Meskipun terkadang tingkah lakunya mengesalkan, terkadang anak-anak dapat menjadi hiburan bagi orang dewasa di sekitarnya. Kelucuan dibalut keluguan yang selalu terpancar dari setiap gerak-geriknya seringkali membuat orang dewasa di sekitarnya senyum, tertawa dan terkadang geleng-geleng kepala.

Meskipun belakangan ini fenomena kids zaman now terkesan meresahkan, namun nggak fair apabila kita menyalahkan mereka sepenuhnya. Bagaimana pun mereka masih anak-anak dan masih perlu pendampingan orang dewasa. Toh, nggak semua tingkah laku kids zaman now meresahkan, buktinya anak kecil yang satu ini boleh dibilang “kreatif”.

Netizen dihebohkan dengan video seorang bocah perempuan melakukan aksi lipsync dengan tarian yang mengundang gelak tawa

Kenapa ath saya teh 😂😂😂😂@officialhitamputiht7

A post shared by Lexa_ (@lexapebrianti) on

Advertisement

Pada 7 November lalu, seorang bocah perempuan pemilik akun Instagram @lexapebrianti mengunggah sebuah video jenaka. Dalam video tersebut ia melakukan aksi lipsync lagu “Pesenka Ikalka” dari serial animasi Masha and The Bear. Sekilas memang biasa-biasa saja ketika ada seseorang yang mengunggah video lipsync itu. Namun, apa yang bocah berusia kira-kira 8 tahun ini lakukan benar-benar bisa membuat banyak orang terpingkal-pingkal. Pasalnya, bocah ini melakukannya dengan tarian yang kocak.

Kalau dilihat dari caption video pertama yang ia buat, barangkali unggahan yang ia buat ini memang diniatkan untuk membuat dirinya terkenal. Karena dalam caption-nya itu ia mencantumkan akun talkshow Hitam Putih Trans 7. Dan benar saja, nggak butuh waktu yang lama, belum genap sebulan usahanya itu berhasil. Selamat dek!

Belakangan aksi lipsync dan tarian itu dikenal dengan nama “Masha Bengek”. Saking viral-nya, bocah perempuan itu sampai membuatkan tutorial tarian yang diciptakannya

Like share and comment ya gaes

A post shared by Lexa_ (@lexapebrianti) on

Advertisement

Meskipun aksi kocaknya ini dilakukan dengan alat seadanya, namun keluguan ini sanggup membuatnya terkenal. Video yang terekam dalam beberapa menit ini kemudian dikenal dengan sebutan “Masha Bengek”. Nama “Masha” merujuk pada lagu dari ffilm kartun Masha and The Bear yang digunakan, sedangkan “bengek” merujuk pada tariannya yang seperti orang “bengek” yang artinya sesak napas. Nama yang kocak!

Menariknya lagi, setelah videonya viral, banyak netizen yang meminta ia membuat video tutorial dari tarian “Marsha Bengek”nya. Sontak, hal itu semakin mengundang gelak tawa netizen.

Hai yang minta tutorial Marsha Bengek, so let we start it.. pertama-tama itu kalian harus pegang dada, tangan kalian itu harus pegang dada. Sambil memegang dada kalian harus mengeluarkan ekspresi ini ngik…ngik..(mencontohkan). Oke itu first one.. next yang kedua, ingin seperti komedi atau lucu kalian harus menggunakan ekspresi yang lucu-lucu atau yang dijelek-jelekin.. seperti ini contohnya (mencontohkan). Oke, ada yang mengerti? Itu tadi tutorial dariku, maksudnya ya cara-caranya gitu. So ya jangan lupa like and comment. Bye

Berlagak seperti Youtuber profesional, ia menjelaskan langkah-langkah tariannya. Sembari diselipi bahasa Inggris–yang entah dia sendiri mengerti atau nggak– ia menguntai kata dengan jenaka. Apalagi ketika ia memperagakan ekspresi yang aneh-aneh, bikin kita tepuk jidat sendiri melihatnya.

Tarian “Masha Bengek” perlahan menjadi tren baru yang banyak diikuti aksinya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa

Banyak yang membuat video serupa via www.instagram.com

alvionitahestyoctaveradek jangan kebanyakan nyiumin eeq kuda yah 😣😣
inne_djaniDek kebanyakan micin ya
khadifazsYakin deh, kalo lu dah gede dek, liat video lu kecil kaya gini nyesel lu ntar :v
ikaseptiastuti: Sumpah gua ngakak ampe keselek selek
gege_marine: wkwkwkw setelah giveaway ngedubrak…trus nyanyi sampe ketiban papan..skrg ada lagi bocah lipsing marsha ngik ngik..make tutorial..kurang famous apaaaa coba bocah jaman now…wkwkwk @tiara_dianing_tyas

Meskipun banyak komentar negatif–namanya juga netizen– namun komentar-komentar sinis tersebut nggak mampu menghentikan laju orang-orang yang menirukan dan memamerkan tarian “Masha Bengek” ini. Terhitung puluhan orang telah menggubah ulang video bocah perempuan yang belum diketahui asalnya ini. Ada-ada saja tingkah laku kids zaman now.

Fenomena kids zaman now yang muncul belakangan ini nggak bisa dilepaskan begitu saja dari perkembangan arus pertukaran informasi yang kian hari kian pesat. Kemudahan akses internet mendorong orang mudah memperoleh sesuatu yang baru. Kalau dulu kita perlu koran atau televisi untuk memperoeh sesuatu yang sifatnya aktual, sekarang semua itu tergantikan oleh smartphone. Tinggal beli kuota atau pakai wi-fi orangtua, anak-anak sekarang dapat dengan mudah meniru tingkah laku Youtuber profesional.

Ya, memang zaman sudah berubah. Dan kita nggak bisa melepaskan anak-anak dari kemajuan teknologi ini begitu saja, karena memang inilah zaman mereka. Yang perlu kita (red: orang dewasa) lakukan hanya memantau dan membatasi penggunaannya. Kalau digunakan untuk membuat kreasi yang nggak menabrak norma dan merugikan orang lain, itu sah-sah saja. Semoga kelak kamu menjadi Youtuber profesional yang bermanfaat ya, Nak. Aamiin!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya