4 Alasan Kenapa Zuma Sering Disebut Game Khusus PNS. Katanya sih Jadi ASN Auto Jago Main ini!

Zuma game PNS

“Sebelum daftar jadi seorang PNS, mending kamu ningkatin dulu deh itu skill main Zuma. Biar nggak malu-maluin kalau di kantor.”

Advertisement

Sering nggak sih kamu dengar kalimat tersebut jika ngomongin ihwal PNS? Bukan tanpa sebab, rupanya permainan Zuma ini memang punya sejarah besar dalam dunia Pegawai Negeri Sipil. Mulai dari perkantoran PNS di institusi pendidikan sampai berbagai macam institusi lainnya, pasti setidaknya ada satu unit komputer yang masih menyimpan permainan jadul yang satu ini. Ya, memang bukan merupakan gim yang baru aja hype, Zuma adalah permainan yang telah booming sejak pertama kali rilis pada tahun 2003 lalu.

Game ketangkasan menembak bola dengan karakter seekor katak itu memang punya citra yang begitu lekat dengan Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Saking melekatnya citra tersebut, bahkan lahirlah sebuah guyonan yang mengatakan bahwa siapa pun yang menjadi seorang PNS pasti nantinya bakal jago banget mainin permainan ini. Jangan salah, meski kelihatannya sepele banget, tapi buat mainin ini juga butuh skill yang mumpuni lo. Berikut ini adalah deretan alasan kenapa Zuma sering banget disebut sebagai game ala PNS.

1. Dulu, sewaktu zamannya komputer tabung hampir di setiap kantor PNS ada game Zuma. Pasti waktu kamu SD juga sering lihat guru-gurumu main game itu di ruang guru

Permainan Zuma / Credit: Planetstranger via planestranger.com

Di awal tahun rilis game Zuma ini, bentuk komputer dengan layar tabung memang masih menjadi primadona banget. Uniknya, hampir di setiap komputer tabung ini dulunya pasti selalu terinstal permainan ketangkasan yang satu ini. Entah itu komputer dengan spesifikasi yang menengah ke bawah hingga menengah ke atas pun nggak pernah kelewatan buat instal game Zuma.

Advertisement

Kalau kamu ingat-ingat kembali di masa-masa SD bagi yang melewati momen tersebut di era tahun 2000-an awal, pasti sesekali pernah melihat guru-guru yang terlihat seolah sibuk sendiri di depan monitor berlagak mengerjakan sesuatu. Tapi, setelah dilihat lebih dekat rupanya lagi sibuk ngepasin tembakan bola Zuma biar cocok sama warnanya. Hadeeeh!

2. Zuma jadi hiburan enteng saat penat yang nggak perlu banyak mikir apalagi bikin spaning

Ilustrasi suasana kantor PNS / Credit: Liputan6 via www.liputan6.com

Setiap pekerjaan pasti punya saat-saat yang bikin kita merasa jenuh dan penat, begitu pula dengan para PNS kalau lagi di kantor. Meski kata sebagian orang jadi PNS itu merupakan salah satu hal yang paling enak, tapi nyatanya juga bisa bikin jenuh kok. Terlebih kalau di kantor lagi banyak kerjaan menumpuk, menghadapi atasan yang resek, dan deadline di mana-mana. Nggak heran jika Zuma jadi hiburan yang enteng, nggak perlu banyak mikir, dan tentunya nggak bikin spaning. Cocok buat jadi hiburan menarik di dalam kantor.

3. Game yang biasanya dimainkan para PNS berusia bapak-bapak ini sering banget bikin lupa tugas utamanya

Advertisement

Permainan ala PNS / Credit: Gamefabrique via gamefabrique.com

Jangankan bocah kecil, orang tua kalau udah ketemu sama yang namanya game aja juga bisa bikin lupa segalanya kok dan Zuma ini adalah salah satu bukti nyatanya. Meski nggak mengenal usia, faktanya permainan Zuma ini memang paling kerap dimainkan oleh para PNS yang udah berusia bapak-bapak atau ibu-ibu.

Entah itu karena benar-benar gabut atau memang penasaran banget sama permainannya, sering kali Zuma ini bikin mereka lupa waktu dan tugas utamanya. Makanya, wajar kalau game Zuma layak dinobatkan sebagai game ala PNS?

4. Alhasil guyonan meningkat jadi: belum bisa disebut sebagai PNS kalau nggak lancar main Zuma!

Game ala PNS / Credit: Maddownload via maddownload.com

Seperti yang sudah dituliskan di atas tadi, seseorang belum benar-benar menjadi PNS dalam arti yang sesungguhnya jika dirinya belum mampu menguasai atau menyelesaikan permainan yang satu ini.

Artinya, sebelum menguasi job desc yang nantinya akan kamu kerjakan ketika telah menjadi seorang ASN, hendaknya terlebih dahulu untuk menguasi skill yang mumpuni soal game Zuma.

Buktikan aja deh, kalau kamu udah menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil dan nggak bisa main game ini, bisa jadi kamu bakal dikucilkan dari pergaulan lo! 😀

Terlepas dari bagaimana asal-usulnya dan mengapa permainan legendaris ini begitu populer di kalangan pekerja kantoran, nggak dimungkiri juga bahwa sampai saat ini Zuma tetap menjadi salah satu game favorit untuk mengusir rasa bosan saat bekerja, khususnya di kalangan para PNS.

Ingat, jangan coba-coba daftar PNS kalau nggak bisa main Zuma, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE