Pacaran itu bukan jaminan untuk menikah dan hidup bersama selamanya. Nggak usah baper deh karena itu fakta! Jadi jangan berharap terlalu banyak, dan jangan mempertahruhkan terlalu banyak buat seseorang yang mungkin ending-nya jadi jodoh orang lain.

Termasuk masalah utang piutang yang harus disepakati di awal. Mendingan kalau mau saling pinjam uang secara profesional, pakai perjanjian kalau perlu dan melibatkan nominal yang nggak sedikit. Kenapa sih? Mari simak paparan Hipwee Hiburan biar kamu tercerahkan.

1. Utang-piutang antara kita dengan kawan saja bisa memberikan sentimen negatif dan perlahan menggerogoti hubungan. Kalau sama pacar, ya, makin bahaya

Kalau nggak sepakat, jorokin ke laut ajalah! via www.styl.id

2. Terutama yang sudah saling kenal keluarga nih. Kalau ada isu finansial bisa memunculkan anggapan-anggapan yang nggak diinginkan. Ngeri, kan?

Gini lo dek, cicilan motor tolong diganti! via oomph.co.id

3. Kalau saling pinjamnya hanya sedikit nggak apa-apa. Tapi kalau jumlah nominalnya relatif banyak, mendingan disepakati secara profesional

Dek, kalau beli cilok jangan sejuta dong, tekor aku! via beritaterupdate-terkini.blogspot.com

4. Satu pihak yang diutang akan merasa nggak enakan menagih karena hubungan kalian dibangun berdasarkan perasaan. Sementara yang berutang cenderung merasa santai karena menganggap pacar bukan lagi ‘orang lain’. Serba subjektif, kan?

Sementara menghitung uang nggak bisa pakai perasaan. via www.businessinsider.sg

5. Kalau niatnya membantu, mending bantu carikan uang pinjaman dari teman lain. Akan jauh lebih diskursif urusan pembayarannya nanti

Biar teratur, maka diatur. via kingstonpound.org

6. Paling runyam kalau kalian harus putus hubungan padahal masih punya tanggungan utang satu sama lain. Nagihnya aja bisa jadi masalah

Utangmu lo dek, pakai kartu kreditku segala, itu utang dek! via www.yourtango.com

7. Nggak jarang, banyak yang saling memaki setelah putus, maka urusan uang, tentang siapa yang lebih matre, siapa yang lebih pelit, bakal terus-terusan diungkit~

Kamu pacaran cuma buat morotin aku ya? Ngakulah! via www.hipwee.com

8. Seprofesional apa pun utang-piutang yang kalian jalankan, akan jauh lebih baik kalau tranaksi pinjam uang besar tetap nggak dilakukan. Mencegah hal yang nggak diinginkanlah~

Kaya bersama ayo, miskin bersama, ya, nggak mau! via www.modernlovelongdistance.com

Advertisement

Ada sebuah kisah dari warganet yang bikin kita geregetan karena mantannya terlilit utang dan melibatkannya sebagai sang pacar dulu. Mulai urusan cicilan, hingga utang yang sifatnya kecil-kecil, dan dijumlahkan jadi banyak ini, sumpah, runyam banget! Lebih baik bentrokan finansial dihindari dan disepakati aturannya dari awal, ya!

[BONUS]

Kisah warganet yang terlibat utang piutang sama mantan pacar. Duh, sampai gemas bacanya

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya