Memiliki banyak teman sudah pasti membuat hidup lebih seru untuk dijalani. Selain itu, punya banyak teman membuat kamu mudah melakukan apa saja, karena teman akan dengan senang hati membantumu kapan saja dibutuhkan. Begitu banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh kalau kamu memiliki banyak teman.

Mencari teman memang mudah, kamu bisa kapan saja berkenalan dengan orang dan menjalin pertemanan dengannya. Tapi mencari teman sejati yang loyal dan royal kepadamu bisa dibilang susah. Karenanya, ketika kamu sudah menemukan teman sejati hendaknya rawatlah baik-baik ikatan itu. Jangan menyia-nyiakan hubungan pertemananmu dengan melakukan beberapa kebiasaan ini.

1. Ingkar janji menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Padahal perlahan tapi pasti bisa membuat teman kesal berurusan denganmu

Ingkar janji via www.unsplash.com

Advertisement

Ingkar janji seringkali menjadi kebiasaan yang masih luput dari perhatian orang, barangkali termasuk kamu. Kebiasaan ini perlu kamu kurangi, karena nggak hanya membuang waktu orang untuk menunggumu, tapi juga membuatnya merasa tak dihargai. Siapapun orangnya termasuk temanmu sendiri akan muak berurusan denganmu, terlebih jika urusannya menyangkut soal pekerjaan. Temanmu bisa kesal dan kecewa denganmu.

2. Kurangi hitung-hitungan kepada teman, ikhlaslah dalam membantu. Dan jangan pula mengharapkan pujian disetiap uluran tanganmu

Hitung-hitungan via www.unsplash.com

Ada dua tipe bantuan yang biasa dilakukan ialah materi dan jasa, keduanya sama-sama berarti. Bantu-membantu antar sesama teman wajar terjadi. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah hindari hitung-hitungan dalam membantu temanmu, terlebih jika yang urusannya dengan materi, bisa jadi awal perpecahan. Ikhlaslah dalam membantu dan jangan pula mengharap pujian darinya, sebab itu bisa membuat teman-temanmu malas di kemudian hari.

3. Kurang kebiasaan mengeluhmu di hadapan teman-teman kalau kamu nggak mau dianggap lemah dan suka cari perhatian

Mengeluh via www.unsplash.com

Hidup yang teramat berat kadang memaksa orang untuk menumpahkan segala kepenatan dalam kepalanya dengan mengeluh. Mencurahkan kepenatan memang membuatmu sedikit lega, tapi jangan terlalu sering melakukannya. Sebab selain karena kamu akan terlihat lemah di hadapan teman-temanmu, kamu juga bisa dicap suka cari perhatian oleh mereka. Kalau mau berbagi, bagikanlah kebahagiaanmu, jangan hanya membagi bebanmu terus nanti yang ada temanmu yang ikut-ikutan susah karenamu.

4. Jangan suka memaksakan kehendak sendiri kalau nggak mau dicap egois. Ingat temanmu juga butuh didengar dan dipahami

Jangan egois via www.unsplash.com

Advertisement

Disadari atau nggak kamu sering memaksakan kehendakmu dalam menentukan tujuan kongko, warung untuk makan, atau sekadar tempat untuk bertemu. Nah kebiasaanmu ini agaknya perlu dikurangi sebab mereka juga butuh didengarkan dan dipahami juga. Mereka yang selama ini diam bukan berarti nggak punya keinginan, mereka pasti ingin pendapatnya didengar juga. Jangan terlalu sibuk dengan pikiranmu sendiri kalau nggak mau dicap sebagai orang egois

5. Jangan hanya datang saat pas butuh. Sudah kewajibanmu membalas kebaikannya dengan kebaikanmu saat mereka sedang membutuhkan bantuan

Balas budi via www.unsplash.com

Datang saat butuh doang merupakan penyakit yang sering nggak disadari penderitanya. Datang saat butuh bantuan saja mencirikan kamu sebagai pribadi yang nggak tahu balas budi. Temanmu mungkin nggak pernah meminta untuk dibalas jasanya, tapi sudah semestinya kamu menawarkan bantuan saat dia sedang kesulitan. Dengan balas-membalas dalam kebaikan ini pertemanan sejati dibangun. Kalau kamu datang saat butuh bantuan saja, kamu nggak akan benar-benar menemukan sahabat sejati, sebab siapa juga yang mau berteman dengan benalu?

6. Kurangi kebiasaan main gadget saat kongko, sebab itu menunjukkan ketidakpedulianmu dengan waktu yang sudah diluangkan oleh teman-temanmu

Kurangi main gadget via www.pexels.com

Saat kongko bareng sejatinya temanmu telah meluangkan sebagian waktunya dicurahkan sepenuhnya kepada mereka yang dianggap sahabatnya. Bisa saja ada hal penting lain yang telah ia korbankan, mungkin saja waktunya bekerja, atau waktunya istirahat, dan lain sebagainya. Maka dari itu kamu mestinya menghormati temanmu yang sudah berkorban waktu, isilah pertemuan itu dengan bertukar cerita, canda-tawa, dan kehangatan pertemanan lainnya.

Itulah beberapa kebiasaan dalam berteman yang mesti kamu kurangi, sebelum teman-temanmu merasa sebal sendiri lantas menjauhimu. Sayang kan kalau hubungan yang sudah terjalin lama tiba-tiba rengang begitu saja hanya karena sesuatu yang seharusnya bisa kamu atasi. Nah makanya sebelum semuanya terjadi, coba deh pelan-pelan ubah kebiasaan jelek ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya