“Cewek yang punya sifat X layak dipertahankan!” “Cowok yang punya sifat Y patut diperjuangkan!” Semua teori ini menarik, tapi tampaknya belum ada yang membicarakan tentang betapa pantas dipertahankannya “pacar perjuangan”.

Apa itu pacar perjuangan? Pacar perjuangan adalah mereka yang sudah setia bersama kita sebelum kondisi pribadi kita jadi sebaik atau semapan ini. Kamu dan dia bertemu dari nol dan membangun segalanya bersama. Asik ya? Sayang kebanyakan pacar perjuangan hanya bertahan di masa perjuangan saja. Ketika kamu sudah lebih mapan, ada orang lain yang datang untuk menggandeng tangan.

Advertisement

Padahal ada banyak kualitas dari pacar perjuangan yang membuatnya layak kita pertahankan sampai usia tak lagi muda. Ada beberapa hal yang membuatnya istimewa untuk diajak bersama-sama mengarungi bahtera rumah tangga…

1. Dengan pacar perjuangan, kamu sudah mengalami suka-duka bersama. Dia mau menemani bahkan saat kamu belum sepenuhnya “jadi”

Mari menjalani ini sampai akhir yang tak pernah menghampiri

Mari menjalani ini sampai akhir yang tak pernah menghampiri via magcon-preferences.tumblr.com

Kamu bertemu dengannya belum dalam keadaan “jadi.” Namun dalam perjalanan, kalian saling mengembangkan diri. Satu sama lain akan mengenal secara utuh, tidak sepotong-sepotong. Berbagai keajaiban dan kesulitan dialami bersama-sama. Nantinya, kesuksesan yang akan kalian dapatkan akan terasa sangat penuh. Sebab keduanya sadar, kesuksesan itu didapat dengan perjuangan yang besar.

2. Memulai hubungan dari nol lalu bertahan adalah keistimewaan. Dia adalah figur tahan banting yang sudah pasti mengenalmu luar dalam.

laughing-couple

laughing-couple

Tak banyak pasangan yang mau diajak bersusah payah memulai sesuatunya dari nol. Tapi entah kenapa (iya ya, kenapa dia mau sama kamu coba?), dia yakin pada masa depanmu dan mau membantumu bersama-sama meraih itu. Tak cuma omongan dan janji-janji saja, dia benar-benar membantumu meraihnya. Hingga sekarang, saat kamu sudah lebih menjadi “orang”.

Advertisement

Selama menjalin hubungan denganmu, dia sudah melewati beberapa fase. Dia sudah pernah melihatmu terpuruk, berjuang, hampir menyerah, lalu berteriak senang karena mimpi besarmu akhirnya datang. Bisa dibilang dia sudah kenal kamu luar-dalam. Apa iya orang seperti ini mau kamu buang?

3. Masa-masa sulit dan rawan bertengkar telah dilalui ketika kalian muda. Pikiran kalian lebih tenang saat sekarang sudah dewasa

Bersamamu aku tidak akan lelah menantang bahaya

Bersamamu aku tidak akan lelah menantang bahaya via favim.com

Jangan menganggap remeh soal waktu yang telah kalian lalui bersama. Di dalamnya, tercetak berbagai keindahan, kata cinta, dan juga pertengkaran. Tentunya, setelah sekian lama bersama, kalian semakin bosan bertengkar. Akibatnya, kemampuan memaklumi meningkat begitu tinggi. Ketika datang masalah, kalian akan lebih solutif dalam menghadapinya. Kekurangan masing-masing bukan lagi batu sandungan, melainkan motivasi untuk meredam kemarahan — karena kata ‘maklum’ sudah tertanam sepanjang perjalanan.

4. Kamu dan dirinya bukan lagi sebatas pacar. Perjalanan panjang membuat kalian menjadi sebaik-baiknya partner masa depan 

8488c05701ea2098c1e0f2b4ce1730c9

Dirimu dan dirinya bukan lagi pacar, atau suami/istri. Kalian telah menjadi partner bagi satu sama lain. Alasannya jelas. Sekian lama menjalani suka duka dan melukis lukisan kanvas bersama membuat kalian menjadi satu jiwa. Ketidakcocokan adalah hal yang pasti. Jangan khawatir, hal semacam itu masih tetap ada. Namun kalian punya cara yang cukup penuh untuk menanggulanginya sebab berbagai macam kondisi telah dilalui di atas lintasan sejarah yang  begitu luas. Apalagi yang perlu diragukan untuk hidup bersamanya sampai usia senja?

5. Susah-senang bersama membuat kalian saling menghargai. Ketika kamu terjatuh, pundaknya siap menanti. Sebab dia tahu kamu telah berjuang setengah mati.

Kewajiban yang ada bersamaku hanyalah : Tersenyum!

Kewajiban yang ada hanyalah : Tersenyum! via gistville.com

Ingat bahwa dirinya telah bersamamu semenjak kamu tidak memiliki apa-apa. Dia tidak mungkin meremehkanmu hanya karena gagal di satu tahap kesuksesan. Waktu yang panjang berhasil menunjukkan tiada lelah kamu berjuang. Oleh karena itu, sekali kamu terjatuh, bukan keraguan yang diberikan, melainkan keyakinan untuk bangkit kembali dan menghadapi segala tantangan.

6. Sekian lama bersama membuatnya mengenal dunia sekitarmu dengan seksama. Tidak pernah ada rasa curiga, karena ia tahu kamu bisa dipercaya

Kau adalah cahaya kepercayaan

Kau adalah cahaya kepercayaan via superadjacently2.rssing.com

Keteguhan hatinya juga dipupuk oleh rasa percaya tiada batas. Jelas bahwa dia pernah ragu padamu, sebab tidak mungkin ada kepercayaan tanpa keraguan. Namun karena dia telah mengenal lingkunganmu dengan seksama di atas jalur hubungan yang cukup lama, segala keraguan dalam dirinya telah sirna seiring orang-orang sekitarmu membuatnya percaya bahwa kamulah yang terbaik. Dan ingat, bahwa kamu telah melalui bersamanya di usia muda. Ketika dewasa, alasanmu hidup bersamanya hanya untuk berbahagia.

7. Perjalanan panjang sangat mungkin diisi dengan aktivitas menabung sembari menjalani proses mengenal. Pundi-pundi kalian dapat menjadi bekal untuk mengarungi masa depan.  

Bersama pacar perjuangan, masa depan mapan bukanlah sebuah kemustahilan

Bersama pacar perjuangan, masa depan mapan bukanlah sebuah kemustahilan via love-theonlyrule.tumblr.com

Sadarilah bahwa kalian mempunyai keuntungan waktu berkenalan yang begitu panjang. Waktu itu dapat digunakan untuk menabung bersama-sama dengan komitmen sejak awal mula untuk hidup bersama. Bahtera rumah tangga akan dijalani dengan begitu mudah berkat gabungan tabungan kalian yang melimpah. Dengan demikian, cinta yang tulus tidak terlalu buta, sebab penghasilan adalah soal komitmen di usia muda. Ingat bahwa masa depan terlalu bebal dan tidak bisa dilawan hanya dengan cinta yang tidak memberi ruang bagi perencanaan finansial.

8. Tiada yang lebih mewah dari membangun kesederhanaan bersama-sama, dari masa muda sampai akhirnya kalian tua bersama.

Mencintai bukan soal keabadian, hanya perkara kemampuan bertahan

Mencintai bukan soal keabadian, hanya perkara kemampuan bertahan via love-theonlyrule.tumblr.com

Tabungan paling mewah yang dikumpulkan bersama pacar perjuangan bukan hanya soal materi. Bersamanya, dirimu telah menabung sekian perjalanan perkembangan diri. Di usia matang, kalian tinggal menikmati hasil jerih payah yang tak terkira harganya. Kesederhanaan hidup akan melingkupi rumah tangga kalian berdua sebab kesuksesan yang berhasil diraih adalah hasil peperangan yang sangat melelahkan. Sikap menghargai atas segala aspek kehidupan akan sangat tinggi. Setiap pencapaian tidak lagi sanggup menjadi bahan kesombongan dan setiap kesulitan bukan lagi alasan untuk berhenti berjuang.

Memang, tidak mudah untuk mempertahankan hubungan dengan pacar perjuangan sampai usia tua. Tapi semua kualitas yang ada dalam dirinya membuat dia terlalu sayang kamu lepaskan begitu saja.

Jangan lupa, ketangguhan seseorang hanya dilihat dari dua hal: kesabaran saat tidak memiliki apa-apa dan etika ketika memiliki segalanya. Bersama pacar perjuangan, dua hal itu bisa berjalan beriringan dengan sempurna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya