Ketika kita telah menemukan seseorang yang membawa kebahagiaan dalam hidupmu, rasanya memang tidak tergantikan. Apalagi setelah penantian sekian lama, pujaan hati yang ditunggu akhirnya datang juga. Seseorang yang selalu mendukung setiap langkahmu dan menerima kekuranganmu. Apalagi yang kamu harapkan? Meskipun kehidupan bersamanya kadang memiliki tantangan, kamu akhirnya menyadari bahwa memang hubungan seperti inilah yang kamu harapkan. Bersamanya merangkai cerita.

Jika tanda-tanda berikut ini sudah nampak pada hubunganmu. Selamat, kamu dan dia berhasil membina sebuah hubungan yang dewasa!

1. Kalian jarang mendebatkan hal-hal kecil lainnya, karena segalanya telah dilalui bersama

Sayang, kamu marah kenapa sih? | Ya karena aku pengen! Kamu jangan kepo deh!

Sayang, kamu marah kenapa sih? | Ya karena aku pengen! Kamu jangan kepo deh! via imgarcade.com

Advertisement

Meskipun argumentasi kadang terjadi, jika kalian sering berdebat gara-gara hal kecil seperti siapa yang duduk di kanan atau kiri ketika nonton, siapa yang giliran telepon malam ini, dan siapa yang jemput ketika hendak berkencan, mungkin kalian perlu memikirkan kembali tentang hubungan kalian. Karena pasangan yang sering mendebatkan hal-hal kecil cenderung gagal untuk membentuk ikatan karena mereka tidak memiliki effort untuk mengerti karakter pasangan. Bukan berarti kalian tidak mampu untuk memperbaikinya, namun jika kalian tidak menaruh perhatian lebih pada hal-hal seperti ini, semua usaha kalian akan sama saja. Perbedaan memang menyatukan bahkan menggenapkan, jika kalian tidak merasa terlalu banyak berdebat akan hal-hal kecil, tidak ada yang perlu dikhawatirkan!

2. Jika harus berdebat pun, kalian akan menghasilkan sebuah kesepakatan baru

Sayang maafin aku ya, nih kartu kredit aku buat belanja kamu supaya kamu ngerasa baikan...

Sayang maafin aku ya, nih kartu kredit aku buat belanja kamu supaya kamu ngerasa baikan… via favim.com

Ketika mau tidak mau kalian harus berdebat mengena sesuatu, pada akhirnya kalian akan menemukan sebuah kesimpulan terhadap apa yang kalian bicarakan. Jadi tidak akan ada lagi perdebatan tidak berguna dan hanya menguras emosi. Sebaliknya, perdebatan kalian akan membawa sesuatu yang baru dalam hubungan kalian dan membuat kalian semakin mampu untuk berpikiran terbuka serta mampu mengapresiasi setiap perbedaan yang ada.

3. Kalian percaya sepenuhnya satu sama lain

Percaya satu sama lain

Percaya satu sama lain via www.quoteinsta.com

Jika kalian tidak memiliki pikiran buruk ketika pasangan pergi bersama teman-temannya, tidak terlalu ‘rewel’ dalam keharusan memberi kabar, tidak merasa cemburu ketika pasangan bersama teman lawan jenisnya… well, selamat! Kamu sudah mampu untuk memercayai pasanganmu sepenuhnya. Kamu mampu berpikir bahwa pasanganmu tidak akan melakukan sesuatu yang nantinya akan mengancam hubungan kalian. Jika pasanganmu juga percaya padamu sepenuhnya, you’re a very lucky person!

4. Kamu selalu antusias jika membicarakan masa depan kalian

Komitmen yang mantap bersamanya

Komitmen yang mantap bersamanya

Advertisement

Ketika kalian berada pada hubungan yang dewasa, masa depan hubungan kalian sepertinya terlihat jelas hendak akan dibawa kemana. Membicarakan bagaimana kehidupan kalian berdua kelak adalah hal yang membuat kalian antusias. Karena jauh di dasar hati kalian tahu bahwa kalian melangkah ke arah yang benar dan dengan orang yang tepat pula.

5. Lama menjalin hubungan tak menjadi masalah, karena memang dengannyalah kamu hendak melangkah

Bersama selamanya

Bersama selamanya via www.tumblr.com

Karena kamu tahu, there’s no place you’d rather be. Kamu tidak memiliki keinginan untuk bersama yang lain karena memang dialah yang selama ini kamu punya. Settle down bersamanya mungkin adalah satu keputusan yang tidak akan kamu sesali karena memang dengannyalah kamu ingin melangkah.

6. Semakin lama kalian akan semakin sadar, bahwa menahan perasaan justru akan semakin membuat hubungan memudar

Bersama-sama menjalin hubungan yang sehat

Bersama-sama menjalin hubungan yang sehat via www.tumblr.com

Sudah bukan lagi tahap saling malu-malu dan gengsi satu sama lain masih menghampiri. Sekarang kalian berdua sudah tidak canggung lagi untuk membicarakan hal apapun berdua.

Cewek: Beb, cium deh badan gue sedap ga?
Cowok: Dih kok bau ayam sih beb? Pake parfum apaan?
Cewek: Ini gue taburin badan gue pake royco penyedap serba guna

Kalian tidak pernah lagi menahan perasaan yang mengganggu di antara kalian. Karena kalian akan membicarakannya secara baik-baik dan dengan pikiran terbuka. Kalian senang membicarakan tentang hal-hal yang berbeda, karena memang perbedaanlah yang menyatukan kalian berdua dan semakin lama kalian akan menikmatinya karena berjuang di jalan yang sama.

7. Ketika “Aku” dan “Kamu” telah menjadi “Kita”

Ketika Aku dan Kamu telah menjadi Kita

Ketika Aku dan Kamu telah menjadi Kita via www.tumblr.com

Sebelumnya, hanya ada “Aku”. Sekarang, kalian berdua telah menjadi satu. Meskipun kalian berdua paham bahwa kalian adalah dua individu dan jiwa yang berbeda, namun kalian berbagi cinta dan kehidupan yang sama. Saat “Kita” lebih banyak tersirat di pikiran, artinya kamu selalu menganggap pasanganmu adalah bagian yang penting untuk diajak berdiskusi ketika membicarakan hal serius seperti rencana masa depan, liburan, atau bahkan rencana untuk sekolah ke luar negeri. Semua harus dibicarakan bersama-sama.

8. Perbedaan karakter bukan menjadi hal yang patut disesali, karena dari situlah kalian belajar untuk saling mengerti

Sayang jangan marah ya kita nggak dinner bareng dulu...

Sayang jangan marah ya kita nggak dinner bareng dulu… via neilvn.com

Kamu mampu untuk menghargai pasanganmu dalam hal apapun. Entah itu dalam hal perasaan, karakter, hobi, karir, dan tujuan hidup. Karena yang paling berharga bagi kalian adalah hubungan kalian berdua itu sendiri. Jadi sepertinya sudah nggak jaman lagi kalian bertengkar gara-gara salah satu lebih suka menghabiskan bonus gajinya buat beli robot Gundam daripada mengajakmu fancy dinner ke restoran mewah.

Sayang, aku pengen beli Gundam lagi. Nggak apa-apa ya?

It’s okay. Asal jangan terlalu sering ya. Hemat, beb.

9. Perbedaan jarak tidak berarti apa-apa jika kalian berdua mampu menyiasati tantangan yang ada

Perbedaan jarak tidak berarti apa-apa via fineartamerica.com

*Setelah sebulan terpisah*

“Beb, kemarin aku ketemu anak kecil pake kaos angry birds, lucu! Eh tapi dia nangis keras banget waktu es krim yang dipegangnya jatuh. Terus aku juga lihat ada pedagang koran, lagi jualan koran di lampu merah. Teruuusss aku juga habis makan sendirian di kafe langganan kita, rasanya kayak jomblo beb kalo nggak ada kamu yang nemenin aku. Oh iya aku juga habis ini bla bla bla…”

“Bilang aja kamu kangen. Susah amat.”

*pingsan*

Biasanya nih, kalau salah satu sedang pergi ke luar kota dalam waktu yang cukup lama, ketika bertemu rasanya adaaa saja hal yang diceritakan. Walaupun kamu menikmati kesendirianmu saat pasanganmu tidak ada di sampingmu, tetap saja rasanya kamu nggak sabar untuk bertemu dengannya kan?

10. Kamu tak mau lagi ada pengganggu, karena memang dengannyalah tujuanmu berlabuh

Tujuan sudah di depan mata

Tujuan sudah di depan mata via www.lifehack.org

Kamu tidak perlu susah-susah memikirkan bagaimana kalian bisa saling jatuh cinta dan sepakat untuk membina hubungan, karena semuanya berjalan apa adanya. Ketika kamu ada dalam hubungan yang mampu bersikap dewasa, kamu sudah benar-benar mantap menjatuhkan pilihan padanya karena memang ialah yang membuatmu mampu untuk berbahagia dan segala bentuk kasih sayangnya yang tidak mampu kamu tolak.

Berada dalam sebuah hubungan yang tepat memang kadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika kamu rasa tanda-tanda di atas tidak ada pada hubunganmu saat ini, mungkin sudah saatnya bagi kalian untuk introspeksi diri dan mencari poin dimana kalian merasa masih saling menyakiti. Karena demi kebaikan kalian berdua, perpisahan kadang adalah hal yang perlu dilakukan jika dua hati tak lagi saling menyatukan. Namun jika kamu merasa bahwa hubungan kamu dan dia baik-baik saja, selamat ya! Akhirnya kamu telah menemukan seseorang untuk diajak berbagi cinta dan pengalaman hidup lainnya. Karena tak ada hal yang lebih membahagiakan selain menemukan the right one dan mungkin tak akan sama jadinya jika kamu dengan yang lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya