Keputusan untuk merantau jauh dari rumah merupakan keputusan yang berani dan baik bagi pendewasaan diri. Meski berat meninggalkan rumah, asa untuk mewujudkan masa depan yang cerah buatmu rela melakukannya. Selain itu, kamu juga ingin keluar dari kungkung kenyamanan yang membelenggu sejak dulu.

Salah satu hal yang sulit dari merantau adalah menahan rindu kampung halaman, namun kesibukan yang melanda kerap membuat kita lena lalu akhirnya jadi jarang pulang – padahal orang rumah sudah menunggu, tertama Ibu. Nah buat kamu para perantau, sebagai pengingat bahwa kamu mesti pulang sebab Ibu sudah menunggu, kamu mesti pahami dulu 6 tanda Ibu yang sedang menahan rindu bertemu anaknya ini.

1. Saat ibu mengirim foto aktivitas yang beliau lakukan tanpa kamu pinta. Indikasi bahwa ibu ingin kamu peka bahwa dirinya ingin diperhatikan

Ibu lagi kangen via www.pexels.com

Advertisement

Tiap Ibu pasti paham bahwa anaknya juga kangen rumah namun nggak berdaya dengan tuntutan kuliah/kerja yang nggak ada habisnya. Bukan karena gengsi ia nggak menyatakan rindu terlebih dahulu, melainkan karena takut mengganggu aktivitasmu di rantauan. Maka dari itu ia sering mengirim kode-kode lucu semacam tiba-tiba memberikan foto dirinya yang sedang mengerjakan sesuatu. Esok, kamu jangan bingung lagi ya menerima tingkah laku aneh semacam ini.

2. Ketika Ibu lebih memilih bertanya padamu dibanding orang rumah, padahal kamu tahu bahwa orang rumah lebih tahu dibanding kamu

Ibu suka kode-kodean via www.pexels.com

Pernah nggak sih dapat pesan dari Ibu yang tiba-tiba bertanya seperti ini, “Nak, cara mengirim foto via WA gimana sih?” atau “Kak, japri itu maksudnya apa”. Pertanyaan itu memang waja ditanyakan Ibu yang notabene belum fasih teknologi, cuma yang menjadi aneh adalah ketika ia lebih memilih bertanya padamu ketimbang adikmu atau ayah yang jelas-jelas berada di rumah.

Yap! Itulah Ibu, kadang-kadang suka lucu kalau merindu

3. Ketika Ibumu lebih sering minta ditelepon dibanding menelpon sendiri, tanda dirinya ingin berbincang banyak denganmu

“Kak, telpon Ibu” via www.pexels.com

Advertisement

Ibu juga kadang-kadang menelpon di waktu yang nggak terduga, pada jam kantor atau saat kamu sedang berkuliah misalnya. Namun karena sibuk kamu nggak sempat mengangkat panggilan itu. Kemudian Ibu mengirim pesan dan bilang nanti telpon Ibu lagi ya, Nak.

Sejatinya Ibu sudah tahu kalau itu jam sibuk, dan justru karena itu, ia sengaja memilih jam ketika kamu sibuk karena sudah tahu pasti bakal nggak diangkat. Ini dimaksudkan supaya kesan panggilan dari ibu adalah panggilan yang urgent, agar kamu menelponnya segera.

4. Nggak ada angin nggak ada hujan, Ibu menelpon menanyakan kabar ‘sedang apa dan di mana’

Ibu khawatir via www.pexels.com

Namanya juga Ibu, ketika punya perasaa yang nggak enak selalu dihubung-hubungkan dengan anaknya. Kamu pasti pernah suatu kali sedang bermain bersama teman-teman, kemudian Ibu menelpon dengan nada khawatir kepadamu. Padahal saat itu kamu sedang baik-baik saja tanpa kurang suatu apa.

Perasaan khawatir itu boleh jadi merupakan wujud dari rasa rindunya yang sudah membuncah kepada anaknya di perantauan. Maka dari itu, baiknya kamu pulang segera kalau kamu sudah sampai pada tahap itu.

5. Setelah beberapa kodenya nggak berhasil, akhirnya Ibu mengaku bahwa ingin bertemu denganmu

“Nak, Ibu kangen” via www.pexels.com

Ada kalanya Ibu menyerah untuk memberimu kode karena kamu nggak kunjung pulang. Akhirnya Ibu berterus terang ingin kamu pulang dan bersua dengannya. Kalau sudah begini mau nggak mau kamu baiknya pulang supaya Ibumu juga senang.

6. Puncak tertinggi kerinduan Ibu di mana kamu harus segera pulang juga adalah saat ia mewacanakan menghampirimu di rantauan.

Daripada merepotkan Ibu, mending kamu sendiri yang pulang via www.pexels.com

Ibu selalu paham kalau anaknya juga merindu. Ibu juga paham kalau kesibukanmu di rantauan nggak bisa ditinggal. Oleh karena itulah, pada suatu waktu ia mewacanakan untuk menghampirimu di rantauan.

Nggak peduli tiket pesawat mahal, nggak peduli jarak jauh membentang, nggak peduli uang pas-pasan – apa daya rindu telah memburu dan Ibu sudah nggak tahu lagi mesti berbuat apa untuk melunaskan kerinduannya. Kalau sudah begini, baiknya kamu baiknya ambi cuti atau bolos kuliah saja barangkali, daripada Ibumu yang capek.

Itulah tadi beberapa tanda bahwa Ibu sedang merindukan kamu untuk bersua di rumah. Kalau diperhatikan bermacam-macam kode yang diberikan padamu terkadang bisa bikin kamu ketawa sendiri karena keunikannya. Namun semua dilakukan demi anaknya tercinta. Semoga ke depannya kamu lebih peka lagi, ya.. dan jangan lupa pulang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya