Media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, dan sekarang Instagram adalah alat yang cukup efektif untuk menyalurkan aspirasimu tentang topik yang menarik perhatian. Cukup dengan mengetik di HP atau laptop, perasaanmu akan bisa didengar seluruh dunia. Kamu pun bisa mengekspresikan apa saja: mulai dari rasa suka, bangga, dukungan, kritik — bahkan tak jarang juga cercaan.

Salah satu cara yang banyak ditempuh untuk mengungkapkan isi hati adalah dengan berkomentar. Nah, beragamnya komentar yang ditinggalkan para pengguna Instagram kali ini mendorong Hipwee melakukan klasifikasi terhadap sifat dan karakteristik mereka. Hei kamu yang sering main Instagram, kira-kira kamu termasuk yang mana?

1. Instagram membuat kata “pemuja rahasia” tak lagi ada. Di Instagram, semua orang jadi pemuja garis keras!

Fans mendarah daging

Fans mendarah daging via rakanews.com

Advertisement

Memang ketika kita mengidolakan seseorang, orang tersebut akan kelihatan luar biasa. Dalam hati kita bisa saja berpikir:

Cuma dia yang keren di mata gue!

Dulu kita masih mengenal yang namanya “pemuja rahasia” — alias seseorang yang menyukai orang lain dalam diam, doa, surat, dan hadiah-hadiah tanpa nama. Namun Instagram akhirnya menghapus eksistensi pemuja jenis ini. Di Instagram, hampir semua penggemar yang meninggalkan komentar di laman artis idolanya adalah pemuja garis keras. Tak hanya memberikan pujian pada idolanya dengan bubuhan imbuhan “ter-” (tercantik, terkuat, dll.), mereka juga bisa sampai ngelamar idolanya di Instagram. Hehe…

Advertisement

Sebenarnya ini adalah hal yang manusiawi dan gak salah sama sekali. Selama dukungan tersebut diberikan dan diungkapkan secara positif, kenapa enggak ‘kan?

2. Instagram nggak hanya memberikan ruang bagi pemuja, tapi juga mereka yang cinta artis terkenal. Kalau si artis nikah, patah hatinya bisa sampai mati… 🙁

Ah, Bang Nico...

Ah, Bang Nico… via www.kapanlagi.com

Bisa dibilang Nicholas Saputra adalah sosok artis ganteng yang kegantengannya disukai oleh banyak orang dari segala lapisan masyarakat. Lewat aktingnya yang ciamik di Film “Ada Apa Dengan Cinta”, “Gie”, sampai yang terakhir “Pendekar Tongkat Emas”, sosok Nico berhasil membius banyak kaum hawa. Jadi gak heran kalau gak sedikit perempuan yang tergila-gila dan bisa sakit hati berat kalau akhirnya mas ganteng satu ini nantinya nikah. Gak percaya? Coba tanya mbak-mbak di atas yang komen itu deh!

3. Ada juga komentator yang nggak fokus, karena mungkin dia lelah…

Jadi niatnya mau nyium yang mana mbak?

Jadi niatnya mau nyium yang mana mbak? via www.hipwee.com

Lah, gimana sih Sizt, anjingnya yang lucu kok yang pengen lau cium pemiliknya? Jadi keputusannya apa nih, mau cium anjingnya apa yang punya? Putusin dari sekarang mumpung belum terlambat! #HipweeMintaPenjelasan

4. Beberapa orang termasuk tipe visioner. Bagi mereka, artis bukanlah cuma wajah cantik dan ganteng, tapi juga aset dan kekayaan negara.

Mampu melihat yang (belum) terlihat

Mampu melihat yang (belum) terlihat via fadilamalia-upuk.blogspot.com

Kalian tahu dong yang namanya Raline Shah? Gak cuma cowok saja yang banyak dibikin kagum sama artis yang bisa dibilang ‘paket-lengkap’ ini, cewek-cewek pun gak sedikit yang mengakui kalau Raline idola yang pantas dicontoh. Tapi ternyata ada orang yang tidak hanya melihat dia sebagai artis yang pantas dieluk-elukan loh. Orang ini juga mampu melihat sesuatu yang orang lain gak lihat: Raline Shah sebagai sumber daya Indonesia. Maka dari itu, Hipwee memasukkan orang ini ke tipe visioner!

5. Salah satu tipe paling oke adalah Tipe Lidah Ular. Ngomongnya nggak pernah keras-keras, tapi setiap katanya berbisa~

Miss maju-mundur

Miss maju-mundur via www.viglee.com

Apakah kamu termasuk tipe orang yang jarang komentar, tapi sekali komentar langsung jleb bagi yang dengar? Mungkin kamu pantas dapat julukan Tipe Lidah Ular. Orang yang seperti ini punya karakteristik jujur, ceplas-ceplos, apa adanya… Baginya komentar gak perlu panjang-panjang tapi langsung saja ke intinya. Orang lain pun nggak bisa marah ke mereka, karena sebenarnya, yang mereka sampaikan itu kenyataan.

6. Mungkin kamu Pujangga. Foto artis yang biasa-biasa saja bisa membuatmu “Luluh lantak keras tak beraturan, menari dalam kemerlapnya cahaya…”

Pevita pearce bikin orang jadi puitis

Pevita pearce bikin orang jadi puitis via www.gopixpic.com

Hai Mas, Hipwee mau dong diromantisin kaya Pevita Pearce!!!! Awwwww!!!!

(Nggak ding. Bercanda. Udahlah Mas, nggak usah lebaaaay…. Itu tuh cuma foto Pevita pake kaos kaleee… )

7. “Kak, tau gak sih tiap malem gue berdoa buat jodoh elo.” Ini nih Tipe Mak Comblang!

Pasangan hits 2014...

Pasangan hits 2014… via www.kapanlagi.com

Pasti dalam sejarah hidup kamu pernah deh punya teman yang perduli banget sama hubungan orang lain. Dia bersedia jadi ‘perantara’ supaya pasangan yang dianggap potensial bisa jadian beneran. Bahkan nih biasanya orang-orang kayak gini malah susah dapat pacar karena dia terlalu care sama cinta manusia lain.

8. Instagram juga surganya mereka yang Tipe Optimis! Meski nggak kenal, mereka optimis banget bisa nikahin orang yang mereka kuntit di Instagram!

Bukan artis tapi fansnya segambreng...

Bukan artis tapi fansnya segambreng… via ootdindo.com

Setuju gak sih kalau orang Indonesia itu paling epic kalau sudah komen tentang suatu hal? Contohnya kayak komen yang satu ini. Hipwee menduga sih kalau mereka belum kenal sama calon imamnya. Tapi, hal tersebut tak lantas menyurutkan rasa percaya diri mereka. Gitu dong say, Hipwee bangga! Pertahankan ya!

9. Tapi ada juga yang termasuk Tipe Rendah Diri. “Daku hanya sebatas tetesan minyak rem angkot…”

Artis cantik Indonesia sepanjang masa. Setuju?

Artis cantik Indonesia sepanjang masa. Setuju? via www.kaskus.co.id

Komentar ini Hipwee dapatkan di Instagram Dian Sastro. Ya memang sih, kalau soal kecantikan, Mbak Dian memang susah banget disaingin. Buktinya sampai ada orang yang merasa cuma sebatas rem angkot seandainya dibandingkan sama pemeran Cinta tersebut. Tapi harusnya kamu bisa lebih percaya diri, tiap orang punya kelebihan dan kekurangan sendiri ya kan?

10. Ada juga lho yang jadi pelamar kerja! Instagram tuh buat liat cewek cantik sama foto makanan woy, bukan buat nyari kerjaan!

Yeeiy Raisa kalau konser sekarang mau pakai dancer...

Yeeiy Raisa kalau konser sekarang mau pakai dancer… via www.gopixpic.com

Memangnya Raisa kalau nyanyi pakai dancer ya? Kasih info dong… Gue juga pengen ngelamar soalnya! :pp

11. Tipe terakhir, dan yang paling nyebelin? Tipe Pedagang Terselubung! Yang lain ngomentarin apa, eh dia nawarin obat jerawat~~

Instagram artis jadi lapak dagangan

Instagram artis jadi lapak dagangan via www.stereosnapid.com

Tipe ke-11 adalah tipe pedagang terselubung. Tipe kayak gini nih yang sering keliaran di Instagram artis-artis. Walaupun di awal kalimat dia bakal ngomongin sesuatu yang sesuai topik, ujung-ujungnya dia bakal nawarin sesutau yang gak nyambung sama sekali: kayak nawarin obat jerawat atau undangan kawinan.

Ini cara marketing yang sebenarnya kontroversial, karena bikin percakapan di kolom komentar gak nyambung, dan pastinya ganggu si artis. Semua orang mau sukses, Hipwee tahu. Tapi balik lagi sih, bukankah tujuan utama media sosial itu untuk bersosialisasi, bukan buat dagang? Apalagi kalau sampai spamming di akun IG orang… 😐

Itu tadi 11 tipe jati diri orang yang Hipwee temukan setelah menelusuri berbagai komentar di Instagram. Ada yang lucu, aneh, gak masuk akal, tapi ada juga yang kreatif! Jangan marah atau merasa tersindir ya, ini cuma lucu-lucuan kok! Nah, kamu termasuk tipe yang mana? :”)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya