Ditinggalkan oleh orangtua entah itu bapak atau ibu tentu membuat siapapun merasakan kehilangan yang begitu besar, dan kesedihan yang mendalam. Namun, yang namanya takdir tetap harus diterima dengan lapang dada. Orangtua terkasih telah pergi dari dunia yang fana ini terlebih dulu. Sementara yang tersisa dari beliau hanyalah kebaikan dan ingatan momen keseruan bersamanya. Saat mengingatnya tentu rindu membucah di dada, kadang ada sedikit rasa sesal, karena merasa belum bisa membahagiakan beliau seutuhnya.

Tapi toh menyesal dan sedih bukan cara bijak dalam menghadapi kehilangan. Beliau yang sudah mangkat pun pasti tak ingin kamu terus menyesal ataupun sedih. Karena yang bapak atau ibumu inginkan, kamu bisa kuat serta hidup lebih baik. Paling tidak kamu bisa melakukan sesuatu yang membuat mereka beristirahat dengan tenang. Sesuatu yang sederhana saja, seperti yang Hipwee Hubungan uraikan di bawah ini.

1. Bikin Almarhum orangtuamu bangga dengan terus bekerja keras menggapai cita-cita, dan persembahkan keberhasilanmu untuk mereka

Bikin dia bangga via www.pexels.com

Advertisement

Salah satu cara terbaik untuk mengenangnya ya dengan membuatnya terus bangga. Maka dari itu berusaha keraslah untuk menggapai cita-citamu yang beliau selalu dukung saat masih ada di dunia. Di setiap langkah ingatlah segala saran yang telah beliau berikan kepadamu, jadikan sosoknya sebagai motivasi tambahan untukmu agar kamu nggak mudah menyerah.

2. Lakukan hal yang ingin beliau lakukan semasa hidupnya. Jadikan dirimu sebagai perwakilan dari keinginannya

Melakukan kegiatan yang dia suka via www.unsplash.com

Selain dengan membuatnya bangga atas pencapaianmu, mewakilinya melakukan hobi atau melaksanakan keinginan beliau pun barangkali bisa membuatnya tersenyum di atas sana. Karena memang sebagai ana, kamu lah perpanjangan atas semua harapan dan impiannya. Kamu yang bisa membuat namanya terus dikenal orang dengan baik. Seperti saat kamu berhasil membangun usaha yang selama ini diimpiankan bapak dan ibumu. Orang lain yang tahu keinginan almarhum orangtuamu di masa lampau pasti akan berguman, “wah, putri bapak Mahmud akhrinya bisa bangun toko kue warisan keluarganya,”.

3. Benahi diri menjadi lebih baik lagi, karena pasti setiap orangtua menginginkan segala kebaikan ada pada anaknya ini

Berbenah diri via www.unsplash.com

Beliau yang mencintaimu pasti menginginkan segala yang terbaik bagimu. Seperti saat almarhum bapak atau ibumu masih berada di sisi, ia nggak pernah jemu untuk mendampingin dan mengingatkanmu untuk selalu berbuat baik dalam menjalani hidup. Nah dengan mewujudkan keinginannya membentuk dirimu menjadi pribadi yang baik, maka sudah seharusnya kamu mengubah dirimu dengan selalu berbuat baik dan menjadi berarti bagi sesama.

4. Orangtua yang telah mangkat jelas tak suka melihatmu bersedih. Karena itu, kamu tetap harus jalani hidup dengan jiwa positif dan jangan pernah lupa bahagia

Jangan bersedih via www.pexels.com

Advertisement

Selama hidupnya, bapak atau ibu jelas selalu memberikan perhatian untukmu, mendukungmu di setiap langkah, dan selalu berharap segala kebaikan ada kepadamu. Maka dari itu hendaknya kamu membalas rasa cintanya kepadamu dengan tetap positif dalam menjalani hidup. Jangan mudah putus asa apalagi menyerah atas hidup. Jangan gampang bersedih, hadapi hidup dengan tangguh seperti dia yang telah tiada.

5. Kunjungilah makamnya sesekali. Meski kamu nggak bisa melihatnya, tapi percayalah beliau akan sangat senang didatangi olehmu

Kunjungilah sesekali via news.okezone.com

Karena sampai kapapun jasa almarhum orangtuamu tak akan pernah bisa dibalas hingga tuntas. Karena itu sebagai anak yang baik jangan lupa untuk menjenguknya sesekali ke tempat peristirahatannya. Ajaklah beliau berbincang sebagaimana yang dulu kamu lakukan bersamanya. Meski beliau tak pernah meminta, tapi dengan melakukannya itu akan membuatnya senang. Meski kamu nggak bisa melihatnya dan mendengar jawaban darinya, tapi percayalah beliau melihat kedatanganmu dan membalas segala obrolanmu.

6. Melanjutkan jalinan silaturahmi dengan kerabat ataupun teman-teman terdekat almarhum orangtuamu

Berteman baik dengan sahabatnya via www.unsplash.com

Masih melanjutkan tali silaturahmi dengan kerabat, sahabat bahkan koleganya pun jelas jadi kewajibanmu sebagai anak. Karena dengan menjaga jalinan silaturahmi lah kamu bisa terus mengingat semua momen bersamanya, dan kadang kamu bisa kembali merasakan keberadaannya di sisimu. Maka lakukanlah, agar beliau di sana bisa beristirahat dengan tenang. Begitu pula kamu yang masih ada di dunia, semoga terhindar dari rasa penyesalan, kesedihan atau kehilangan yang tak berkesudahan.

7. Jangan pernah berhenti mendoakan orangtuamu. Sebab doa-doa anaknya lah yang bisa melapangkan jalannya menuju surga

Mendoakannya via www.vebma.com

Terakhir, hal paling baik yang bisa kamu lakukan almarhum orangtuamu di sana adalah dengan mendoakannya. Doakan agar beliau tenang di alam sana, doakan agar dilapangkan jalannya menuju surga, doakan agar diberikan ampunan oleh Yang Maha. Sesungguhnya doa anak saleh itulah sebaik-baiknya bekal yang dimiliki orangtuamu, dan yang bisa kamu jadikan persembahan terbaik untuknya yang jelas sangat berarti dalam kehidupanmu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bapak atau ibumu yang telah tiada. Begitu banyak cerita yang kamu jalin bersama, begitu banyak kebaikan serta jasanya sehingga kamu bisa menjadi seperti sekarang. Maka dari itu sudah menjadi kewajibanmu untuk membalas jasanya, salah satunya menjadi anak saleh dan terus berbakti meski beliau sudah tak ada. Hal-hal di atas barangkali nggak seberapa sulit untuk kamu lakukan jika dibandingkan pengorbanan yang pernah beliau lakukan kepadamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya