Menjalani hubungan secara terpisah memang berat. Apalagi salah satu di antara kalian terpaksa menjalankannya karena tuntutan pekerjaan. Selain harus menyamakan langkah meski terpisah, ada beberapa hal yang kadang buat cowok gelisah. Termasuk kamu yang saat ini menjalin hubungan terpisah dengan cewekmu yang lagi merantau. Awalnya berat sekali kamu melepasnya pergi ke tanah rantau sendirian. Namun akibat tuntutan pekerjaan dan agar dia lebih berkembang, kamu mau tak mau harus bisa merelakan.

Selama dia di sana, ada saja yang buatmu gelisah. Seperti lingkungan pertemanannya, kesehatannya, tempat tinggalnya sampai ke hubungan dengan rekan kerjanya. Kalau kamu sudah berani merelakan cewekmu untuk merantau, seharusnya tak perlu kamu khawatirkan lagi dengan beberapa hal di bawah ini. Apalagi sampai berlebihan dan mengganggu kenyamanan cewekmu sendiri.

1. Tak perlu dipertanyakan komitmennya akan hubungan. Sebab dia paham menjaga perannya sebagai pasangan

Komitmennya tak perlu diragukan via www.unsplash.com

Advertisement

Komitmen memang harga mati dalam sebuah hubungan. Karenanya komitmen tak bisa sekadar diucapkan. Butuh aksi nyata dari kamu dan dia yang tengah berjuang menjalani hubungan secara jarak jauh. Jadi saat cewekmu berani memantapkan hati untuk berjuang di perantauan. Kamu tak perlu merasa takut akan kelangsungan hubungan kalian esok hari. Sebab dia pasti sudah mempersiapkan diri dan mengerti konsekusinya. Cukup yakin dan saling mendoakan, semoga hubungan kalian senantiasa diberikan kemudahan di antara jarak yang membentang.

2. Tak perlu khawatir jika dia memilih menunda kepulangannya. Pasti ada alasan jelas di balik keputusannya

Selalu ada alasan jelas via www.unsplash.com

Lebaran atau libur panjang jadi momen yang paling ditunggu, karena saat itu kamu dan dia akhirnya bisa bertemu. Tapi ada kalanya cewekmu memilih untuk menunda kepulangannya. Secara otomatis, kamu pun tak bisa mengobati rindumu kepadanya. Menanggapi hal seperti ini, kamu tak perlu khawatir dulu. Di balik hal itu, pasti ada alasan yang jelas. Misalnya kehabisan tiket kereta, harga tiket pesawat yang melambung, sampai ada beberapa kegiatan yang mengharuskannya untuk tinggal lebih lama.

3. Komunikasi memang terbatas, tapi selama masih ada sapaan hangat dan mesra, tak perlu ragu bahwa cinta kalian masih ada

Komunikasi terbatas via www.unsplash.com

Tak perlu mengeluh dengan komunikasi di antara kalian yang terbatas. Sebab selama menjalani hubungan jarak jauh, kualitas komunikasi jauh lebih penting daripada kuantitas. Selama kamu dan dia selalu memiliki cara dan waktu untuk saling menyapa dengan hangat dan penuh mesra, Kamu tak seharusnya khawatir. Sebab cinta masih terus tumbuh meskipun kalian jauh terpisah.

4. Rasanya tak perlu ada cemburu, ketika sesekali dia melepas penat dengan teman-temannya. Toh, tak ada yang dia tutupi darimu selama ini

Tak perlu cemburu via www.unsplash.com

Advertisement

Cemburu memang bumbu hubungan, tapi jika berlebihan jelas akan menganggu keharmonisan kalian. Perihal cewekmu yang hangout atau makan bersama teman-temannya pun harusnya tak perlu kamu cemburui. Sebab jika kamu lihat ke belakang, cewekmu pasti pernah menceritakan setiap teman-temannya kepadamu. Kalau dia saja bersikap selalu terbuka seperti ini, rasanya kurang pas jika kamu masih saja cemburu. Apalagi tujuan cewekmu hanyalah untuk melepas penat. Sama seperti apa yang kamu lakukan dengan teman-temanmu di sini.

5. Saat dia dirundung masalah, kamu tak perlu menyusul ke sana. Cukup sediakan waktu dan telinga untuknya berkeluh kesah

Biarkan dia berkembang dengan menyelesaikan masalah sendiri via www.unsplash.com

Yang, pengin resign deh. Nggak nyaman banget sama lingkungan kerja!

Saat cewekmu ada masalah di perantauan, jangan langsung panik dan ingin menyusulnya. Memiliki masalah saat merantau itu merupakan hal yang wajar, maka dari itu tak seharusnya kamu besar-besarkan. Jika cewekmu tangah menghadapi suatu masalah, kamu cukup sediakan waktu dan telingamu untuk dia berkeluh kesah. Yakinlah bahwa cewekmu mampu belajar menyelesaikan masalahnya sendiri. Biarkan dia berkembang sebagai pribadi yang berkarakter kuat di perantauan.

6. Tak perlu panik jika sesekali dia tak membalas pesanmu. Mungkin saat itu dia udah ketiduran setelah kemarin lembur seharian

Mungkin dia kelelahan via www.unsplash.com

Salah satu kunci utama dalam hubungan jarak jauh ini adalah komunikasi. Mulai dari pesan, sambungan telepon, sampai aplikasi media sosial, semua telah kalian coba. Awal-awal kepergiannya ke perantauan, komunikasi di antara kalian masih lancar. Namun kini sesekali komunikasi kalian kerap tertunda akibat cewekmu yang tak kunjung membalas pesanmu. Jangan langsung panik. Berpikirkan positif dahulu. Mungkin saja cewekmu udah ketiduran setelah lembur di kantor seharian. Pikiranmu yang tetap tenang dan positif ini kelak bisa membuat hubungan kalian lebih selow lagi.

7. Jarak dan waktu yang memisahkan jangan kamu anggap sebagai beban. Anggap saja sebagai tantangan yang buat kalian semakin berkembang

Anggap saja sebagai tantangan via www.unsplash.com

Berpisah untuk sementara waktu dengan cewekmu yang lagi berjuang memang berat. Meskipun berat, sebaiknya jarak dan waktu yang membentang tak kamu jadikan sebagai beban. Sebab jika kamu menganggapnya sebagai beban, kamu akan terus mengeluh dan nggak ikhlas dalam menjalani hubungan. Lain halnya jika kamu menganggapnya sebagai tantangan. Kamu dan dia akan lebih bersemangat lagi menjalin hubungan demi sebuah pertemuan.

Apapun yang dikerjakan cewekmu di tanah perantaun, dukunglah dengan sepenuh hati. Asalkan kegiatannya positif dan nggak merugikan dirinya sendiri dan hubungan kalian. Daripada khawatir berlebihan yang nggak ada manfaatnya, lebih baik saling dukung demi kuatnya hubungan kalian berdua.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya