Menjadi mahasiswa super cemerlang itu memang gak gampang. Mulai dari godaan main bareng teman, pacaran, dan kerja buat cari uang. Alhasil kalau sudah begini jangankan untuk dapat nilai bagus, bisa memenuhi kewajiban absensi saja susahnya setengah mati. Padahal sebagai mahasiswa, tugas utamamu ya kuliah sebaik-baiknya.

Untuk membantu kamu yang punya masalah dengan urusan nilai, berikut ini Hipwee telah merangkum beberapa cara menggapai nilai sempurna disaat kesibukan dan kemalasan terasa tak pernah ada habisnya:

1. Cari jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu dan bukan jurusan yang buat keren-kerenan doang.

Pilih jurusan sesuai dengan kemampuan otak. via www.cs.ui.ac.id

Kuliah di jurusan pertambangan atau perminyakan tentu bikin kamu terlihat sebagai sosok yang masa depannya syarat akan keburuntungan. Mulai dari gaji menjulang dan banyaknya kesempatan kerja yang tersedia membuat jurusan ini tak pernah sepi peminat. Tapi kalau pertimbanganmu hanya soal itu siap-siap saja terseok-seok meraih IP sempurna.

Masalahnya kuliah di jurusan tersebut terkenal dengan mata kuliah yang sulitnya tingkat ‘maut’. Sebut saja beberapa mata kuliah seperti kalkulus dan termodinamika yang katanya sih bikin kuliah terasa seperti neraka. Kalau sudah begini gimana caranya bisa lulus dengan misi nilai tertinggi?

Advertisement

Maka dari itu disarankan untuk memilih jurusan yang menurutmu terasa gampang untuk dijalankan. Tidak perlu terlalu berpikir soal lapangan pekerjaan apalagi soal keren-kerenan. Pilihlah jurusan yang dari segi mata kuliahnya kamu merasa sanggup untuk menyelesaikan.

2. Pacaran sama teman sejurusan yang bisa bikin kamu malu kalau dapat nilai pas-pasan.

Pacaran sama teman sejurusan via danaamari.wordpress.com

Buat yang masih jomblo atau sudah punya tapi masih mau cari tambahan, pacaran dengan teman jurusan terbukti ampuh mendapat nilai besar. Alasannya sih simple, karena punya pacar bikin kamu sayang melewatkan momen-momen berduaan meski itu adanya di dalam kelas. Selain itu belajar di kelas juga membuat malu kalau ternyata nilai kamu kalah sama dia.

Yakin deh dengan cara ini paling tidak kamu seolah punya suntikan untuk selalu belajar dengan sebaik mungkin. Apalagi saat masa PDKT yang biasanya akan menuntutmu untuk jaga image sebaik-baiknya. Terlihat malas dan dapat nilai ala kadarnya tentu tidak baik untuk kredibilitas kamu sebagai calon kekasih.

3. Atau kalau memungkinkan kamu pacaran sama salah satu dosen yang mengajar di jurusan.

Macarin dosen via zonaphie.blogspot.com

Selain pacaran sama anak jurusan yang pastinya bisa memantik semangat belajar, cara lainnya yang bisa kamu tempuh untuk mendapat nilai maksimal adalah dengan berpacaran dengan dosen. Memiliki hubungan asmara dengan dosen tidak hanya membuatmu bisa berdiskusi soal mata kuliah kapan saja. Walaupun konsekuensi dari cara ini adalah digosipin sama anak-anak seangkatan, tapi demi masa nilai IPK 4 di tangan cara ini layak kamu coba untuk dilakukan.

P.S: Pastikan ada dosen yang suka sama kamu dulu ya.. 🙂

4. Menjelang masa UAS cari tumpangan di kost mahasiswa yang memang terkenal nilainya di atas rata-rata.

Belajar, ya. Bukan tidur. via www.antragama.com

Malas dengan cara berpacaran baik dengan teman atau dosen di jurusan?

Jika ya mungkin ‘memanfaatkan’ keberadaan teman satu jurusan yang otaknya terkenal cemerlang bisa jadi pilihan. Minimal 1 minggu sebelum masa sulit itu datang (baca:periode UTS/UAS) rayulah dia agar mengizinkan kamu belajar di kost bersama dengan dia. Sebagai gantinya kamu bisa membayari dia makan siang atau malam sesekali. Belajar dengan orang pintar itu banyak loh untungnya. Selain ada teman bertukar pintar orang model begini juga biasanya punya cara belajar yang ilmunya bisa kamu tiru.

5. Bertapa di perpustakaan kampus 7 hari 7 malam.

belajar di perpustakaan via lifestyle.kompasiana.com

Kalau biasanya kamu lebih memilih nongkrong di kantin daripada di perpustakaan kini saatnya kembali ke hakikat mahasiswa yang harusnya banyak baca buku di perpustakaan. Untuk sementara waktu lupakan dulu ajakan karaokean, hangout di kafe, nonton bersama, apalagi traveling ke luar kota. Sisihkan waktu dan tenaga untuk mendalami materi kuliah di perpusatakaan yang tenang dan minim gangguan. Lebih afdol lagi kalau kamu bisa numpang menginap di sana. Jadi selama waktu ujian kamu bisa mengabdikan waktu sepenuhnya untuk belajar, belajar, dan belajar.

6. Di hari-H ujian, bawa catatan kecil yang isinya rangkuman mata kuliah yang diujikan. Bukan buat nyontek, tapi untuk memastikan aja.

cocokkan jawaban via rinaldimunir.wordpress.com

Kadang-kadang meskipun merasa sudah belajar dan bisa menjawab semua soal ujian, rasa ragu akan jawaban yang telah diberikan bisa saja datang. Maka dari itu membuat catatan kecil yang isinya sesuai dengan materi yang sedang diujikan akan sangat berguna untuk membantumu.

Tapi ingat trik ini hanya bisa dilakukan saat kamu sudah selesai menyelesaikan ujian dan bukan melakukannya di awal. Selain itu pastikan pengawas yang mengawasi jalannya ujian tidak melihatmu melakukan ini. Karena kalau sampai ketahuan habislah impian mendapat nilai sempurna sesuai harapan.

7. Hindari mengambil beban SKS terlalu banyak. 3 SKS aja mungkin cukup.

jangan ambil SKS kebanyakan via arsip.uii.ac.id

Pengambilan beban SKS biasanya ditentukan dari besaran IP yang kamu dapatkan di semester sebelumnya. Nah biasanya nih rata-rata mahasiswa akan mengambil SKS maksimal jika memang nilai IP-nya mencukupi. Padahal semakin banyak mata kuliah yang diambil maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus diemban. Untuk mengakalinya, ambilah bebas SKS lebih sedikit dari jumlah bisa kamu ambil. Cara ini akan membuatmu bisa memfokuskan diri dengan lebih saat pada setiap mata ujian.

8. Kalau kamu punya banyak uang cari joki yang bisa mewakili keberadaanmu di ruang ujian.

joki ujian via rahard.wordpress.com

Terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan yang membuatmu tidak bisa datang ke ujian bukan berarti kamu harus mengubur semua mimpi mendapat nilai tinggi. Trik lainnya yang layak dicoba dengan adalah dengan mencari mahasiswa yang bisa mewakilimu mengikuti ujian. Saran Hipwee pilih teman jurusan yang pintar supaya kamu gak rugi bayar dia. Hindari menggunakan jasa kakak kelas yang bahkan dia hanya masih jadi veteran atau mungkin adik tingkat yang pastinya belum belajar materi yang sedang diujikan.

9. Terakhir, kalau ternyata berbagai trik di atas masih gagal juga, ini saatnya kamu buat KHS khayalan yang nilainya sesuka hati kamu.

tulis aja sendiri di KHS via blog.djarumbeasiswaplus.org

Sudah mencoba berbagai cara tersebut tapi nilai masih juga pas-pasan? Ini saatnya kamu menyenangkan hati dengan membuat KHS-mu sendiri. Ya langkah ini memang terkenal gak masuk akal tapi namanya juga usaha untuk membuat hati gembira, tidak ada salahnya dicoba kan?

Itu tadi beberapa cara yang bisa kamu tempuh jika menginginkan nilai 4 terus ada di KHS-mu. Oh ya, pada dasarnya sebagai mahasiswa kamu gak harus kok mendapat nilai sempurna-sempurna banget. Asalkan kamu punya banyak kelebihan selain nilai akademik, nantinya pekerjaan yang baik bisa juga menjadi milikmu.

P.s. : Bagi kamu yang berhasil baca sampai di sini, selamat ya. Selamat April Mop.