Cemburu memang tanda cinta, tapi tetap saja menguras emosi. Cemburu pun ibaratnya bumbu dalam setiap hubungan. Cemburu boleh-boleh saja selagi tau batas dan tidak mengganggu kenyamanan masing-masing. Justru cemburu berlebih bisa menjadi racun dalam hubunganmu sendiri.

Demi terciptanya hubungan yang sehat, seharusnya kalian berdua memiliki kesepakatan tentang batasan-batasan yang tidak boleh kalian langgar. Misalnya, kesepakatan kalian untuk tidak boleh pergi berdua dengan mantan pacar. Agar cemburu tidak terlalu membutakanmu, sadar 5 hal ini sebelum cowokmu gerah dan memilih pergi!

1. Kamu nggak akan bisa membatasi pertemanan cowokmu, sebab dia pun punya kehidupan sosial selain denganmu

percayakan saja hatimu via www.unsplash.com

Advertisement

Biarlah dia menikmati masa-masa berkumpul dengan teman sejawatnya, meski di sana mungkin terdapat beberapa teman perempuannya. Percayakan saja hatimu untuknya, tak perlu ada yang dikhawatirkan selagi mereka tidak memberi dampak negatif pada pacarmu. Lagi pula, kamu nggak mau kan dicap nggak asik oleh teman-teman perempuannya hanya karena melarang keras pacarmu berkumpul dengan mereka?

2. Berhenti cemburu karena cowokmu memberi like di postingan teman ceweknya, sebab itu bukan masalah besar yang harusnya bisa disikapi dengan bijaksana

jangan buang energimu untuk marah via www.unsplash.com

Mungkin rasanya memang ada rasa sedikit kesal yang menjalar saat tau pacarmu memberi like pada postingan teman ceweknya. Sudahlah, tak perlu diambil pusing. Itu mungkin salah satu bentuk apresiasinya terhadap postingan tersebut. Toh kamu juga bisa dengan bebas memberi like untuk siapapun. Ini bukan masalah besar selagi pacarmu hanya memberi like dan tidak berkelanjutan sampai menyapa di direct messages media sosialnya.

3. Coba bayangkan, kamu mungkin pun nggak akan nyaman kalau pacarmu memperlakukanmu seperti dirimu memperlakukannya

coba bayangin jadi dia via www.unsplash.com

Nggak nyamankan saat ke mana-mana harus laporan dulu sama pacar? Atau pacarmu juga melarang saat kamu ingin berkumpul dengan teman-temanmu, padahal memang murni hanya teman. Sebelum kamu banyak melarang dan terlalu mengekang cowokmu, ada baiknya kamu juga memposisikan dirimu seperti mereka. Agar kamu tau seperti apa rasanya terkekang. Kenapa harus saling memberi batas, kalau masih bisa saling percaya tanpa mengekang dan terkekang?

4. Kalau kepo sama isi handphone atau media sosialnya hanya menambah sakit hati, untuk apa dilakukan?

Udah tau sakit, masih aja dikepoin via www.unsplash.com

Advertisement

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh kaum perempuan. Sekali kepo sama isi handphone pacar atau media sosialnya dan mereka menemukan sesuatu yang tidak menyenangkan, kepercayaanmu mulai meluntur. Lalu menjarah isi handphonenya menjadi sesuatu hal yang candu.

Seakan ketagihan kepo dengan privacynya. Kalau memang bagimu itu menyakitkan yasudah, tak perlu tau lagi. Bukankah itu tandanya kamu sendiri yang melukai hatimu? Toh selagi dia tetap setia denganmu dan tanpa kamu tau isi handphonenya, hubunganmu juga akan baik-baik saja.

5. Cemburu yang berlebih adalah bentuk rasa takut kehilangan yang mendalam, itu artinya kamu pun mulai ketergantungan

jangan cemburu berlebihan via www.unsplash.com

Cemburu memang menjadi sebuah sinyal, kalau kamu perlu mempertahankan hubunganmu. Mempertahankan dan menjaga beda halnya dengan mengekang. Saat cemburumu berlebihan, kamu akan terbentuk menjadi orang yang posesif. Ketergantungan pada cowokmu juga tak bisa dipungkiri lagi, ini tandanya kamu yang bermasalah dan kamu pun mulai kehilangan dirimu sendiri. Cemburu itu menandakan, betapa berharganya dia untukmu. Tapi kalau memang dia sayang, dia pasti juga akan menghargai rasa cemburumu dengan tidak memperkeruh keadaan.

6. Lagipula kalau memang dia setia, tanpa kamu kekang pun dirinya tak akan ke mana-mana atau macam-macam

tak usah mengekang via www.unsplash.com

Sebelum cemburu berlebihan, pernyataan ini lah yang harus kamu tanam dalam diri. Tanpa kamu kekang, jika memang dia setia pasti dia pun tidak akan kemana. Tapi sebaliknya, seprotektif apapun kamu, kalau dia memang ingin selingkuh pasti dia akan selalu punya cara untuk curang. Tidak cemburu bukan berarti tidak sayang, tapi sebaiknya kamu memberikan kadar secukupnya pada cemburu yang kamu rasa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya