Nggak bisa dimungkiri, segala sesuatu yang diunggah ke media sosial, apalagi “berbeda” dari biasanya, sangat berpotensi untuk viral dan mudah menyebar. Disadari atau nggak, foto atau video yang awalnya mungkin iseng saja, bisa berbuntut panjang. Dan ini nggak terjadi sekali dua kali saja, tapi hampir setiap hari.

Jika itu membawa kebaikan sih nggak masalah, tapi nggak sedikit dari foto atau video yang viral ini justru mengundang kemarahan warganet. Misalnya saja yang terjadi beberapa waktu lalu, di mana sekelompok orang mencekoki satwa di Taman Safari dengan anggur merah. Dan ketika ingatan itu masih segar di pikiran kita, tadi malam justru bertambah lagi video dan kejadian yang hampir sama.

Sebuah video miris tersebar di Instagram dan memicu kemarahan warganet atas apa yang dilakukan seorang cowok pada bayi

Advertisement

Sebuah video tersebar di media sosial ini sontak memicu perhatian warganet. Video yang diunggah kembali oleh akun Instagram @waranddrama.sosmed ini memperlihatkan seorang ayah yang terlihat memberikan botol minuman beralkohol atau bir kepada anaknya yang masih bayi. Akun pengunggah dengan nama @stevensofyanlfc_ tersebut bahkan memberikan caption dengan “The Best Father Of The Year” di video tersebut. Reaksi anak tersebut setelah “dicekoki” botol bir juga terlihat kaget. Seperti baru merasakan rasa minuman yang seperti itu.

Entah serius atau becanda, foto yang diunggah ini memperlihatkan sang bayi tertidur setelah diberikan botol minuman beralkohol tersebut

sang bayi tertidur via www.instagram.com

Nggak cuma video yang memperlihatkan botol bir yang dicicipi oleh sang bayi, cowok ini juga mengunggah foto sang bayi yang tengah tertidur sembari menutup wajahnya. Entah ini bermaksud bercanda atau memang efek dari bir yang dicicipi bayi tadi, pengunggah memberi caption kalau bayi ini mabuk.

Advertisement

Nggak heran, warganet yang melihat video ini begitu murka dan marah pada orangtua maupun pengunggah video. Bagaimana bisa mereka “mencekoki” bayi yang masih kecil itu minuman beralkohol, apapun alasan dan tujuannya.

Jangankan bayi kayak gini ya, satwa yang di Taman Safari kemarin saja bikin masyarakat sangat marah dan kecewa. Sistem pencernaan mereka yang masih sangat lemah tentu ditakutkan akan menimbulkan efek berbahaya setelah mencicipi minuman itu.

Setelah videonya viral, orangtua dan pengunggah video memberi klarifikasi dan meminta maaf melalui Insta Live semalam

klarifikasi orang tua dan pengunggah video via www.instagram.com

Dan lagi-lagi, contoh warganet yang nggak pernah belajar dari hal serupa yang terjadi sebelumnya. Setelah videonya viral di mana-mana, barulah muncul penyesalan, dan akhirnya meminta maaf. Tadi malam, setelah warganet heboh membahas video tersebut, @stevensofyanlfc_ akhirnya melakukan klarifikasi melalui fitur Insta Live. Dalam video tersebut, ia terlihat bersama ayah dari bayi yang memberikan botol bir kepada anaknya.

Sang ayah awalnya meminta maaf dengan apa yang telah dia perbuat. Sebagai orang tua, ia mengaku salah telah melakukan hal tersebut kepada anaknya yang masih bayi. Ayah bayi ini menceritakan kronologi kejadian. Saat itu ia tengah menghadiri ulang tahun sahabatnya. Lalu sang anak rewel meminta botol bir itu. Meski diberikan botol lain, sang anak menolak dan merengek-rengek meminta botol bir. Karena suasana sedang ramai, akhirnya sang ayah memberikan botol tersebut agar anaknya nggak rewel lagi.

Tapi sang ayah menyatakan bahwa ia tahu batas saat memberikan botol minuman beralkohol tersebut. Ia mengaku bahwa air tersebut nggak sempat diminum oleh anaknya. Tapi melihat reaksi sang anak setelah ujung botol minuman masuk ke mulutnya, terlihat ia merasakan bagaimana bir tersebut. Tapi sang ayah berkilah bahwa itu mungkin karena rasa pahit di bekas bir di bagian ujung botol tersebut. Sang ayah mengaku nggak tahu menahu tentang video yang diunggah ke media sosial dan membuatnya viral ini.

Sang pengunggah pun juga akhirnya meminta maaf dan mengaku khilaf. Ia berjanji nggak akan mengulangi hal yang sama lagi. Lagi-lagi ia mengklarifikasi bahwa bir tersebut nggak sempat terminum oleh sang bayi. Bahkan ia mengunggah video sang anak yang bisa berlari-lari dan bermain setelah dikasih botol bir tersebut.

Kembali lagi, apapun alasannya, apakah itu nggak terminum, atau tujuannya agar sang anak nggak rewel, memberikan botol minuman beralkohol bukanlah solosi yang bagus. Meski nggak mengerti apakah itu minuman beralkohol atau nggak, kita tentu lebih mementingkan kesehatan sang bayi, mengingat sistem pencernaannya yang masih lemah. Dan satu lagi, belajarlah untuk nggak menyesal setelah video atau foto sudah terlanjur diunggah. Kita sudah bosan sama hal-hal kayak gini yang terjadi lagi dan terjadi lagi!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya