Viral Kejadian Lucu Saat UTS di Tengah Pandemi. Kayaknya Guru dan Murid Udah Sama Pusingnya nih :D

UTS di tengah pandemi

Sudah hampir satu tahun lamanya dunia tengah dilanda pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak awal tahun lalu. Begitu pula dengan negara kita sendiri yang juga tak kunjung selesai terkena dampaknya. Salah satunya yang paling terganggu aktivitasnya adalah dunia pendidikan. Banyak banget hal-hal konyol yang terjadi di dunia pendidikan selama masa pandemi karena kita mau nggak mau harus melaksanakan proses pembelajaran di luar kebiasaan normal.

Advertisement

Seperti yang baru saja ramai dan bikin heboh di media sosial. Kejadian ini mungkin bisa dibilang momen paling konyol ketika Ujian Tengah Semester selama masa pandemi. Gimana nggak konyol coba, ujian dilakukan secara daring alias online dan bersama-aama, tapi mata para peserta ujian ditutupi oleh kain penutup. Ya bener sih tujuannya biar nggak bisa nyontek atau sekedar browsing-browsing buat cari jawaban. Tapi kayaknya kejadian yang satu ini memang merupakan salah satu bentuk kepusingan siswa ataupun mahasiswa dan juga tenaga pengajar dalam menyikapi pembelajaran online di tengah pandemi.

Dari sejak pandemi,ย  kayaknya ada aja kejadian konyol yang terjadi di dunia pendidikan, salah satunya waktu ada UTS online ini nih. Kenapa harus ditutup matanya gitu lo ๐Ÿ™

UTS gaya baru / Credit: Twitter txtdaripelajar via twitter.com

Kalau kamu menyimak mundur dalam beberapa waktu ke belakang, sebenarnya nggak cuma sekali ini aja lo, ada kejadian kocak terkait dengan proses belajar secara daring. Kamu mungkin udah pernah lihat video di mana orang-orang malah tertidur pulas saat proses pembelajaran, susahnya cari sinyal buat ikutan video call, keluhan tentang mahalnya biaya internet yang nggak karuan, hingga sampailah kepada persoalan super kocak yang satu ini.

Advertisement

Coba bayangin deh, ini kira-kira ide siapa sih ya, yang punya inisiatif buat nutupin mata selagi UTS daring kayak gitu? Kalau dipikir-pikir malah kayak kita dulu waktu SD nggak sih? Itu lo, zaman-zaman ujian terus bikin benteng dari buku mengelilingi lembar kerja kita. Bedanya sih kalau itu buat mencegah orang lain nyontek, kalau yang ini mencegah kita biar nggak curang mungkin~

Mungkin ini adalah bentuk kebingungan guru buat menghadapi pembelajaran daring, udah nggak paham lagi sama situasinya. Capeeeekk!

Ilustrasi pembelajaran daring / Credit: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga via Analisadaily via analisadaily.com

Kelihatannya mungkin bener-bener kocak, lucu, dan nggak nguatin. Tapi siapa sangka jika ternyata ini adalah salah satu bentuk ironi kebingungan dunia pendidikan di tengah pandemi yang tak kunjung selesai ini. Paham kok, semua orang pasti merasakan capek yang nggak berkesudahan. Siswa capek karena gabut di rumah, nggak ada temen, uang saku berkurang. Gurunya capek karena setiap hari harus ribet bikin materi pembelajaran secara online yang tentunya juga nggak bisa dibilang mudah.

Itu masih mending kalau misalnya usia gurunya tergolong muda, coba gimana tuh sama guru-guru berusia tua yang mungkin masih bisa dibilang gaptek. Sebenarnya nggak ada salahnya sih bikin cara kayak gini buat menyikapi ujian di masa pandemi. Kreatif iya, bikin gemes juga iya, jadi kasihan pun iya. Lengkap banget deh itu mah kayaknya~

Advertisement

Komentar warganet pun datang dengan berbagai macam respons yang nggak kalah kocak

Komentar para warganet / Credit: Twitter txtdaripelajar via twitter.com

Menanggapi fenomena unik tersebut, para warganet pun akhirnya juga berbondong-bondong memberikan komentarnya. Lagian juga siapa sih yang nggak tertarik perhatiannya kalau lihat persoalan kocak nan langka seperti yang satu ini. Sepanjang sejarang sih memang kayaknya baru kali ini terjadi Ujian Tengah Semester alias UTS secara daring dan ramai-ramai dengan mata tertutup. Ini sih lebih ke uji nyali kali ya, dibandingkan dengan UTS?

Mau bagaimanapun juga, kita cuma bisa berharap sih biar pandemi ini segera berakhir dan berganti dengan kabar baik bagi semua orang di seluruh dunia. Biar nanti nggak ada lagi tuh repot-repot nugas tiap hari, nge-Zoom dari pagi sampai sore, bingung cari sinyal, apalagi sampai harus bela-belain nutup mata cuma demi Ujian Tengah Semester.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE