Gagal dalam menjalani hubungan nggak selamanya hanya jadi kesedihan buat cewek. Meski cewek kelihatannya lebih vokal dan merasa tersakiti, tapi ada kalanya cowok juga bersedih saat hubungannya harus berakhir. Bedanya, cewek mungkin tak akan ragu menceritakan kesedihannya pada kawan-kawannya. Cewek tak ragu buat curhat tentang apa yang ia rasakan, sehingga beban yang ditanggung tak terlalu berat.

Berbeda dengan cowok yang kebanyakan punya gengsi saat harus menceritakan kesedihannya pada orang lain. Sementara di lingkungan pertemanannya, cowok selalu dituntut buat tegar dan kuat. Padahal, semua manusia pasti punya perasaan dan bisa banget terluka karena kehilangan kan? Berikut Hipwee Hubungan akan menguraikan deretan perasaan cowok ketika mereka terluka, meski serba salah tapi mau bagaimana lagi?

1. Gagal dalam hubungan karena masalah finansial itu menyakitkan. Belum juga perasaan minder dan takut nggak bisa membahagiakan pasangan

Maaf, Dek, belum bisa belikan tas Hermes. via unsplash.com

Advertisement

Di dunia ini secara relatif, nggak ada yang mau hidup susah. Hidup dengan penghasilan pas-pasan yang terkadang hanya cukup buat diri sendiri saja sudah setengah mati bikin cowok minder. Meski pasangan nggak menuntut apa-apa, cowok merasa punya tanggung jawab lebih buat memenuhi kebutuhan pasangannya saat sudah resmi nanti. Gagal dalam hubungan karena urusan finansial yang seringnya dialami cowok jarang banget dibicarakan dan diutarakan. Tentu saja karena ada rasa nggak percaya diri dan minder. Saat seperti ini, cowok butuh waktu buat menyendiri dan menghilangkan kegundahannya, baru kemudian kembali mengatasi masalahnya.

2. Ketika usaha untuk memberikan yang terbaik buat pasangan selalu diartikan lain, rasanya begitu menyakitkan. Apalagi kalau terus disalahkan

Paling nggak bisa lihat kamu sedih dan uring-uringan begini. via unsplash.com

Bukan rahasia lagi kalau ungkapan ‘cewek selalu benar’ memang masih diterapkan dalam banyak jenis hubungan. Sebagai sosok yang dipercaya lebih dewasa, mengayomi, dan sabar, cowok biasanya memang mengalah. Tujuannya tentu agar pasangannya merasa lebih baik dan nggak marah-marah. Tapi tentunya cowok juga nggak mudah melewatinya, selalu jadi kambing hitam atas semua masalah itu nggak mudah. Apalagi kalau sebenarnya cowok sudah usaha maksimal demi kebahagiaan pasangan, tapi justru diartikan lain. Perih, Bro!

3. Bagi cowok, waktu buat menyendiri atau ‘me-time’ itu berharga sekali. Tapi saat butuh sendiri, cowok malah dicap cuek dan nggak peduli

Biarkan aku sendiri dulu, berisitirahat dari hari yang lelah. via unsplash.com

Berbeda dengan cewek yang selalu ingin ditemani, cowok seringnya memilih untuk menyendiri. Kebanyakan cowok ingin bebas melakukan apa pun sendiri, tanpa dikomentari, dan tanpa dibebani. Sesimpel memberikannya waktu buat menghabiskan waktu sendiri dalam satu hari di akhir pekan. Sayangnya, banyak cewek yang menilai tindakan cowok yang begini ini adalah wujud dari cuek dan nggak peduli. Nggak bisa dihubungi sehari, lalu dicurigai jalan bareng cewek lain. Kalau sudah begini, kadang amarah nggak bisa dibendung, saking sakit hati dan sebelnya.

4. Layaknya manusia biasa, cowok juga punya permasalahan. Tuntutan harus kelihatan tegar, terkadang justru bikin nggak sabar

Aku nggak apa-papa kok (tapi hati menangis). via unsplash.com

Advertisement

Di masyarakat kita, cowok seringnya dicap sebagai sosok yang superior dengan berbagai tanggung jawab yang dipikulnya. Namun kadang kala, cowok juga merasa nggak kuat dengan permasalahan hidupnya dan butuh sekadar ‘merengek’ di pelukan sang pacar. Tuntutan untuk selalu kelihatan tegar menghambat cowok buat bisa mengungkapkan kesedihannya dengan leluasa. Akhirnya cowok lebih memilih menahannya sendiri. Bukannya kelar, masalah justru tambah lebar karena harus menanggung perasaan yang terbebani dan tuntutan sana-sini.

5. Sedih ketika keseriusan malah dianggap bercandaan. Padahal mengumpulkan keberanian itu bukan hal yang mudah

Ikutan ketawa tapi kesal dalam hati. via www.girlsaskguys.com

Sesungguhnya bagi cowok, mengakui perasaannya pada cewek adalah hal yang sangat bikin deg-degan. Nggak mudah bagi cowok untuk mengumpulkan keberanian dan akhirnya mau menyatakan. Tapi ketika kalimat pernyataan sudah terucap, beberapa cewek malah menganggapnya sebagai bercandaan. Mentang-mentang pribadi cowoknya kocak, bukan berarti setiap kata-kata yang ia ucap patut ditertawakan. Kalau sudah begini, rasa yang berapi-api jadi layu dan nggak ada artinya. Sedih setengah mati, malu, kesal, bercampur jadi satu.

6. Nggak selamanya cowok itu gombal dan PHP ketika mendekati banyak cewek. Sebenarnya cowok hanya sedang menunggu kemantapan hati kalau dia benar-benar sayang

Daripada nggak mantap setelah menentukan? via unsplash.com

Cowok suka sakit hati kalau dianggap PHP dan gombalin cewek sana-sini. Sebenarnya tujuannya cowok begitu ya ingin cari kemantapan hati dengan cewek yang ia incar. Tapi seringnya diartikan lain dan dibilang playboy dan dibilang memberikan harapan palsu. Percayalah, cowok yang bener nggak akan main-main terlalu jauh ke cewek kalau belum resmi jadi miliknya. Kalau adayang melewati batas ini, baru wajar deh dibilang PHP dan tukang ngegombal.

Sementara cewek nggak ragu untuk menangis dan melampiaskan kesedihannya dengan merengut seharian, cowok ‘terpaksa’ menahan itu semua. Memang nggak enak sih dituntut untuk selalu kelihatan tegar, padahal permasalahan di otak dan hati masih belum kelar. Buat cowok-cowok di luar sana yang sedang bersedih dan gundah gulana, menangislah dalam diam, dan jangan takut buat bersedih. Nggak ada salahnya kok, karena cowok sama-sama manusia yang punya perasaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya