4 Alasan Kenapa Anak Kecil Nggak Perlu Dikasih THR Saat Lebaran, Apalagi Banyak-Banyak. Tuman!

THR saat lebaran

Bagi-bagi duit alias THR di momen lebaran setelah sebulan penuh menjalankan puasa memang udah menjadi tradisi unik yang dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi para bocil alias bocah-bocah kecil untuk ikutan silaturahmi ke rumah tetangga maupun saudara demi mendapat THR dari rumah satu ke rumah lainnya. Ya, nggak dimungkiri lagi sih kalau momen lebaran menjadi waktu-waktu paling membahagiakan bagi para bocah karena bisa mendadak jadi kaya raya.

Advertisement

Padahal, kalau dipikir-pikir mah kita-kita yang udah gede ini juga lebih butuh duit lo, apalagi saat lebaran kayak gini. Tapi ya begitulah faktanya, alih-alih dikasih duit sama para orang tua, yang ada kita juga disuruh ikutan ngasih bocil-bocil ini uang THR. Kesel sih kesel, tapi ya mau gimana lagi memang tradisinya udah begini. Berikut adalah alasan kenapa anak kecil nggak perlu dikasih THR saat lebaran, apalagi banyak-banyak!

1. Paling-paling duitnya cuma buat beli jajanan sama mercon, boro-boro masuk ke celengan

Ilustrasi mercon / Credit: Detik via news.detik.com

Namanya juga bocah, keinginan untuk beli berbagai macam benda yang bermanfaat jelas aja beda sama kita. Jangankan kepikiran untuk nabung sekolah dan semacamnya, lha wong biasanya setelah dikasih duit pasti langsung kepikiran nantinya duit tersebut mau dipakai buat apa kok. Buktikan aja sendiri, paling-paling sih duit THR hasil pemberian sauadara atau tetangga ujung-ujungnya cuma buat beli jajanan, mercon, sama mainan. Kalau kamu lihat ada semakin banyak bocah-bocah mainan mercon setelah momen lebaran dibandingkan saat puasa, ya itu biasanya duitnya hasil malakin saudara-sudaranya. Hih!

2. Itu masih mending kalau dia sendiri bisa beli-beli. Seringnya dikibulin emaknya disuruh nitip duitnya dulu

Ilustrasi calon dikibulin / Credit: Cuinsight via www.cuinsight.com

Meskipun terkesannya ngeselin banget kalau cuma buat beli jajan, mercon, sama mainan, itu termasuk masih mending karena bocah-bocah tersebut bisa menggunakan sendiri uang THR hasil palakan mereka dengan. Pasalnya, yang udah-udah sih para bocah ini bakal diakalin sama emaknya sendiri buat nitipin duit dengan alasan biar lebih aman dan nggak boros. Nanti ujung-ujungnya ya si emak sendiri tuh yang bakalan dapat duit THR. Makmur bener, Mak! 🙁

Advertisement

3. Kebanyakan bocil kalau dikasih duit tuman, besoknya dateng lagi sama anggota keluarga yang lain, udah gitu bawa teman lebih banyak

Ilustrasi bagi-bagi THR / Credit: Regional Kompas via regional.kompas.com

Udah tipikal bocah cilik sih kalau dikasih sesuatu yang menurut mereka bikin seneng bakalan langsung tuman banget. Kocaknya lagi, kelakuan-kelakuan kayak gini tuh nggak bisa kita prediksi secara benar lo. Hari ini udah dikasih THR karena datang bareng sama ibu dan bapaknya, eh besoknya datang lagi tuh sama rombongan tante atau saudaranya yang lain. Dikira kita-kita ini nggak sadar apa, ya? Udah gitu terkadang bawa pasukan lebih banyak pula, bikin tekor.

4. Kebutuhan bocil kalau dibandingkan dengan anak-anak sekolah mah udah pasti bedanya jauh. Harusnya yang gede dapat THR lebih banyak dong~

Ilustrasi momen lebaran / Credit: Germancentre via www.germancentre.co.id

Cuma di Indonesia aja nih kayaknya yang kalau momen lebaran jadi ajang sumber kekayaan para bocil. Padahal kalau dipikir-pikir yang namanya kebutuhan bocah dibandingkan dengan kebutuhan orang dewasa udah pasti beda jauh banget, kan? Apalagi kita-kita yang udah sekolah atau kuliah, uang saku bulanan dari orang tua aja terkadang udah cepat habisnya cuma sekedar buat fotokopi. Harusnya para sesepuh yang berniat ngasih THR ini mikir kesejahteraan yang lebih gede juga dong, yakali bocil-bocil kebutuhannya belum seberapa tapi dapatnya malah lebih banyak. Hmmmmm~

Ngeselin banget sih memang, tapi mau gimana lagi kalau namanya udah tradisi. Para orang tua pun kayaknya juga punya alasan tersendiri sih, kenapa mereka lebih milih ngasih duit ke bocil dibandingkan sama kita. Walaupun terkadang alasannya terkesan nggak masuk akal buat kita sih. Tapi, ada juga kok orang-orang atau keluarga yang lebih memilih ngasih duit THR ke anak-anak sekolahan atau kuliahan dibandingkan ngasih ke rombongan bocil. Pokoknya yang begini nih yang ditunggu-tunggu!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE