7 Tipe Anak Kos yang Sering Dijumpai. Ada-ada Aja Kelakuannya~

Ngomongin kehidupan anak kos, biasanya anak rumahan yang tak punya kesempatan merantau merasa ini. Maklum, masih banyak orang yang mengira kalau menjadi anak kos itu menyenangkan. Mengapa? Anak kos pasti lebih bebas dalam menjalani keseharian. Nggak ada tuh yang namanya harus pulang sebelum jam 8 malam sesuai titah orang tua, kecuali kalau kosnya punya aturan jam malam, ya. Itu lain cerita lagi~

Advertisement

Sayangnya nih, ngekos bukan cuma tentang hidup mandiri dan bebas, lantas merasa lebih bahagia sepenuhnya. Hidup di kos juga berarti kamu akan menemukan drama-drama yang melelahkan, apalagi setiap anak kos punya karakter masing-masing yang pasti agak menjengkelkan. Nah, di setiap kos, biasanya selalu ada 7 tipe anak kos ini. Apa saja? Simak, yuk~

1. Si misterius yang jarang menyapa dan suka melakukan apa pun sendirian

Tipe Anak Kos Misterius

Anak yang misterius | Photo by John Diez

Tipe anak kos ini kayaknya selalau ada deh. Coba perhatikan teman-teman kosmu, pasti ada yang tipikal pendiam. Biasanya sih, doi juga jarang menyapa anak kos lain. Ini tipe individualis banget pokoknya, bahkan dia sering melakukan aktivitas sendirian, seperti membeli makan. Dia jarang keluar kamar, tapi tahu-tahu udah pulang kos aja. Setelah itu, dia nggak terlihat keluar kamar sama sekali.

Karakternya memang misterius dan mungkin agak bikin merinding, tapi tipe anak kos ini nggak menggangu kok. Karena cuek dan menyukai ketenangan, dia hampir jarang berkonflik dengan anak lainnya. Cinta damai~

Advertisement

2. Si paling ngatur nih. Tipe anak kos yang sebenarnya dibutuhkan, tapi agak menjengkelkan

Tipe Anak Kos Bossy

Si tukang ngatur | Photo by Polina Zimmerman on Pexels

Kalau tipe satu ini hampir selalu ada di setiap sirkel pertemanan, termasuk di lingkaran anak kos. Mau kos cewek atau kos cowok, selalu ada aja tipe yang suka ngatur. Tipe anak kos seperti ini cukup menguntungkan karena dia bisa mengoordinir dan menginisiasi sesuatu yang positif di kos. Namun, namanya manusia nggak ada yang sempurna. Tipe ini juga menjengkelkan.

Karena punya dorongan untuk mengatur hal ini dan hal itu, tanpa sadar dia malah kelewatan dan terlihat arogan. Bisa jadi dia sering melarang anak kos dan bertindak sesuka hati. Makanya, tipe anak kos seperti ini sering kali disukai, tapi juga dihindari.

3. Si tukang bersih-bersih yang dicintai sama semua anak kos nih

Si Tukang Bersih-Bersih

Bersih-bersih terus | Photo by cottonbro on Pexels

Advertisement

Anak kos yang jago bersih-bersih juga ada, lo. Nggak suka melihat sesuatu yang kotor, jiwa ingin membersihkannya pasti muncul. Kalau ada tumpukan piring kotor, dia pasti langsung mencucinya meski itu bukan piringnya. Ada kaca berdebu sedikit, dia langsung bergegas ambil kain lap. Ada sampah di depan kamar anak kos lain, sudah pasti dia bakal membuangnya.

Kalau masuk ke kamarnya, dijamin nggak ada tumpukan baju. Semuanya serba tertata rapi dan bersih. Aroma kamaranya pun selalu wangi. Nggak heran anak kos lain betah ‘numpang’ di kamar dia.

4. Si berisik yang tiba-tiba nyetel musik kencang-kencang di pagi atau malam hari. Duh!

Tipe Anak Kos

Si berisik | Photo by
Sora Shimazaki on Pexels

Satu kos sama anak tipe ini sih rasanya nggak tenang. Dia memang punya pembawaan yang supel dan ramah ke semua orang. Selain itu, dia juga suka banget ngobrol. Namun, yang bikin kesal adalah dia lumayan berisik. Entah tiba-tiba memutar musik dengan volume tinggi di pagi atau malam hari, ngobrol bareng teman nggak kenal waktu, sampai menyanyi dengan percaya diri meski suara fals. Terbayang, kan, bagaimana risihnya jika kamar dia dan kamarmu sebelahan?

5. Si paling jorok dan pemalas yang membuat orang lain ikut kena imbas kebiasaan buruknya

Tipe Anak Kos

Kebiasaan jorok nih | Photo by Wallace Chuck on Pexels

Hidup di kos artinya kamu juga harus punya kemampuan hidup bertetangga. Salah satunya, kamu mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar biar orang lain juga tetap nyaman. Lantas, bagaimana jadinya kalau kamu malaj seperti si anak paling jorok dan pemalas?

Ini beberapa kebiasaan si paling jorong yang merugikan orang lain juga:

  • Nggak menyiram toilet sehabisa dipakai
  • Meninggalkan sampah di depan kamar anak kos lain
  • Menaruh piring kotor di wastefel
  • Jarang buang sampah sampai akhirnya bikin satu kos bau busuk

6. Si paling pendiam yang diam-diam mengambil makanan di kulkas atau baju di jemuran. Hadeh~

Tipe Anak Kos

Jangan ditiru, ya | Photo by
Andrea Piacquadio on Pexels

Salah satu tipe anak kos yang menyebalkan sekaligus merugikan nih. Bagaimana nggak, SoHip? Tipe anak seperti ini hampir selalu sulit dideteksi, tapi selalu ada di tiap kos. Dia terbilang lihai menjalankan aksinya. Ketika anak kos lain lengah, dia beraksi mengambil makanan dan minuman milik orang lain di kulkas bersama. Di waktu yang lain, diam-diam dia sudah mengambil baju milik anak kos lain di jemuran. Ckckck~

7. Si ramah kesayangan penjaga kos, satpam kos, sampai pemilik kos. Idaman abis!

Si Paling Ramah

Si kesayangan pemilik kos | Photo by
Askar Abayev on Pexels

Kalau tipe anak kos yang ini mungkin nggak terlalu terkenal di kalangan anak kos lainnya. Namun, popularitasnya cukup tinggi di mata penjaga kos, satpam kos, atau pemilik kos. Biasanya, tipe-tipe ini bisa dibilang tangan kanan pemilik kos. Ibartanya, semua pintu informasi dari pemilik kos keluar lewat anak kesayangan ini. Wih~

Itu dia beberapa tipe anak kos yang sering dijumpai. Kamu paling sering bertemu tipe anak kos yang mana? Oh, ya, kamu sendiri termasuk tipe anak kos yang mana?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE