Menjalani hubungan LDR adalah sesuatu yang boleh dibilang sukar dijalani. Nggak seperti mereka yang pacaran satu kota, mereka yang menjalani hubungan jarak jauh mau nggak mau mesti rela jarang bertemu. Kerinduan kepada pasangan dan keinginan bertemu yang menggebu sudah menjadi sepasang hal yang saling melengkapi dan wajib dilewati. Resah dan gelisah selalu bergejolak di relung hati yang terdalam.

Yap! bagi para lone ranger, jarak menjadi momok utama. Bayangkan saja, yang sekota saja kadang suka nggak tahan kalau sedang rindu, apalagi mereka yang LDRan; sudah sampai tahap gregetan. Apalagi kalau malam minggu tiba, di saat pasangan lain makan malam bersama atau pergi ke bioskop, bertukar cerita, bersenda gurau dan lain sebagainya, praktis, para lone ranger cuma bisa gigit jari. Tapi kamu para lone ranger nggak perlu khawatir, Hipwee akan mengulas 6 hal ampuh yang bisa bikin rindumu mereda seketika meski kamu sudah lama nggak bertemu dan berbinang empat mata dengan pasanganmu.

1. Kalau rindumu sudah nggak tertahankan, melihat foto atau video kenangan indah saat berdua dengannya sedikit bisa mengoba sendunya perasaan

Foto kebersamaan via www.unsplash.com

Advertisement

Sosoknya yang berada nun jauh di sana selalu terbayang di waktu-waktu senggang. Terlebih saat malam, waktu di mana kesenduan mencapai titik puncak pada saat itulah rindu sudah nggak tertahankan. Melihat foto atau video kebersamaan yang terekam dalam gawaimu bisa jadi salah satu obat mujarab meredakan kerinduan. Meski terkesan sepele, melihat gambar atau menonton video kebersamaan sedikit bisa menggantikan kehadirannya.

2. Mendengarkan sambil menyanyikan lagu kenangan kamu dengan dia. Luapkanlah segala perasaanmu dengan bernyanyi sekencang-kencangnya

Sing out loud via www.unsplash.com

Bicara ihwal rindu, entah bagaimana caranya mesti segera terlunaskan. Tapi terkadang keinginan itu nggak sejurus dengan keadaan, ada saat di mana kamu ingin menghubunginya namun ia sedang sibuk dengan pekerjaannya di sana. Nyesek pasti rasanya. Tapi ya begitulah resiko LDR.

Dari pada semakin menambah nyesek dan kesal karena keadaan, obati rindumu akan sosoknya dengan mendengarkan musik yang biasanya manjur sebagai pemecah suasana. Dengarkan lagu yang mengingatkan kebersamaan dengannya, ingat hal-hal manis dan janji yang telah kalian sepakati bersama untuk tetap saling setia meski halang rintang kerap menghadang jalan. Luapkan kerinduanmu sambil bernyanyi. Lepaskan semuanya.

3. Daripada diam dan nyeseknya rindu nggak kesampaian semakin terasa, mending dipakai untuk menulis saja. Siapa tahu suatu saat nanti tulisanmu itu jadi karya yang berguna

Siapa tahu jadi karya via www.unsplash.com

Advertisement

Menulis adalah salah satu cara bagi sebagian orang untuk menumpahkan segala keresahan yang ada di dalam jiwa. Saat rindumu nggak kesampaian, daripada bengong atau main hape nggak jelas mending pergunakan waktumu untuk menuliskan perasaanmu. Tuangkanlah apa yang kamu rasakan menjadi tulisan; entah itu puisi, cerpen, atau teks yang entah sebutannya apa.

Aktivitas ini barangkali sedikit bisa mengalihkan pikiran dan perasaanmu dari kerinduan. Saat sudah selesai, simpan baik-baik. Siapa tahu suatu saat tulisan ini berguna atau jadi karya

4. Sedih memang harus selalu menahan rindu karena terpisah jarak, tapi kamu mesti ingat bahwa dia yang jauh di sana sedang berjuang untuk masa depanmu juga

Ingat perjuangannya via www.unsplash.com

Nggak bisa dipungkiri lagi bahwa sekali waktu pasti ada keraguan yang datang saat kamu dipaksa terus-terusan menahan kerinduan. Adakalanya kamu ingin menyerah saja sebab sudah nggak kuat lagi menghadapi kenyataan. Kalau sampai saat itu tiba, hal yang wajib kamu lakukan adalah kembali mengingat komitmen awal yang telah kamu dan dia buat untuk selalu bersama.

Ingat pula apa yang melatarbelakangi hubunganmu terpisah jarak; ada yang mesti diraih olehnya, yaitu karir dan kesuksesan. Ingat semua yang dia lakukan itu juga demi masa depan hubungan juga. Sudah sampai sejauh ini, masa iya kamu mau berhenti?

5. Tuntaskan kerinduanmu saat tiba jadwal telpon atau video call dengannya. Tumpahkanlah kerinduanmu, ceritakanlah keluh kesahmu, dan buanglah kesenduan dari hatimu

Calling Darling via www.pexels.com

Apabila kerinduan sudah nggak bisa ditahan-tahan lagi maka menelpon atau video call menjadi momen yang harus kamu manfaatkan betul untuk melenyapkan semuanya. Manfaatkanlah momen ini dengan sebaik-baiknya. Awali dengan menanyakan kabarnya, ceritakan bagaimana harimu berjalan, tumpahkalan segala keresahan, dan akhiri dengan candan-candaan yang pasti juga kamu rindukan. Satu hal yang mesti kamu perhatikan adalah sebisa mungkin hindari bahasan-bahasan yang berat-berat supaya obrolanmu bisa air dan berlangsung lama.

6. Jalan terakhir yang bisa kamu tempuh saat gejolak rindu dalam dada nggak lagi bisa mereda adalah dengan menghampirinya ke rantauan

Berkorban via www.pexels.com

Kalau segala jalan yang kamu tempuh masih belum bisa juga mengobati kerinduanmu, maka jalan satu-satunya adalah kamu mesti menghampirinya. Mungkin terkesan agak berat, tapi apa daya hasratmu mesti kamu tuntaskan segera. Dalam hal cinta kadang memang kamu mesti berkorban. Toh ini nggak cuma demi kebaikanmu sendiri, melainkan juga kebaikan hubungan. Sebab boleh jadi juga dia sama sedang merasakan rindu yang dahsyat yang hanya bisa diselesaikan dengan pertemuan.

Itulah beberapa hal yang sekiranya bisa menjadi hal ampuh meredakan kerinduanmu kepada pasangan. Menjalai hubungan jarak jauh memang berat, tapi bukan berarti kamu mesti menyerah dalam menjalaninya. Ingat semua butuh proses. Jika kamu tulus mencintainya dan bersabar dengannya yang sedang berjuang demi meraih karirnya, niscaya semua akan indah pada waktunya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya