Katanya, cemburu itu salah satu indikator bahwa kamu mencintai seseorang. Ketika kamu merasa ada gemuruh dalam dadamu melihat dia bersama yang orang lain menjadi pertanda bahwa kamu telah jatuh cinta kepadanya. Kalau dia pacarmu segeralah berterus terang bahwa kamu cemburu, kalau hanya sekadar gebetan buatlah perlakuan yang bisa membuatnya punya ikatan denganmu.

Bicara soal cemburu bisa dibilang bak pisau bermata dua. Di satu sisi baik karena membantumu memahami perasaanmu, tapi di sisi lain buruk kalau kamu nggak bisa mengendalikannya. Sebab cemburu yang berlebihan seringkali merunyamkan hubungan. Untukmu yang sedang dalam hubungan pacaran, inilah 6 hal keliru yang tanpa sadar kerap dilakukan saat cemburu, pahami sebelum ini merugikanmu.

1. Cemburu itu alamiah, tapi mesti pandai mengelolanya. Biar dia tak merasa jengah atas sikapmu yang begitu

Mengelola rasa via www.pexels.com

Advertisement

Cemburu memang sebuah perasaan yang wajar muncul saat kamu mencintai seseorang. Tapi mesti berhati-hati, kamu harus bisa mengelola perasaanmu sendiri sebab mudah cemburu bisa membuat pasanganmu nggak nyaman terlebih ketika kecemburuanmu nggak berdasar. Salah-salah bukannya tersadar bahwa cintamu besar, pacarmu justru gusar dengan sikapmu yang nggak wajar.

2. Saat cemburu biasanya orang berprasangka yang aneh-aneh. Padahal prasangka itu sering kali berlebihan

Bahaya via www.unsplash.com

Dalam menjalin hubungan, perasaan cemburu dalam diri kepada pasangan mesti dikontrol. Sebab cemburu seringkali menjadi awal mula pertengkaran. Cemburu yang nggak terkontrol memunculkan prasangka-prasangka aneh dalam pikiran. Dan seringkali prasangka-prasangka tersebut nggak sesuai dengan kenyataan yang ada.

3. Saat kamu mencurigai ada sesuatu sebaiknya dicari tahu kebenarannya dahulu, jangan tiba-tiba asal tuduh

Trik cemburu via www.pexels.com

Salah satu trik cemburu tanpa resiko adalah dengan selalu berprasangka baik dalam setiap keadaan. Saat kamu melihat pacarmu jalan dengan orang lain, jangan buru-buru kesal. Cemburu boleh tapi jangan biarkan akalmu ikut terbakar, cukup perasaanmu saja.

Advertisement

Alangkah baiknya kamu cari tahu kebenarannya dengan yang bersangkutan. Bisa jadi pacarmu sedang ada urusan pekerjaan dengan orang yang kamu cemburui, atau mungkin dia saudara jauh cowokmu yang belum dirimu kenali. Barulah setelah tahu kamu bisa mengambil sikap.

4. Cemburu buta membuatmu dominan bertindak menggunakan perasaan dibanding akal, yang akhirnya berujung pada tindakan irasional

Cemburu buta via www.pexels.com

Mengendalikan diri saat cemburu sangat dianjurkan sebab saat cemburu biasanya orang lebih mengedepankan perasaan dibanding akal, alhasil seringkali yang terjadi adalah hal-hal yang nggak diinginkan. Sebut saja cemburu buta, fase cemburu yang paling berbahaya sebab perasaan dibiarkan mengambil alih sikap. Padahal segala keputusan bersikap harus terletak di antara perasaan dan akal sehat supaya bisa mengambil keputusan yang bijak.

5. Kalau memang cinta semestinya percaya. Kamu boleh bersikap tegas kalau dia sudah terbukti jelas mempermainkan

Percaya tapi ambil jarak via www.unsplash.com

Dalam berpacaran, memupuk kepercayaan kepada pasangan sangatlah penting maka dari itu sejatinya kamu nggak boleh terlalu menjadi pencemburu dalam berhubungan. Selain karena bisa bikin pacarmu nggak nyaman, juga karena itu akan merugikanmu sebab kamu bakal capek mengurusi sesuatu yang nggak jelas juntrungannya. Jadi, harusnya kamu bisa mengontrol perasaanmu.

Namun kamu juga mesti mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada sesuatu yang nggak beres, kamu harus mencari tahu kebenarannya. Kalau memang benar dia berbuat curang kepadamu, maka jangan ragu untuk bersikap tegas kepadanya.

6. Daripada curiga pacarmu mendua, lebih baik kamu fokus meningkatkan kualitas diri. Supaya dia tahu, sosokmu itu terbaik baginya

Memperbaiki diri via www.unsplash.com

Sejatinya daripada kamu sibuk memikirkan pacarmu yang berbuat curang atau nggak dibelakangmu, lebih baik kamu fokus terhadap dirimu sendiri. Benahi diri. Fokus dengan apa yang ingin kamu raih dalam karirmu. Buat dia kagum dengan kepribadianmu dan prestasimu.

Rasanya kalau kamu sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses dalam karir, pasanganmu pun akan segan untuk berlaku macam-macam di belakangmu. Sebab pasti akan banyak yang mencari pasangan sepertimu.

Kata orang apa-apa yang berlebihan itu nggak baik, termasuk sikap cemburu dalam mencintai. Terlalu pencemburu bisa membuat kamu kehilangan kontrol atas diri. Cemburu buta terkadang membuatmu berprasangka dan bersikap irasional. Alih-alih menunjukkan bahwa kecemburuan sebagai ujud cintamu, sikapmu yang berlebihan justru membuat keadaan jadi nggak karuan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya