Menjalin hubungan pacaran juga harus dibarengi dengan kesiapan menerima segala resiko yang akan datang. Mulai dari me timemu akan berkurang sampai kamu harus siap menjalani pertengkaran sebab nggak ada satupun hubungan melulu akur. Kamu juga harus siap menerima sifat pasanganmu baik dan buruknya.

Salah satu sifat buruk cewek yang kerap membikin kesal itu, suka tiba-tiba membandingkan cowoknya dengan cowok lain. Rasa tersinggung bahkan kesal adalah reaksi yang wajar. Tapi sekesal-kesalnya kamu, usahakan untuk nggak gegabah dan bertindak berdasar amarah. Karena ini aslinya masalah sepele yang bisa diselesaikan dengan bijak tanpa emosi. Dan kira-kira beberapa sikap ini bisa kamu adaptasi, kalau memang dirimu cowok dewasa.

1. Positif thinking saja, mungkin dia sedang mengingatkanmu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Mengingatkan via www.unsplash.com

Advertisement

Meski kesal namun kamu nggak perlu sampai marah. Apalagi selama objek perbandingannya masih tahap wajar, seperti masalah kebersihan, kerajinan, dan lain-lain. Positif thinking saja semua karena dia peduli kepadamu. Lagipula beruntung juga kamu masih ada yang mengingatkan hal sepele semacam ini, daripada kaum-kaum jomblo di luar sana.

2. Kalau kamu nggak nyaman dengan perbandingan itu, coba  jelaskan dengan cara yang baik, Nggak perlu ngambek apalagi sampai marah-marah segala

Bicarakan baik-baik via www.unsplash.com

Kadang ada perbandingan dari pacarmu yang membuatmu nggak nyaman, terutama ihwal kebiasaanmu yang memang nggak bisa kamu ubah. Menanggapi hal tersebut sejatinya kamu boleh saja kesal, tapi nggak perlu dibesar-besarkan. Toh kamu bisa membicarakannya dengan cara baik-baik kepada pacarmu. Jelaskan ketidaknyamananmu, kalau dia benar cinta kepadamu, pasti dirinya bisa mengerti.

3. Atau kalau malas membicarakannya, kamu bisa menggantinya dengan menunjukkan sisi baikmu yang belum pernah pacarmu tahu

Menunjukkan sisi baikmu via www.pexels.com

Dia yang menyoroti kekuranganmu, membandingkannya dengan orang lain boleh jadi karena sedang bosan denganmu yang begitu-begitu saja tanpa ada perubahan yang berarti. Kalau kamu malas membicarakan ketidaknyamananmu akan sikapnya, kamu bisa menggantinya dengan menunjukkan perubahan yang berarti.

Advertisement

Perubahan tersebut nggak perlu sama dengan yang dia inginkan. Berbeda pun nggak apa asal positif. Tunjukkan kelebihan dan keunikanmu yang belum pernah kamu tunjukan kepadanya. Tunjukkan bahwa kamu lebih baik dari mereka.

4. Bisa ada indikasi bahwa ada ketidakberesan dalam hubungan kalian. Coba ingat-ingat kapan terakhir kalian Quality tipe berdua?

Ada yang nggak beres via www.pexels.com

Cewek itu makhluk yang sulit untuk dimengerti. Sebab dia lebih sering merahasiakan apa yang dirasakannya, termasuk kepada cowoknya sendiri. Nah boleh jadi sikap dia yang membandingkan kamu dengan cowok lain mewakili perasaannya. Ada yang sedang dia resahkan dalam hatinya namun nggak mau ia ungkapkan dengan gamblang kepadamu.

Semua itu boleh jadi disebabkan karena sudah lama kalian nggak quality time bersama. Ajaklah dia berlibur, buat momen yang berkesan untuknya. Pelan-pelan sikapnya akan kembali seperti semula.

5. Biar adil, kamu berbesar hati mendengarkan ucapannya, begitu juga dia yang mau mendengar kritik dan saranmu sebagai pasangannya

Kalau kamu nggak mau membicarakan karena takut panjang urusannya, kamu bisa menurutinya meski sedikit rasa keberatan. Tapi supaya kamu nggak merasa ribet sendiri maka kamu juga bisa menuntutnya untuk mengubah kebiasaan buruknya sebagaimana yang dia sorot darimu.

Nggak perlulah kamu ikut-ikutan membandingkan dia dengan cewek lain, lagipula kamu cowok ngapain membicarakan hal semacam itu. Alangkah baiknya kamu langsung to the point saja kamu mau mendengarkan kritik dan saran lewat pebandingan itu, asalkan dia juga mau menerima pendapatmu soal dirinnya juga. Bukankah ini lebih terasa adil?

6. Kalau dia membandingkanmu dengan mantannya, kamu tak perlu ragu untuk mengingatkannya, bahwa dirimu jauh lebih baik dari dia yang meninggalkannya

Jangan bawa-bawa mantan via www.unsplash.com

Bagi cowok yang paling mengesalkan lagi ketika kamu dibandingkan dengan mantannya. Padahal sudah jelas kamu dan mantannya ini berbeda. Nah sikap cewek yang semacam ini nggak boleh kamu biarkan. Kamu nggak boleh asal nurut begitu saja, kamu harus membicarkannya baik-baik. Jelaskan bahwa nggak baik mengungkit-ungkit hubungan yang telah lalu ke hubungan yang sekarang. Berterus teranglah kalau kamu nggak suka, tapi ingat kamu tetap harus kontrol, jangan terlalu kebawa emosi.

Itulah beberapa cara menyikapi cewek ketika dia membanding-bandingkanmu dengan orang lain. Meski kesal kamu tetap harus menahan diri. Nggak semua masalah harus diselesaikan dengan ribut-ribut. Sikapi dengan cara yang lebih bijak layaknya seorang gentleman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya