Hidup memang penuh kejutan. Hidup juga penuh kata belajar. Namun ada satu hal yang seringnya dilupakan: hidup adalah ketidakpastian. Bahkan apa yang dua menit ke depan akan terjadi, tak ada seorang pun yang mengetahui. Karena hidup dalam ketidakpastian ini, rasanya kok congkak sekali jika seseorang terlalu percaya diri. Maksudnya terlalu berharap apa yang dia inginkan pasti terjadi.

Termasuk hubungan. Apalagi kalau kamu terlalu percaya diri hanya karena berpatok pada lamanya kalian pacaran. Biar kamu nggak terjebak semakin dalam dalam rasa percaya diri yang berlebihan ini dan justru membahayakan hati sendiri, mari sama-sama renungi beberapa hal berikut ini.

1. Lamanya waktu pacaran memang berarti punya kesempatan saling mengenal lebih besar. Tapi menikah tak cukup dengan satu hal itu bukan?

Cukupkah kalau hanya saling mengenal? via www.nessakphotography.com

Advertisement

Kalau dibandingkan dengan rata-rata orang pacaran, hubungan kalian memang terbilang cukup lama. Ya gimana nggak lama, kamu udah mulai pacaran saat yang lain masih sibuk main sama teman. Kamu sampai hafal di luar kepala kebiasaan baik maupun buruk pacarmu ini Bahkan hal-hal remeh seperti ukuran sepatu dan takaran gula dalam kopinya kamu tak perlu bertanya lagi. Namun meski kalian sudah saling mengenal luar dalam, terlalu percaya diri rasanya berlebihan kalau dilakukan. Toh untuk menikah, saling mengenal saja tak cukup kan?

2. Terlalu percaya diri diam-diam buatmu jadi seseorang yang tinggi hati. Padahal pacaran lama nyatanya bukan sebuah prestasi

Masih ada hal lain yang bisa kamu anggap prestasi 🙂 via www.nessakphotography.com

Halah baru pacaran sebentar aja udah banyak gaya!

Kalimat tersebut sering kali terlontar darimu saat melihat pasangan lain menunjukkan rasa cinta. Lamanya kamu menjalin hubungan ini buatmu berada di atas angin dan merasa mereka yang baru seumur jagung pacaran tak selevel. Diam-diam kamu berubah menjadi seseorang yang tinggi hati dan merasa paling berprestasi dalam hal lama-lamaan pacaran. Padahal kata orang, lama atau tidaknya pacaran bukan sebuah jaminan untuk nanti bersanding di pelaminan. Apalagi prestasi? Rasanya ada yang lebih layak dikategorikan sebagai prestasi daripada lamanya pacaran ini.

3. Bukannya bikin iri, sikapmu ini justru bikin orang-orang sebal. Nggak mau kan kalau nanti dijauhi teman?

Mereka sebal dan (yang pasti) ngomongin kamu di belakang via www.nessakphotography.com

Advertisement

Di belakangmu, banyak orang mengeluhkan sikapmu yang mengagungkan hubungan itu. Karena kamu merasa tinggi hati dan ‘berprestasi’ sendiri. Memang sih apapun yang kita lakukan bakal jadi omongan orang. Namun kalau memang ada yang perlu diperbaiki dari diri sendiri, mengapa tak dilakukan? Apalagi kalau apa yang selama ini kamu lakukan udah keterlaluan. Daripada teman yang semakin sedikit ini malah satu persatu pergi? Tak ada lagi bahu tambahan di kala kamu butuh sandaran.

4. Mungkin kamu punya firasat kalau bakalan menikah dengannya. Tapi apakah pacarmu juga berpikiran yang sama?

Apakah dia berpikiran yang sama? via www.nessakphotography.com

Bertahun-tahun mengenalnya buatmu semakin kuat berharap kalau nanti dialah yang akan mendampingimu di pelaminan. Bahkan firasatmu pun mengatakan hal yang sama. Namun itu semua berasal dari dirimu semua. Kamu belum tahu pasti apakah pacarmu berpikiran yang sama? Toh apa yang sebenarnya ada di pikiran setiap orang tak ada yang tahu.

5. Karena pada dasarnya masa depan nggak ada yang pasti. Apalagi Tuhan Maha Membolak-balikkan hati

Masih ada kekuatan yang lebih hebat daripada kekuatan cintamu~ via www.nessakphotography.com

Bertahun-tahun bersama dan punya tujuan yang sama rasanya belum cukup untuk memastikan masa depan akan berjalan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Ingat, masih ada kehendak Tuhan yang lebih kuat daripada keinginan sepasang manusia dengan ikatan cinta. Apalagi Tuhan Maha Membolak-balikkan hati. Yang pacaran lama sekali saja bisa bubar karena ditikung orang. Pun dengan hubungan tahunan yang bisa disalip dengan dia yang mau melamar duluan.

6. Segala sesuatu yang berlebihan memang nggak ada manfaatnya. Termasuk terlalu percaya diri hanya karena udah pacaran lama

Berlebihan memang nggak ada manfaatnya via dylanmhowell.com

Semesta nggak suka sesuatu yang berlebihan. Termasuk berlebihan dalam percaya diri hanya karena modal pacaran lama. Sekali Tuhan berkehendak, semesta mampu langsung memisahkan kalian berdua. Tak peduli selama apapun kalian udah jalani hari-hari berdua.

Karena pada akhirnya terlalu percaya diri tidak akan memberimu apa-apa. Biarkan cinta kalian berdua berjalan apa adanya. Tak perlu memaksa. Toh kalau kalian benar-benar jodoh semesta akan membuka jalannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya