Membicarakan pacaran jarak jauh pun tak akan ada habisnya. Selalu saja ada pihak yang benar-benar mendukung, atau sebaliknya justru memojokkan kalian. Sementara di kenyataannya persoalan berhasil atau tidak hubungan tetap kembali lagi ke kalian yang menjalaninya. Sulit itu pasti. Tapi selama kamu serta dia mau mengusahakannya untuk terus berjalan dan berkembang, sebenarnya nggak ada yang nggak mungkin.

Toh selain sabar, kunci lainnya itu sesederhana menjadi seseorang yang lebih cuek dalam beberapa hal. Sebab kadang memang ada hal yang tak penting tapi ternyata bisa jadi senjata untuk menghancurkan hubungan. Jadi alih-alih mengurusinya buatmu tambah banyak pikiran, beberapa hal ini memang sebaiknya diabaikan saja!

1. Semua omongan negatif atau ledekan orang tentang hubungan jarak jauh kalian

Mereka bilang apa sih?! via www.pexels.com

Advertisement

Emang apa rasanya pacaran jarak jauh?

Jarang ketemuan, ngobrol cuma dari chat atau telepon aja. Nggak bosan apa?

Kalau cowoknya selingkuh di sana gimana?

Setiap orang punya hak untuk berbicara, entah yang dibicarakan tepat atau tidaknya di matamu. Kadang memang kamu perlu menghadapinya dengan sedikit lebih santai. Anggap saja ucapan-ucapan orang yang menurutmu tak masuk akal dan penting itu hanya angin lalu. Sebab mereka berbicara sebatas penilaian dari luarnya saja. Sementara tentang hubungan kalian yang detil ya cukup kamu dan dia saja yang tahu.

2. Pasangan lain yang ada di sekeliling, sebab kalian menjalani hubungan dengan cara juga jalannya masing-masing

Pasangan lain yang kamu lihat di tengah jalan via www.nessakphotography.com

Manusiawi sih kalau kamu kadang iri saat melihat entah teman atau orang lain yang asyik bercengkerama dengan pasangannya. Mendadak dirimu berandai-andai, kalau saja ada dia sekarang atau kalau saja tak berbeda kota pasti kalian pun bisa menikmati kebersamaan seperti pasangan itu. Sementara belum tentu pasangan yang ada di hadapanmu sekarang ini punya hubungan lebih baik dari kalian. Bisa saja mereka justru lebih sering berselisih paham. Bisa saja mereka justru punya masalah yang lebih pelik seperti berbeda agama. Sebab setiap pasangan bukan cuma caranya saja yang berbeda, tapi juga jalan yang harus ditempuhnya.

3. Kabar yang datangnya tak tentu, maklum kadang kalian tak hanya berbeda jadwal kegiatan tapi juga waktu itu sendiri

Harus sabar nunggu kabar via www.pexels.com

Advertisement

Sebenarnya persoalan kabar sehari-hari dihadapi oleh setiap pasangan entah yang satu atau beda kota. Tapi khusus buat kamu yang berbeda kota, harusnya bisa lebih bijak menyikapinya. Pasalnya kabar yang datang tak tentu itu sudah jelas penyebabnya apa, selain dari kesibukan. Kamu dan dia jelas punya jadwal kegiatan serta waktu yang pastinya berbeda. Sekalipun hanya satu jam saja, tetap saja mempengaruhi sekali. Jadi, kalian memang harusnya bisa lebih memaklumi keadaan seperti ini.

Sayang aku baru bales. Di sini baru mau istirahat makan siang nih.

Iya nggak apa-apa. Aku kerja dulu ya.

4. Kecemburuan-kecemburuan yang tak jelas asal usulnya, yang cuma menyusahkan diri kalian saja

Cemburu nggak jelas cuma menyusahkan saja via laurenlovephotography.com

Ingat kepercayaan itu tumbuh ya saat kamu mengabaikan kecemburuan yang muncul di dirimu. Apalagi kalau cemburunya karena hal sepele atau tak jelas, seperti saat di beberapa foto-foto dengan teman-temannya dia terlihat ada disamping orang yang sama. Sekadar bertanya itu siapa masih wajar-wajar saja. Tapi kalau sudah merambat kemana-mana salah satunya menuduh dia macam-macam, ini sih namanya tak percaya dengan pasangan.

5. Sesekali rindu pun perlu diabaikan saja, biar kamu atau dia bisa fokus dengan hal lainnya

Pause dulu rindunya via www.pexels.com

Duh, kangen nih…. Hmmm, tapi nanti aja deh kangennya, sekarang banyak kerjaan.

Rindu memang tak tahu diri. Datang suka-suka, sedangkan menghilangkannya seringnya sih susah. Tapi sebenarnya menghadapi rindu itu tergantung dari dirimu juga. Kamu mau pilih hanyut atau kembali kerealita, kalau perasaan rindumu ini tetap saja tak bisa membawa dia ada dihadapanmu sekarang juga. Jadi sesekali rindu harus diabaikan saja. Toh kamu masih punya banyak kegiatan atau tanggung jawab yang membutuhkan perhatianmu dengan penuh.

6. Banyaknya biaya chat, telepon, sampai tiket untuk bertemu, bukankah semua hubungan perlu usaha salah satunya ya materi itu

Semua hubungan tetap perlu usaha via www.pexels.com

Ngapain pacaran jarak jauh, mahal tau?!

Coba hitung seberapa sering kamu mendengar orang menyeletuk seperti itu. Entah kenapa orang menganggap pacaran jarak jauh itu perlu modal lebih banyak dari yang satu kota. Padahal kalau di hitung-hitung sebenarnya sama saja. Malah kalian yang beda kota bisa lebih hemat. Bagaimana tak hemat, saat mereka yang satu kota setiap akhir pekan ada acara nge-date entah makan, nonton atau jalan-jalan ke satu tempat wisata. Sedangkan kalian sudah beberapa pekan uang jatah nge-date harus tersimpan manis di rekening tabungan?

Sekali nge-date saja bisa 50 sampai 100 ribu, kalau sebulan ada 4 minggu, paling nggak 400 ribu yang harus keluar untuk urusan itu. Lalu kalau kamu tak bertemu dia sudah hampir 6 bulan berarti uang yang tersimpan di tabunganmu bisa sekitar 2,5 jutaan. Jadi kira-kira irit yang mana tuh?

Setidaknya kamu harus ingat dengan baik, nggak ada hubungan yang benar-benar sulit kalau kamu dan dia sendiri mau terus mengusahakannya. LDR mah persoalan waktu saja. Sekarang boleh berjauhan dan bersusah-susah, tapi kelak semoga kalian tak terpisahkan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya