Sebagai manusia biasa, kaum adam memang tak pernah luput dari kesalahan. Ada banyak kekurangan yang kami miliki, sehingga belum bisa menjadi pendamping yang sempurna untuk kalian kaum hawa.

Tapi, pernahkan kalian berpikir bahwa kami juga punya hati dan perasaan yang ingin dihargai? Teruntuk kalian para wanita, inilah sepotong curahan hati dari kami yang sering merasa tersakiti karena kritik kalian.

1. Ungkapkan kritik itu dengan cara yang halus, karena kami juga punya perasaan

Plis, gunakan kata-kata yang halus!

Plis, gunakan kata-kata yang halus! via huffingtonpost.com

Advertisement

Banyak wanita beranggapan pria adalah sosok yang tangguh dan bermental baja. Padahal, kami juga punya perasaan. Ungkapkanlah segala keluh kesah tentang kekurangan kami dengan cara yang halus, seperti halnya kami memperlakukan kalian. Pilihlah kata-kata yang baik, jangan sampai melukai hati dan perasaan yang kami miliki. Karena komunikasi yang baik adalah kunci kelanggengan sebuah hubungan.

2. Tolong jangan membuat asumsi, ada baiknya tanya terlebih dulu apa yang terjadi

Bertanya lebih baik daripada langsung membuat asumsi.

Bertanya lebih baik daripada langsung membuat asumsi. via www.3tags.org

Kesalahan demi kesalahan yang dilakukan kaum pria tentu punya alasan tersendiri. Mungkin kami sedang sibuk bekerja, handphone tertinggal, atau alasan-alasan lainnya. Jadi tolong, jangan pernah berpikir bahwa kami sengaja membuat kesalahan. Tak ada salahnya bertanya lebih dulu sebelum men-judge. Karena bertanya lebih baik daripada membuat asumsi negatif yang justru akan melukai perasaan kami.

3. Kami juga manusia biasa, yang moodnya kadang tak baik. Tolong pilih waktu yang tepat saja

Hati-hati, jangan sampai berujung pertengkaran.

Hati-hati, jangan sampai berujung pertengkaran. via youqueen.com

Meskipun kalian telah mencoba menyampaikan kritik dengan cara yang halus, kritik itu tak selalu bisa kami terima dengan hati yang lapang. Ada baiknya kalian memperhatikan waktu penyampaiannya, karena mood kami tak selalu bagus. Jangan sampai niat baik kalian untuk menyampaikan kritik positif dan membangun itu justru salah sasaran karena emosi kami sedang tidak stabil.

4. Kritik tak selalu harus pakai emosi kan? Perasaan kami juga perlu dijaga sesekali

Semua bisa diselesaikan dengan baik tanpa emosi

Semua bisa diselesaikan dengan baik tanpa emosi via bloggybottomboy.files.wordpress.com

Advertisement

Perempuan seringkali menyampaikan keluhan dan ketidakpuasan secara emosional, dengan nada yang keras, dan menyudutkan pasangannya. Buat para pria, momen ini benar-benar tidak menyenangkan dan membuat kami harus mengeluh dada. Wahai kaum perempuan, ada baiknya kalian mencoba mengendalikan emosi. Kaum pria juga punya perasaan yang bisa terluka setiap saat jika disudutkan secara terus-menerus.

5. Bayangkan kalau kalian di posisi kami. Tentu tak ingin kritik ini menyakitkan hati

Apa jadinya kalau kamu dikritik dengan kasar?

Apa jadinya kalau kamu dikritik dengan kasar? via internationalforgiveness.com

Sebelum menyampaikan kritik, berkacalah pada diri sendiri. Terkadang wanita selalu merasa benar dan pria selalu salah. Akhirnya bisa ditebak, pria selalu mendapat kritik pedas saat membuat kesalahan. Wahai kaum wanita, pernahkan kalian membayangkan, apa yang akan kalian rasakan bila mendapat kritik semacam itu? Satu hal lagi, mengkritik lah dengan bijak, jangan lupa sampaikan solusi terbaik.

6. Kami juga punya hak untuk membela diri. Beri kami kesempatan untuk berbicara

Pria juga punya perasaan...

Tolong dengar dulu penjelasan kami… via gambar.photo.com

Perempuan sering kali menutup diri setelah melontarkan tuduhan kepada pasangannya. Menutup telinga, lalu melarikan diri tanpa memberikan kesempatan bagi pasangannya untuk mengungkapkan pendapat. Padahal, tak selamanya tuduhan itu benar. Jadi tolong, berilah kami kesempatan untuk berbicara untuk meluruskan anggapan yang salah tentang diri kami. Bisa?

7. Meskipun banyak kekurangan, tapi ingatkah bahwa kami pernah melakukan hal-hal baik untuk kalian?

Apapun kulakukan demi membuatmu bahagia...

Apapun kulakukan demi membuatmu bahagia… via chobirdokan.com

Kami akui, kami memang punya banyak kekurangan. Wahai kaum wanita, pernahkan kalian berpikir bahwa kami juga pernah melakukan hal-hal baik untuk membahagiakan hari-hari kalian? Kami pernah membuat kalian tersenyum saat kalian dilanda kesedihan, pundak kami juga selalu ada ketika kalian lelah dan butuh sandaran, kami juga sering rela basah-basahan demi menjemputmu pulang. Tak bisakah kalian menerima kami apa adanya?

Kami sadar kami bukan manusia sempurna, kritikan datang tak pernah kami keluhkan. Cuma kami mohon, sampaikan dengan baik tanpa menyakiti hati kami.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya