Menjalani hubungan jarak jauh atau LDR memang bukan hal mudah. Banyak godaan dan tantangan dalam melewati hari demi harinya. Merasakan sendunya rindu, pilunya cemburu, sepinya malam minggu dan hal lain yang terasa semakin miris jika dijabarkan satu satu. Tapi selama kamu dan dia mau mengusahakan untuk terus berjalan dan berkembang, sejatinya nggak ada yang nggak mungkin.

Kunci menjalani hubungan jarak jauh adalah tetap bersabar dan optimis dalam menjalaninya. Memang, banyak konsekuensi yang mesti kamu terima dan rasa. Tapi bukankah semua akan indah pada waktunya? Bukankah memiliki hubungan yang langgeng bersama adalah tujuan kamu dan dia? Nah untuk membutuhkannya, Hipwee akan membeberkan 6 kunci sukses menjalani hubungan LDR supaya kamu nggak gampang mengeluh dalam prosesnya.

1. Komunikasi jadi hal wajib yang harus terus dibangun, sebab itu menyelamatkanmu dan dia dari benih kecurigaan

Bertukar kabar via www.pexels.com

Advertisement

Layaknya tanaman yang terus tumbuh saat disiram secara rutin, hubungan membutuhkan rutinitas bertukar kabar supaya perasaan masing-masing tetap lembab dan sehat. Merawat jalinan komunikasi menjadi kunci utama dalam melakoni LDR. Bertukar kabar menuntun kalian untuk terus memahami satu sama lain, menjauhi hubungan dari rasa saling curiga, dan juga pelipur lara di kala rindu menggebu butuh ketemu.

2. Jauhkan perasaan cemburu-cemburu buta, dan gantilah dengan sikap saling percaya antara kamu dan dia

Percaya via www.pexels.com

Kunci lain dalam menjalani hubungan jarak jauh adalah rasa percaya. Rasa percaya ibarat pupuk dalam pertumbuhan hubungan kamu dan dia. Semakin tebal rasa percaya, semakin menghindarkanmu dari rasa curiga kepada pasangan. Cemburu memang menjadi godaan bagi lone ranger manapun, sangat penting untuk mengkondisikan pikiran kita agar tetap jernih dalam menghadapi realita.

Kalau dia nggak ada kabar, mungkin saja nggak ada pulsa asa sedang sibuk dalam pekerjaan. Kalau ia kedapatan jalan dengan perempuan lain, positive thinking saja itu temannya. Ingat, cemburu yang nggak jelas juntrungannya sangat merugikanmu.

3. Meski jauh kalian harus tetap saling memberi dukungan dan perhatian, karena makna pacaran ada di sana

Tetap saling memperhatikan via www.pexels.com

Advertisement

Meski jauh dan tahu sama-sama punya kesibukan, alangkah baiknya untuk nggak melupakan prinsip dasar kebutuhan masing-masing berpacaran. Yap! apalagi kalau bukan support dan perhatian. Meski hubungan kalian sudah berumur tua, tak ada salahnya untuk tetap gencar dalam memberi perhatian kepada pasangan layaknya dulu di awal jadian.

Sikap saling mendukung dan memperhatikan inilah yang bisa merawat perasaan, sebab dengan didukung dan diperhatikan pasanganmu akan merasa dihargai keberadaannya. Perasaan itulah yang menguatkan keyakinan bahwa tak perlu lagi mencari sosok lain, yang sekarang toh lebih baik.

4. Tak perlu membandingkan hubungan kalian dengan pasangan lain, sebab setiap hubungan punya proses yang berbeda

Nggak perlu iri via www.pexels.com

Namanya juga manusia, pastilah punya perasaan iri kepada orang lain. Begitu juga kamu, wajar kiranya jika sesekali pernah iri dengan temanmu yang bermesra-mesraan dihadapanmu. Tapi meski wajar, rasa iri ini nggak boleh dipelihara lebih jauh. Sadari jika sudah kelewat batas. Rasa iri yang berlebihan menimbulkan rasa pesimis terhadap hubungan. Apabila dibiarkan, lama-lama hubunganmu akan terasa memuakkan dan tak punya masa depan.

4. Karena kamu tahu rasanya rindu ingin bertemu. Maka hargai setiap pertemuan dengan berbagi canda tawa

Quality time via www.pexels.com

Salah satu momen tersulit menjalani LDR adalah saat perasaan rindu yang menggebu dalam dada. Rasanya hanya pertemuan yang bisa mengobatinya. Saat pertemuan itu tiba, maka manfaatkanlah sebaik-baiknya dengan momen-momen berkualitas. Bagikan canda tawa kepada yang terkasih agar perasaan nyaman dan sayang terus berkembang di dalam sukma.

6. Abaikan omongan negatif atau ledekan orang tentang hubungan jarak jauh kalian, karena kebahagiaan tetap kamu dan dia yang tentukan

Cuek aja via www.unsplash.com

Godaan lain LDR biasanya datang dari eksternal hubungan. Mulai dari ledekan teman, sampai komentar negatif dari orang lain. Hal semacam ini patut disikapi dengan baik. Cuek saja menghadapi omong kosong mereka. Bagaimanapun hubunganmu hanyalah milikmu dengan dia yang tercinta. Jangan biarkan omongan orang merusaknya. Sebab hidup ini terlalu singkat untuk membiarkan orang lain menentukan kebahagiaanmu. Kamu sendiri yang berhak menentukannya.

Itulah beberapa kunci agar hubungan LDR yang sedang kamu jalani langgeng sebagaimana yang kamu dan dia cita-citakan. Menjalani hubungan jarak jauh memang sulit, tapi bukan berarti nggak bisa berhasil. Supaya kamu dan dia nggak gampang mengeluh dalam prosesnya, pegang teguh kesabaran dan terapkan 6 kunci hubungan di atas, niscaya hubunganmu akan sukses ke depannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya