“Ji, ntar malem ikutan jajan, yok?”
“Hah? Sorry, gue gak ada duit…”
“Lah… padahal Nurul ikutan, loh”
” :'( “

Seiring dengan semakin bertambahnya usiamu, kamu jadi punya tanggung jawab baru untuk mengelola keaungan pribadimu. Semakin kamu bisa berhemat, semakin kamu bisa menabung untuk menata masa depan. Tapi bagaimana jika kamu sampai kehabisan uang di akhir bulan? Tenang, Hipwee akan membantumu mengelola uangmu yang tinggal 100 ribu untuk seminggu.

1. Ganti sarapanmu dengan minuman sereal

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

minuman sereal bakal menyelamatkan via watashiwaaiko.wordpress.com

Advertisement

Kenapa harus sarapan? Karena sarapan adalah modal awalmu untuk mengawali aktivitas dalam satu hari. Kalau kamu menghilangkan sarapan, kamu akan kehilangan sumber nutrisi dan tenaga yang kamu butuhkan kegiatanmu sehari. Nah, biar bisa tetep hemat meski sarapan, kamu cukup menyediakan minuman sereal aja untuk seminggu, ya.

1 bungkus minuman sereal Rp. 1.200 x 7 = Rp. 8.400

2. Buat makan siang mau gak mau kamu harus lebih sering bersahabat dengan nasi lauk tempe atau tahu…

Menu ini aja cukup, ya... :(

Menu ini aja cukup, ya… 🙁 via rinaldimunir.wordpress.com

Menu makan yang wajib kamu biasakan adalah nasi dengan lauk sayur tahu dan tempe. Memang sih menunya biasa-biasa aja, tapi jangan pernah meremehkan kandungan gizi tahu dan tempe ya. Selain punya kandungan protein yang tinggi, tahu dan tempe juga punya kandungan vitamin B12, loh. Belum lagi adanya zat isoflafon yang bisa menangkal radikal bebas. Biar menunya murah, tapi gizi tetap harus terjaga, ya. 🙂

Advertisement

Makan siang Rp. 6.000 x 7 = Rp. 42.000

3. Manfaatkan temen yang suka masak. Kamu bisa masak nasi dan dia yang masak lauknya. Sama-sama berhemat tuh!

Manfaatkan temen yang bisa masak :D

Manfaatkan temen yang bisa masak 😀 via pusparaniology.wordpress.com

Ini salah satu cara paling ampuh untuk berhemat dan bersosialisasi. Kalau kamu punya temen yang hobi masak, kamu bisa mengajaknya untuk berkolaborasi dalam kehematan. Kamu bisa menyiasati hematmu dengan kamu yang masak dan menyediakan nasinya, sementara temenmu yang masak lauknya. Urusan lauknya terserah dia aja. Kan dia yang masak. Kamu cukup menyediakan nasi yang kamu masak sendiri.

Beras untuk seminggu = Rp. 24.000

4. Pasang status “hanya ON kalau ada wifi” jadi solusi biar temen-temenmu gak panik gara-gara kamu ngilang dan gak bisa dihubungi.

Hanya on kalau ada wifi

Hanya on kalau ada wifi via jalantikus.com

Gimana rasanya pas uangmu menipis dan paket kuotamu abis? Nyesek banget pasti. Belum lagi kalau kamu adalah orang yang selalu banyak dihubungi orang lain. Sudah pasti kamu bakal panik. Tenang, sebelum kuota benar-benar habis, kamu bisa memasang status “Hanya ON kalau ada wifi” untuk ngabarin temen-temenmu. Paling tidak, kamu nantinya hanya butuh ngisi pulsa aja buat balesin sms yang penting-penting dari temen-temenmu.

Pulsa 10rb = Rp. 11.000

5. Kalau pengen sosmed-an, kamu bisa jalan ke Perpus buat numpang wifi-an. Sembari wifi-an kamu bisa baca-baca gratis. Nah, lumayan ‘kan?

Numpang wifi nih ceritanya

Numpang wifi nih ceritanya via %20pbi.uad.ac.id

Anak muda emang gak bisa dipisahkan dari sosial media. Dunia maya menjadi salah satu tempat yang sangat sulit untuk kamu lupakan. Untuk itu, kamu bisa menyiasatinya dengan sering-sering main ke Perpustakaan. Selain bisa baca-baca buku untuk menambah pengetahuanmu, kamu juga bisa numpang wifi-an gratis. Jangan salah loh, ya, kalau kamu sering-sering main ke Perpus, kamu bakal dicap sebagai anak rajin. Yah, padahal kamu kan numpang wifi gratisan. Hehe :p

Wifi-an di perpus = Rp. 0

6. Kurangi kegiatan yang butuh transportasi. Anggaran bensin cukupin Rp. 15.000 buat aja seminggu.

Boleh kenalan gak, mbak? hehehe

Boleh kenalan gak, mbak? hehehe via saptamunggaran.wordpress.com

Banyaknya kegiatan menuntut kamu untuk punya mobilitas yang tinggi. Mobilitas tinggi itu sangat menuntut kamu untuk punya anggaran transportasi yang tinggi juga. Tapi berhubung kamu harus hemat, kamu wajib membatasi anggaran maksimal Rp. 10.000 untuk seminggu. Jadi kalau misal tempat acaramu deket, mending kamu jalan kaki aja. Atau kalau kamu bisa nebeng temen, ya nebeng aja.

Bensin = Rp. 10.000

7. Daripada kamu buang-buang uang untuk laundry, lebih baik kamu nyuci sendiri. Beli detergen sachet yang cuma Rp. 1500-an dijamin cukup buat nyuci baju-bajumu.

Nyuci nyuci sendiri... Ngucek ngucek sendiri...

Nyuci nyuci sendiri… Ngucek ngucek sendiri… via piterhartato095.blogspot.com

Kalau dibandingkan antara nyuci sendiri dan memakai jasa laundry, ya jelas lah enakan pakai laundry. Kamu gak perlu capek-capek nyuci sendiri tapi baju-bajumu udah bersih dan udah disetrika. Siapa yang gak mau? Sayangnya, kamu harus ngerem penggunaan jasa laundry dulu ya untuk sementara. Kamu cukup beli detergen sachet yang harganya Rp. 1.500-an itu buat nyuci. Yah, biar capek, tapi yang penting hemat. Itung-itung itu kamu olahraga tangan juga. Hehe

Detergen = Rp. 1.500

8. Bukan berarti kamu gak boleh jalan-jalan, tapi seminggu ini jajanmu harus ditahan. Tapi kalau ditraktir temen sih ya berangkat aja. Hehehe.

Kalau ditraktir mah berangkat ajaaah~

Kalau ditraktir mah berangkat ajaaah~ via %20thefreakyteppy.com

Salah satu pengeluaran yang bikin dompetmu nangis adalah pengeluaran buat jajan dan jalan-jalan bareng teman. Kadang, sekali jalan kamu sampai habis 25rb per orang. Untuk itu kamu wajib untuk menghentikan sementara kegiatan jalan-jalanmu. Inget, kamu lagi krisis ekonomi. Kecuali kalau ada temenmu yang baik hati mau nraktir kamu. Nah, kalau kasusnya seperti itu ya jangan sampai gak mau. Kapan lagi ada temenmu yang mau nraktir. Hehe

Jalan-jalan = Rp. 0

9. Demi memancing rejeki gunakan uang sisamu untuk sedekaah. Sebagian harta kita adalah hak dari orang-orang yang (lebih) membutuhkan. :’)

Sedekah itu perlu

Sedekah itu perlu via santrigaul.net

Nah, setelah kita menerapkan pola hitungan tadi, yuk kita total semuanya.

Minuman sereal = Rp. 8.400
Makan siang = Rp. 42.000
Beras seminggu = Rp. 24.000
Pulsa 10rb = Rp. 11.000
Wifi = Rp. 0
Bensin = Rp. 10.000
Detergent = Rp. 1.500
Jalan-jalan = Rp. 0

Total = Rp. 96.900

Masih ada sisa kira-kira Rp. 3000 lah, ya. Yang Rp. 3000 ini yuk disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Entah mau kamu berikan kepada pengamen, pengemis, atau masukin ke kotak amal. 🙂

Dengan cara tersebut, kamu masih bisa makan sehari 3x dan jatah uang untuk beramal. Yah, meski dengan catatan sarapan sereal dan makan malamnya ngikut masakan teman sih. Gimana? Kamu masih punya cara lain buat berhemat? Yuk silahkan tuliskan caranya di kolom komentar, ya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya