orang yang sama sekali nggak kita kenal dan kita undang, justru berpartisipasi untuk menghargai dan membuat kita bahagia. Semoga media sosial sering digunakan untuk hal-hal bermanfaat kayak gini, ya! Jangan lupa berpartisipasi semampumu. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya