Cemburu sama pasangan bisa menjadi polemik dalam hubungan. Kamu dan pasangan yang awalnya baik-baik saja tak ada masalah, secara tiba-tiba bisa berantakan lantaran kamu cemburu. Jika prasangka itu muncul memang karena pasanganmu yang ‘bertingkah’ tentu tak apa. Tapi, berbeda kalau kamu curiga kepada pasangan yang berasal dari diri sendiri alias cemburuan tanpa ada alasan.

Kadang, prasangka ini muncul gara-gara kamu tidak percaya diri (red, pede). Entah karena kamu nggak pede dengan penampilan maupun latar belakang yang dimiliki. Padahal, dirimu saat ini sudah memiliki pasangan yang menyayangi dan menerima dirimu seutuhnya. Kamu berhak menyandang julukan sebagai wanita istimewa. Oleh karena itu, sudah saatnya hilangkan dari sekarang rasa cemburu tanpa sebab yang pasti.

1.  Sayangi tubuhmu apa adanya. Belajarlah menerima kekurangan yang kamu punya

belajarlah menerima kekurangan via pixabay.com

Advertisement

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa yang kamu punya saat ini, belum tentu orang lain miliki. Kamu yang merasa kurang cantik dan manis, tak senang dengan tahi lalat di pipi atau wajah yang berjerawat maupun komedo, yah itulah dirimu.

Percayalah apa yang kamu miliki sekarang, meski tidak suka, kemungkinan besar orang lain inginkan. Kekuranganmu akan tertutupi dengan kelebihanmu. Belajar menerima kekurangan yang kamu miliki dan sayangi tubuhmu apa adanya mulai sekarang. Pacarmu tulus mencintaimu dengan kamu yang seperti itu.

2. Bahagiakan dirimu sendiri dengan berbagai cara, tanpa melulu bersama dia

bahagiakan diri sendiri dengan berbagai cara via pixabay.com

Rasa cemburu karena tidak pede dengan diri sendiri membuat dirimu sulit merasa bahagia. Ketika itu juga kamu menjadi down dan tak mudah nyaman dengan hidup. Kamu akan merasa uring-uringan dan kurang semangat beraktivitas. Daripada kamu sibuk galau karena cemburu, lebih baik coba bahagiakan diri sendiri dengan berbagai cara.

Advertisement

Kamu dapat membahagiakan diri sendiri dengan berbagai cara tanpa harus bersama pasangan. Kamu bisa traveling dengan teman-teman atau sendirian, setiap bulan buat rencana bepergian ke berbagai tempat atau aktivitas baru di sekitar rumah, serta mencari hiburan seperti nonton live music. Rasa cemburu yang kamu miliki akan berkurang dan energimu lebih kuat dalam menjalani hidup.

3. Kenakan pakaian yang membuatmu percaya diri dan merasa nyaman sekali

kenakan pakaian yang membuatmu nyaman via unsplash.com

Kadang, hal yang muncul saat kamu sedang cemburuan lantaran tidak percaya diri yaitu kamu berusaha menjadi orang lain. Kamu akan menyontek style orang lain dan berusaha dengan keras agar dirimu diterima mereka. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang mencerminkan dirimu seutuhnya, membuatmu merasa nyaman, dan pede dalam berpenampilan. Dengan begitu, kamu akan lebih pede dan nyaman beraktivitas sehari-hari. Tak ada lagi rasa cemburu muncul gara-gara kamu nggak pede terhadap diri sendiri.

4. Sesekali pakai make-up yang belum pernah kamu coba, siapa tahu bisa membuat wajahmu terlihat unik dan cantik

coba sesekali pakai make-up deh via unsplash.com

Bagi para cewek, kamu bisa memakai riasan wajah yang belum pernah digunakan sesekali. Hal ini karena make-up dapat membuatmu lebih pede dan merasa bahagia. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih menghargai diri sendiri apa adanya. Kamu akan lebih mengenal dirimu seutuhnya dan tak lagi mudah cemburuan dengan cewek lain di sekitar pasanganmu. Toh, mau riasan wajahmu seperti apapun, pacarmu tetap menerima dan sayang padamu dengan tulus.

5. Berhenti curiga atau berprasangka macam-macam ke pasangan kalau tak ada alasan yang berarti

berhenti mencurigai via pixabay.com

Apakah kamu pernah curiga ke pasangan, meski dia sudah mengabari sebelumnya? Jika prasangka itu muncul, maka kabar darinya sejelas apapun seperti tidak memengaruhi dirimu. Kamu tetap curiga dan membuat hubungan menjadi berantakan. Masalah seperti itu yang seharusnya bisa dihindari, malah muncul dan sukses mengganggu keharmonisan kalian saja. Kamu menjadi rugi sendiri. Untuk itu, yuk ubah sikap itu dari sekarang.

6. Tak perlu bandingkan diri dengan cewek lain. Anggaplah kalau mereka pun ingin sepertimu

jangan banding-bandingkan dirimu dengan yang lain via unsplash.com

Satu hal pasti yang kamu harus singkirkan dari sekarang yaitu jangan lagi membanding-bandingkan dirimu dengan cewek lain. Percayalah bahwa diri kamu memiliki kelebihan ynag tidak dimiliki cewek lain. Kelebihanmu adalah anugerah yang mampu menutupi kekuranganmu. Begitupun dengan cewek lain yang memiliki kekurangan juga, namun belum kamu temukan saja. Siapa tahu ternyata banyak cewek yang ingin sepertimu di luar sana.

Hubungan yang harmonis tercipta dari kepercayaan satu sama lain. Kamu harus berani menerima diri apa adanya dan tegaslah pada diri sendiri karena kamu bisa seperti ini didukung dengan kelebihan dan kekurangamu. Begitupun dengan dia yang tulus menyayangi dan menerimamu apa adanya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya