Menahan haus dan lapar itu sebenarnya penuh perjuangan, tapi kalau harus mengerjakan ulangan dan ujian semester kala haus dan lapar gimana? Pasti harus lebih banyak nilai perjuangannya dong! Layaknya bertahan menuju beduk magrib, ulangan dan ujian saat puasa juga harus membuat kita bertahan untuk tidak aneh-aneh.

Kali ini Hipwee Hiburan akan mengajakmu merenungi sebuah elemen keseimbangan alias suka dan dukanya orang mengerjakan ujian di kala Ramadan. Lemes-lemes tapi harus lebih tegar dari Rossa. Semangat!

1. Inginnya sih sibuk tarawih dan konsen tadarusan. Apalah daya kalau sistem kebut semalam buat belajar di ulangan besok harus dijalani

Maaf teman-teman dan Pak Ustaz, aku bolos. 🙁 via bogor.jabar.polri.go.id

2. Kata orang, doanya orang puasa itu banyak dikabulin. Jadi bisa berdoa sepuasnya biar ujian besok nilainya bisa bagus, amin! Tapi, ya, harus belajar jugalah, Bambank!

Ya Allah, semoga nilai ulangan kimiaku dapet A. via www.faith-matters.org

3. Ketika yang lain sahur, kita malah bingung kelabakan karena belum baca semua materi pelajaran buat besok. Duh, sahur jadi cepet-cepetan dan nggak bisa sambil nonton kuis Ramadan di TV

Ayo, jangan nyerah! via www.opencolleges.edu.au

4. Tapi bersyukur juga sih soalnya kalau terpaksa begadang buat belajar, banyak yang nemenin karena pas banget pada sahur. Rame, jadi semangat!

Makan dulu, lanjut belajar. via hellosehat.com

5. Sayangnya hanya satu, nurani ini bergejolak ketika di ruang ujian berusaha nyontek jawaban. Satu sisi kita tahu itu dosa dan mencederai puasa, di sisi lain butuh banget contekan, ih!

Kalau sebelum nyontek bismillah dulu tetep dosa nggak, ya? via www.cbc.ca

6. Ujian dan ulangan di hari biasa saja sudah menguras energi dan pikiran. Apalagi kalau di hari puasa, lemesnya kayak habis liat mantan jalan sama sahabat sendiri

Lelah jiwa. via themighty.com

7. Saking lemesnya, kadang ketiduran pas ujian berlangsung. Bangun-bangun pas waktunya udah mepet. Haduh, sabar ya, Nduuuk!

Diselimutin pengawasnya, biar pules dan nggak kelar ujian. Hahahaha. via mindinsiders.com

8. Rasanya ingin mengumpat pas habis keluar dari ruangan. Saking eneknya sama soal ujian. Tapi lagi-lagi, sabar, sayang juga kalau pahala puasanya rusak

Allahumma laka sumtu~ via www.vibe.com

9. Mendinglah ujian dan ulangan pas puasa. Daripada ujian dan ulangan pas lebaran? Hmmm, tambah nggak konsen terbayang opor ketupat!!!

Lebaran, oh, lebaran, kok masih lama, ya~ via www.cnnindonesia.com

Advertisement

Anggap saja ujian dan ulanganmu sebagai sebuah tempaan yang membuatmu menjadi pribadi yang tahan banting. Pada dasarnya puasa bukan sebuah alasan untuk bermalas-malasan dan mengesampingkan pelajaran.

Justru, puasa itu bertujuan buat menguatkan. Biar kalau suatu saat kamu sedang haus dan lapar, kamu tetap sabar dan nggak cranky. Semangat, ya, bagi yang sedang, akan, dan baru saja menjalani ujian~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya