Tipe-tipe K-Popers, Mulai Sekedar Suka Hingga Rela Nggak Tidur Demi Pecahkan Teori Comeback Bias

Tipe-tipe K-Popers

Berbicara tentang musik tak lengkap rasanya kalau tidak ikut serta membawa K-Pop group baik boyband maupun girlband. K-Pop sekarang memiliki eksistensi yang lebih kuat secara internasional, begitu juga di Indonesia. Bahkan kini melihat idol Korea di siaran televisi Indonesia pun sudah biasa. Idol K-Pop bisa terkenal tentunya tidak lepas dari peran penggemarnya, atau secara umum disebut dengan K-Popers. Kalau dirincikan lagi, K-Popers ini biasanya masuk ke dalam salah satu fandom atau kelompok penggemar dari idol group.

Advertisement

Setelah memutuskan fandom mana yang disukai biasanya K-Popers ini juga akan memiliki bias yakni anggota terfavorit dari group tersebut. Di balik solidaritas sebuah fandom tentunya terdapat banyak penggemar atau fans yang tergabung di dalamnya. Ternyata di dalam fandom kita juga bisa mengidentifikasikan beberapa tipe fans sesuai dengan tingkah lakuknya dalam mendukung idola. Yuk langsung kita simak daftar tipe-tipe fans group idola di bawah ini:

1. Fans bermodalkan cinta dan doa, walaupun bisanya hanya streaming aja, tapi jangan remehkan cinta tulusnya pada bias

Asalkan internet lancar semua aman / Photo by Monstera from Pexels

Fans bermodal cinta tulus dan doa ini kadang suka di misunderstood jadi fans modal kuota atau hanya mampu mendukung tanpa mengeluarkan uang. Padahal perihal mencintai seharusnya bagaimana tentang ketulusan hati kita. Tanpa fans ini tidak mungkin goals viewer MV di YouTube dan juga tagar trending di twitter terjadi. Tentunya hal ini adalah sesuatu yang perlu diapresiasi.

2. Si sultan yang hobi borong album, nonton konser hingga ikut fanmeeting. Belakangan ada juga yang berburu photo card idola hingga puluhan juta

Uangku hanya untuk bias / Photo by Ron Lach from Pexels

Nah, kalau ini biasanya K-Popers yang sangat support kehidupan finansial si bias atau grup idola. Pasalnya, nggak bisa dimungkiri bahwa bias juga dapat gaji dari album, fanmeeting, hingga konser. Biasanya si Sultan ini kalau masalah duit nggak itungan, begitu bias comeback dia langsung ikut pre order album. Nggak heran juga kalau fans tipe ini suka liat konser idol group meski harus ke luar negeri sekalipun.

Advertisement

Si Sultan ini belakangan juga turut menggemparkan trend hunting photo card bias hingga puluhan juta. Hmm, royal sekali ya SoHip~

3. Multifandom, si suka bingung kalo lagi ada perseteruan antar fans. Akhirnya jadi penengah~

Multifandom / Credit: pinterest / JamesNguyen via pinterest

Selanjutnya adalah K-Popers yang nggak bisa tahan kalau cuma satu fandom aja. Dapat dipastikan dirinya gampang berpindah fandom begitu lihat yang bening-bening. Multifandom di dunia Kpop sah-sah saja kok sebenarnya. Kalau terjadi peperangan antar fans atau biasa disebut fanwar, si penyandang titel multifandom ini biasanya akan lebih netral dan juga bijak dalam menyelesaikan masalah.

4. Pure fans, setia hanya pada satu group bahkan satu bias. Golongan langka!

Hanya satu biasku di hati Photo by Vishnu R Nair from Pexels

Kebalikan dari multifandom, pure fans ini adalah seseorang yang hanya nge-fans satu idol group bahkan hanya satu bias. Biasanya fans tipe ini akan sangat mendukung apapun demi kebaikan idolanya dan juga siap pasang badan untuk membela mereka. Pokoknya yang satu ini kesetiaanya patut diacungi jempol.

Advertisement

5. Theorist, senang berteori memecahkan konsep comeback group idola bahkan sampai nggak tidur

Tidur larut adalah jalan ninjaku Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Bukan hal yang aneh ketika idol group Korea memiliki konsep atau cerita tersendiri dalam setiap comebacknya. Bahkan nggak jarang konsep ini berkaitan satu sama lain, dan biasanya sih konsep ini akan terlihat jelas di video musiknya.

Hal inilah yang selalu berusaha dipecahkan oleh si theorist,  mereka rela nggak tidur untuk mencari detail-detail kecil yang biasanya menyimpan sesuatu. Mereka juga rajin banget mencari referensi, karena beberapa dari idol group ini biasanya mengambil konsep dari cerita lain. Seperti BTS yang pernah membawa konsep dari buku Demian Hesse dan juga girl group Aespa yang membawa konsep artificial intelegence. Pokoknya rumit deh!

6. Tipe Romantis. Hayo ngaku siapa yang suka buat FF sambil pasang-pasangin bias sama idola lain?

Tipe fans rimantis / Photo by Monica Turlui from Pexels

Biasanya fans seperti ini si gampang gemes dan termasuk dalam tipe manusia yang hopeless romantic. Pokoknya tiap gerak-gerik bias merupakan tanda cinta yang tidak boleh diabaikan. Nggak jarang juga karena kegemesannya si fans romantis langsung menciptakan FanFiction atau tulisan fiksi penggemar dengan tema romansa bahkan hingga bisa berpuluh-puluh bab.

7. Tipe artist. Biasanya fans yang satu ini kreatif banget dan suka bikin FF, fanart, fan video, bahkan meme yang bisa banget menghibur teman satu fandom

Menggambar bias sudah biasa Photo by Daian Gan from pexels

Fans yang satu ini biasanya menyalurkan cintanya pada idola dengan cara menciptakan karya-karya indah bisa berupa gambar, video, tulisan dan lain-lain. Sembari mengidolakan, dia juga bisa produktif mengembangkan bakat di dalam diri. Wah keren banget ya fans tipe artist ini, nggak jarang mereka mendapatkan uang dari berbagai karyanya tersebut

Banyak banget kan, jenis-jenis fans K-Popers boy/girl group ini? Mau bagaimanapun bentuknya, yang pasti mereka memiliki cinta yang tulus untuk idolanya. Tentu hal itu perlu diapresiasi, tapi ingat jangan berlebihan ya! Hehe~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE