Bagaimana bisa kamu melenggang dengan nyaman kalau tatapan mata calon mertua nampak begitu kejam? Ya, kamu memang sedikit belum beruntung atau memang perlu perjuangan lebih biar hubunganmu lancar. Kamu dan pacarmu memang memiliki banyak sekali impian, tapi selayaknya impian ya kalau cuma dinikmati di dalam kepala tanpa diwujudkan akan sia-sia. Sayangnya, semua impianmu selalu berkaitan dengan calon mertua, orang tua pacarmu itu yang galak, yang kadang memukul hatimu telak dengan kata-kata singkat padat dan menyakitkan.

Kamu bisa meluluhkan hati mereka, orang tua pacar yang selama ini seolah jadi musuhmu itu. Kalau hanya dengan menunggu mereka berubah ya jelas semua nggak akan mudah, kecuali kamu punya niat dan usaha buat mengubah dirimu sendiri. Banyak yang bisa dilakukan dan usaha ini nggak cukup sendirian, kekasihmu juga harus turut membantu. Semua orang bisa berubah, pasti ada celah membuat mereka berubah dan berbaik hati kepadamu.

1. Setiap kali datang, usahakan kamu menjaga wibawamu. Jaga sikap dan gestur tubuhmu dengan mantap

Layaknya bermain catur, kamu perlu strategi yang dipikirkan baik-baik …. via unsplash.com

Advertisement

Setiap kali malam minggu datang, sudah seperti biasanya kamu datang ke rumahnya buat sekadar berkunjung atau mengajaknya kencan. Momen ini bikin nyalimu ciut karena kamu sadar galaknya calon mertua bisa sewaktu-waktu memarahami dengan kejam. Kamu harus menjaga wibawamu, tampil rapi dan tunjukan kalau kamu seorang manusia yang layak dihargai. Jangan ragu, gestur tubuhmu harus mantap. Orang yang melihatnya pasti berkesan kalau kamu adalah orang yang penuh dengan pendirian.

2. Kalau calon mertua memang berperilaku tertutup, buka obrolan dengan pelan-pelan. Jangan malah diam aja

Meski dicuekin kamu harus tetap ngajak ngobrol, percaya diri aja deh …. via unsplash.com

Kadang mereka yang nggak suka atau memang belum terlalu kenal memang jarang mengajak bicara. Seperti calon mertuamu itu, duduk di sofa empuk membaca koran yang menutupi hampir setengah bagian tubuhnya. Kamu yang ingin basa-basi jadi malu habis karena nggak diacuhkan. Kalau ingin meruntuhkan tembok pembatas di antara kamu dan beliau ini, jalan satu-satunya ya hanya dengan terus membuka obrolan. Jangan mau kalah atau malah nyalimu ciut. Ibarat air hujan yang mampu melubangi batu, niat tulusmu dan konsistensi pasti akan membuahkan sesuatu.

3. Meski omongan beliau kadang tajam dan menusuk, pastikan kamu menyambutnya dengan senyum. Jangan malah sedih bahkan marah

Jangan malah murung begitu, kamu harus tetap semangat …. via unsplash.com

Jangan semua omongan calon mertuamu yang menyakitkan itu kamu masukkan ke hati. Banyak yang bisa diambil dari omongan calon mertuamu yang sebenarnya lucu. Kamu hanya perlu menanggapinya dengan senyum atau bahkan tawa. Jangan terpancing buat marah balik, pastikan kamu tetap dengan sikap dewasa, tunjukkan kualitasmu sebagai cowok yang penuh wibawa.

4. Mereka galak karena sayang ke anaknya. Kalau kamu bisa menyayangi pacarmu dengan tulus pasti lama-lama mereka luluh

Kalau cintamu tulus pasti ada jalan dan restu segera didapat …. via unsplash.com

Advertisement

Calon mertuamu itu sayang banget ke pacarmu, seperti halnya kamu ke pacarmu itu. Masalahnya, calon mertuamu itu nggak pernah tahu rasa sayang yang kamu berikan ke pacarmu. Kamu perlu perlihatkan niat baik kepada pacarmu, biarkan orangtunya tahu kalau kamu benar-benar dengan tulus menyayangi anaknya itu.

5. Pastikan kamu memang punya pegangan yang mantap. Sebab setiap orang tua pasti ingin anaknya punya pasangan yang tak mudah goyah

Bikin mereka percaya kalau kamu adalah calon menantunya yang cocok buat anaknya …. via unsplash.com

Kamu pastinya adalah cowok dengan tanggung jawab yang besar dengan niat dan usaha di masa depan yang indah bersama calon pasangan. Makanya, kalau kamu memang beneran sayang harusnya kamu sudah mempersiapkan diri dengan mencari pekerjaan tetap dan penghasilan yang bikin hubungan tenang. Calon mertua yang tahu kalau kamu sudah dalam keadaan nyaman pasti restu bisa didapat.

6. Orang tua pacar yang galak biasanya nggak suka basa-basi. Ngobrol aja langsung tanpa banyak basa-basi

Jangan kebanyakan bercanda ya … kadang malah garing dan berkesan buruk … apalagi mereka galak …. via unsplash.com

Orang tua pacarmu bisa jadi nggak suka dengan sikapmu yang kebanyakan basa-basi. Kamu harus membuka diri dan sering-sering mengungkapkan hal-hal yang penting saja. Sebab sebenarnya calon mertuamu yang galak itu nggak ada waktu mendengarkan basa-basimu. Hanya butuh kesabaran kok, meski kadang omonganmu yang serius selalu dimentahkan. Kamu jangan terus ciut. Harusnya kamu tergerak buat membuktikan omonganmu itu.

Calon mertua boleh galak, tapi kamu jangan mau diperbudak. Keputusan orangtua soal jodoh anaknya hanya sekadar opsi, tetap pacarmu yang memiliki hak menentukan. Orangtua hanya memiliki harapan. Kalau harapan itu dirasa baik buat kehidupan anaknya, si anak tetap harus mengamini harapan orangtua. Calon mertua sebenarnya tak punya maksud jahat. Mereka hanya takut kehilangan anaknya dan jatuh kepelukan seseorang yang dirasa kurang layak. Mulai saat ini, tunjukan kualitas dan kelayakanmu buat meminang pacarmu. Semoga restu baik didapat dan disegerakan ke pelaminan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya